PUSAT DISEMINASI DAN KEMITRAAN
LAYANAN KUNJUNGAN
BEBAS BIAYA TANPA SUAP,PUNGLI DAN NO GRATIFIKASI

Kebijakan dan Strategi PDK yang dirumuskan berpedoman pada Rencana Strategis BATAN khususnya dalam mendukung pelaksanaan Program Penelitian Pengembangan dan Penerapan Energi Nuklir, Isotop dan Radiasi sesuai dengan outcome yang diharapkan di tingkat BATAN. Dalam pelaksanaannya ditetapkan 3 (tiga) garis besar kebijakan PDK dalam melaksanakan diseminasi, promosi, dan kemitraan iptek nuklir sebagai berikut:

  • Penyebarluasan informasi dan pendidikan masyarakat (public information and education) secara profesional dan proporsional.
  • Pemanfaatan hasil litbangrap iptek nuklir yang terbukti dan memenuhi aspek legal sesuai kebutuhan masyarakat.
  • Penguatan jejaring kemitraan pengguna produk teknologi nuklir.

Dengan strategi pelaksanaan sebagai berikut :

  • Meningkatkan koordinasi lintas sektoral dan lembaga
  • Meningkatkan pemanfaatan media massa
  • Membangun dialog konstruktif
  • Meningkatkan akses masyarakat terhadap informasi iptek nuklir
  • Menyediakan forum bagi pengembangan stakeholder
  • Meningkatkan materi iptek nuklir untuk bahan ajar
  • Membentuk pusat informasi iptek nuklir di daerah fokus
  • Meningkatkan partisipasi aktif masyarakat dalam kegiatan sosialisasi
  • Mengembangkan kerjasama kemitraan nasional, regional, dan internasional
  • Menyiapkan publishing house BATAN

Strategi yang dikembangkan dalam melaksanakan diseminasi, promosi, dan kemitraan iptek nuklir serta pemanfaatan hasil litbangrap BATAN tersebut dilakukan pendekatan sebagai berikut:

  • Pendekatan Jejaring Informasi Terpadu

Kegiatan diseminasi, promosi, dan kemitraan yang melibatkan peran aktif berbagai lembaga, organisasi dan kelompok masyarakat serta didukung oleh penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dilakukan melalui pendekatan partisipatif dan persuasif.

  • Pendekatan Prioritas

Kegiatan diseminasi, promosi, dan kemitraan iptek nuklir serta pemanfaatan hasil litbangrap BATAN dilaksanakan melalui pemilihan secara cermat terhadap perorangan dan kelompok/organisasi masyarakat yang mempunyai posisi strategis dan berpengaruh untuk mempercepat dan memudahkan penyebaran informasi dengan sasaran kelompok masyarakat tertentu.

  • Media dan sarana yang digunakan antara lain:  

a.  Media Tatap Muka

  1. Dilakukan melalui ceramah, lokakarya, workshop, seminar, penyuluhan, sarasehan, pameran, dialog publik, lomba cerdas cermat, lomba pidato, forum diskusi terfokus (FGD), temu mitra dan pelayanan kunjungan ke fasilitas BATAN.

b.  Media Massa dan Publikasi Cetak

  1. Media massa dan publikasi yang digunakan meliputi: media cetak (surat kabar, majalah), media elektronik (radio, televisi, film/video dan internet), media sosial, dan publikasi cetak (leaflet, booklet, bulletin dll.)

b.  Demo Teknologi

Dilakukan melalui demplot dalam skala pilot projectdemfarm, peragaan hasil litbangrap iptek nuklir, dan uji coba pemanfaatan produk iptek nuklir.