Slide item 12
korupsi

Korupsi merupakan kejahatan yang luar biasa yang menjadi penghambat utama tercapainya tujuan pembangunan Nasional. Upaya untuk mensinergikan kegiatan pencegahan korupsi, pelaksanaan reformasi birokrasi, dan peningkatan kualitas pelayanan publik, maka PSTNT menetapkan kebijakan pembangunan Zona Integritas (ZI) dengan mambangun Wilayah Bebas dari Korupsi

reaktor kartini menuju era kemandirian

REAKTOR NUKLIR BANDUNG
Menuju era kemandirian  teknologi nuklir untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat"

Peresmian

Pada tanggal 24 Juni 2000 Megawati Soekarno Putri meresmikan pengoperasikan "Reaktor TRIGA 2000" di Kawasan nuklir Bandung

analisis

Peran Teknis Analisis Nuklir dalam pemantauan kualitas udara di Indonesia

Litbang

Litbang sediaan radioisotop pemancar sinar beta untuk diaplikasikan di bidang kesehatan sebagai prekursor dalam pembuatan radiofarmaka

srikandi

Setelah 52 tahun, ternyata ada wanita-wanita muda yang berprofesi sebagai operator Reaktor Nuklir di Reaktor TRIGA 2000. Mereka lah para penerus cita2 Kartini... Selamat Hari Kartini, 21 April 2017.

Bandung - Humas BRIN. Perhelatan Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali pada tanggal 15– 16 November 2022 memerlukan penanganan keamanan yang optimal. Dalam rangka mempersiapkan pengamanan, Subden 3 KBR Detasemen Gegana, Satuan Brigade Mobil (Satbrimob) Polda Jabar melakukan kunjungan ke Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) – Kawasan Nuklir Bandung (KNB) pada Selasa (16/8) untuk melakukan pengecekan fungsi alat Kimia, Biologi, dan Radioaktif (KBR) yang akan digunakan pada kegiatan KTT G20 mendatang.

Sebanyak empat belas anggota Detasemen Gegana menghadiri sesi pengecekan ini.  Dodi Rusmiadi, Panit 2 Subden 3 KBR Detasemen Gegana Satbrimob Polda Jabar, menyampaikan dirinya dan tim datang ke BRIN-KNB untuk menguji kelayakan peralatan KBR yang dimiliki. “Selama ini kami berlatih tanpa menggunakan sumber radiasi. Tentunya kegiatan hari ini (kunjungan ke KNB) dapat menambah motivasi dan meningkatkan rasa percaya diri dalam hal menggunakan alat,” jelas Dodi.  

Bandung – Humas BRIN. Direktorat Pengelolaan Fasilitas Ketenaganukliran (DPFK) melalui Pelaksana Fungsi Operasi Instalasi Pengolahan Limbah Radioaktif (OIPLR), kembali melakukan pengangkutan limbah radioaktif di KNB pada Kamis – Jumat (14 – 15/07). Ini merupakan tindak lanjut pengangkutan limbah radioaktif di Kawasan Nuklir Bandung (KNB) pada minggu sebelumnya.

Koordinator Pelaksana Fungsi Keselamatan Kawasan Nuklir Bandung, Sigit Nugroho Pamungkas dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada OIPLR yang telah datang untuk mengangkut limbah radioaktif di KNB. “Selamat datang kembali kepada rekan-rekan OIPLR. Kegiatan hari ini merupakan kegiatan lanjutan dari rencana pelimbahan legacy waste dan limbah radioaktif yang ada di BRIN KNB. Pada tahap pertama sudah ada sumber legacy waste dan limbah radiaoktif yang terangkut dimana mayoritas berupa limbah resin reactor,” tuturnya.  

Bandung – Humas BRIN. Untuk menjamin keamanan dan kebersihan lingkungan di salah satu Kawasan Sains Teknologi (KST) yang memiliki fasilitas laboratorium, instalasi nuklir, gedung dan taman, Pelaksana Fungsi Pengelolaan KST melakukan kegiatan evaluasi hasil kinerja dari pegawai alih daya yang disediakan oleh PT. Trans Dana Profitri (PT TDP). Evaluasi ini diadakan pada Rabu (06/07) di Aula Emas, Gedung B, di Kawasan Nuklir Bandung (KNB) bagi petugas keamanan dan kebersihan dan dilaksanakan setiap 3 (tiga) bulan sekali. 

Dian Siswa, Subkoordinator Pelaksana Fungsi Pengamanan Kawasan Nuklir Bandung, Direktorat Pengelolaan Fasilitas Ketenaganukliran, dalam sambutannya menjelaskan tujuan dari diadakannya evaluasi ini. “Terima kasih atas pelayanan yang telah diberikan dari rekan-rekan selama triwulan II semester I kepada Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) di KNB. Evaluasi ini dilaksanakan bukan untuk mencari kesalahan tetapi perbaikan yang berkelanjutan dikemudian hari. Tentunya kami ingin memberikan pelayanan terbaik kepada BRIN. Jika hasil evaluasi kurang baikpun, tentunya kami berharap agar rekan-rekan memperbaiki kualitas pelayanannya agar dapat memberikan pelayanan terbaik kepada BRIN,” harapnya.

“Evaluasi hasil kinerja selama triwulan II, semester I ini merupakan bentuk rasa perhatian dan kasih sayang dari BRIN selaku pengguna kepada kami selaku penyedia jasa. Hasil yang akan disampaikan nanti, mari kita sikapi secara bijak,” ujar Pepen Ahmad, PIC PT TDP Bandung dalam sambutannya.

Bandung – Humas BRIN. Berbagai aktivitas penelitian, pengembangan (litbang) dan pemanfaatan bahan nuklir yang dilaksanakan di Kawasan Nuklir Bandung (KNB) berpotensi untuk menghasilkan limbah radioaktif. Limbah radiasi yang tidak diolah dan dibuang sembarangan akan menyebabkan kontaminasi atau pencemaran terhadap pekerja, lingkungan dan masyarakat yang berada di sekitarnya. Berkenaan dengan hal tersebut, Pelaksana Fungsi Operasi Instalasi Pengolahan Limbah Nuklir (OIPLN), Direktorat Pengelolaan Fasilitas Ketenaganukliran (DPFK) yang berlokasi di Kawasan Puspiptek Serpong melaksanakan kegiatan pengangkutan limbah radioaktif di DPFK Reaktor TRIGA 2000 Bandung, pada 7 – 8 Juli 2022.

 Koordinator Pelaksana Fungsi Keselamatan Kawasan Nuklir Bandung, Sigit Nugroho Pamungkas dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada OIPLN yang telah datang untuk mengangkut limbah radioaktif di KNB. “Selamat datang di KNB dan kami berterima kasih karena rekan-rekan OIPLN bersedia mengangkut limbah radioaktif yang telah dikumpulkan dan disimpan selama bertahun-tahun," sambut Sigit.

"Kegiatan ini sebenarnya sudah direncanakan sebelumnya namun terkendala beberapa hal sehingga baru terlaksana hari ini. Kami mengajukan pengangkutan limbah radioaktif sebanyak 63 drum melalui e-lira, namun jika tidak bisa terbawa semua pada pengangkutan kali ini, agar dapat dilaksanakan pengangkutan tahap kedua dan kegiatan pelimbahan ini difokuskan untuk pengiriman legacy waste. Semoga acara ini dapat terlaksana dengan lancar dan rekan-rekan DPFK di KNB siap untuk membantu proses loading dan unloading,” jelasnya.

Bandung-Humas BRIN. Untuk memastikan pengoperasian fasilitas ketenaganukliran di Kawasan Nuklir Bandung (KNB) tidak menimbulkan dampak negatif terhadap keselamatan pekerja, masyarakat dan lingkungan hidup, Direktorat Inspeksi Instalasi dan Bahan Nuklir (DIIBN) Badan Pengawas Tenaga Nuklir (BAPETEN) melakukan Inspeksi Keselamatan Lingkungan Kawasan Nuklir Bandung pada Instalasi Reaktor TRIGA 2000 Bandung, pada Senin (06/06) sampai dengan Kamis (09/06).

Inspeksi ini dilaksanakan sebagai implementasi Pasal 20 Undang-Undang No 10 tahun 1997 tentang ketenaganukliran Terrkait pelaksanaan inspeksi terhadap instalasi nuklir dan instalasi yang memanfaatkan radiasi pengion. Sekaligus untuk memverifikasi prosedur yang telah diklakukan sesuai dengan persyaratan dalam perizinan dan peraturan perundang-undangan di bidang keselamatan nuklir terutama Peraturan Kepala BAPETEN 7 tahun 2013 tentang Nilai Batas Radioaktivitas Lingkungan (NBRL), termasuk Batasan dan Kondisi Operasi (BKO) yang telah ditetapkan.