Slide item 12
korupsi

Korupsi merupakan kejahatan yang luar biasa yang menjadi penghambat utama tercapainya tujuan pembangunan Nasional. Upaya untuk mensinergikan kegiatan pencegahan korupsi, pelaksanaan reformasi birokrasi, dan peningkatan kualitas pelayanan publik, maka PSTNT menetapkan kebijakan pembangunan Zona Integritas (ZI) dengan mambangun Wilayah Bebas dari Korupsi

reaktor kartini menuju era kemandirian

REAKTOR NUKLIR BANDUNG
Menuju era kemandirian  teknologi nuklir untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat"

Peresmian

Pada tanggal 24 Juni 2000 Megawati Soekarno Putri meresmikan pengoperasikan "Reaktor TRIGA 2000" di Kawasan nuklir Bandung

analisis

Peran Teknis Analisis Nuklir dalam pemantauan kualitas udara di Indonesia

Litbang

Litbang sediaan radioisotop pemancar sinar beta untuk diaplikasikan di bidang kesehatan sebagai prekursor dalam pembuatan radiofarmaka

srikandi

Setelah 52 tahun, ternyata ada wanita-wanita muda yang berprofesi sebagai operator Reaktor Nuklir di Reaktor TRIGA 2000. Mereka lah para penerus cita2 Kartini... Selamat Hari Kartini, 21 April 2017.

Bandung - Humas BRIN. Dalam rangka kegiatan Establishement of Asian Food Composition Database (AFCD) di Balai Besar Litbang Pascapanen Pertanian - Kementerian Pertanian (Kementan), maka terkait hal tersebut Balai Besar Litbang Pascapanen Pertanian melakukan konsultasi dan diskusi dengan Pusat Riset Teknologi Deteksi Radiasi dan Analisis Nuklir (PRTDRAN) – Organisasi Riset Tenaga Nuklir (ORTN) – Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN)  yang bertempat di Aula Emas, Kawasan Nuklir Bandung pada Kamis (02/06). Hal ini disampaikan oleh Qanytah, Perwakilan dari Balai Besar Litbang Pascapanen Pertanian.

“Kunjungan dan diskusi ini dilaksanakan dalam rangka kegiatan Establishement of Asian Food Composition Database (AFCD) di Balai Besar Litbang Pascapanen Pertanian yang merupakan kegiatan kerja sama dengan Asian Food and Agriculture Cooperation Initiative (AFACI). Sehingga diperlukan masukan dari salah satu peneliti disini yaitu, Ibu Muhayatun selaku salah satu anggota Pokja DKPI terkait Penyusunan Tabel Komposisi Pangan Indonesia (TKPI),” jelas Qanytah.

Peneliti Ahli Utama PRTDRAN – ORTN, Muhayatun dalam penjelasannya mengingatkan pengukuran analisis zat gizi pangan harus dilakukan berdasarkan quality control dan quality assurance. “Dalam penyusunan Tabel Komposisi Pangan Indonesia, metode analisis zat gizi harus melalui quality control dan quality assurance yang tepat. Agar mendapatkan nilai yang akurat dan dapat menghindari keragu-raguan. Jika mendapatkan nilai diatas atau dibawah nilai referensi, maka dapat menjelaskan apakah ada pengaruh dari lingkungan, apakah berasal dari daerah industri atau dari daerah pegunungan,” tegas Muhayatun.

Dalam paparannya, Muhayatun menjelaskan metode analisis yang dilakukan di KNB. “Sampel makanan kami jadikan dalam bentuk bubuk (powder). Kemudian sampel tersebut kami dikeringkan dan dibekukan pada suhu -85oC dengan alat freeze dry, sampel tidak akan membusuk dan disimpan dalam bentuk sudah divakum. Sampel yang kami simpan homogen sehingga bisa dianalisis kapan saja,” ungkap Muhayatun.

Lebih lanjut, Muhayatun berharap agar kegiatan ini dapat dikerjakan bersama. “Harapan saya kegiatan Penyusunan Tabel Komposisi Pangan ini masih bisa terus berjalan di BRIN, dikerjakan bersama di BRIN,” harapnya.

Sebagai informasi, Tabel Komposisi Pangan Indonesia (TKPI) merupakan database yang menggabungkan semua data komposisi zat gizi makanan Indonesia. Manfaat TKPI adalah untuk mengkaji asupan gizi klien, klien dan konsumen serta merencanakan dan evaluasi pemenuhan kecukupan makanan dan diet. Hal ini dilakukan sebagai upaya perbaikan gizi dengan memperbaiki pola konsumsi pangan masyarakat (kpv/ed. kg, la)