Slide Hut RI 76
Slide item 10
Slide item 11
Slide item 12
Slide item 13
Slide item 14
Slide item 15
Slide item 16
Slide item 17
Slide item 18
Slide item 19
Slide lapor go id
Slide PZI PTLR
Slide Survey Persepsi
Slide WBS
Slide PLRA1

PTLR-BATAN Menerima Pengelolaan Limbah Radioaktif dari Seluruh Indonesia

Di Indonesia zat radioaktif dimanfaatkan khususnya oleh industri dan rumah sakit. .....

Selengkapnya...
Slide iPLRA2

Keselamatan Menjadi Prioritas Utama dalam Pengelolaan Limbah Radioaktif

Keselamatan pekerja, masyarakat dan lingkungan merupakan faktor utama dalam kegiatan fasilitas nuklir di Serpong .....

Selengkapnya...
Slide iPLRA3

Tugas dan Tanggung Jawab Pengelolaan Limbah Radioaktif di Indonesia adalah PTLR-BATAN

Dalam UU No.10 Tahun 1997 tentang Ketenaganukliran, bahwa Pengelolaan Limbah Radioaktif dilaksanakan oleh Badan Pelaksana .....

Selengkapnya...
Info PKL

Serpong – Humas BRIN. Untuk memperluas pemanfaatan fasilitas riset dan meningkatkan kolaborasi riset antara Badan Riset dan Inovasi nasional (BRIN) dengan perguruan tinggi, Pusat Riset Teknologi Bahan Bakar Nuklir dan Limbah Radioaktif (PRTDBBNLR) – Organisasi Riset Tenaga Nuklir (ORTN) BRIN menerima kunjungan dari Universitas Hasanuddin (UNHAS), Makassar di Kawasan Nuklir Serpong, Selasa (14/6). Pertemuan tersebut membahas potensi kerjasama riset dan ilmu pengetahuan, khususnya terkait pengelolaan limbah radioaktif.

Kepala Laboratorium Geoteknik Lingkungan - UNHAS, Tri Harianto mengungkapkan tujuan kunjungannya adalah agar UNHAS dapat menjalin kerja sama riset dan ilmu pengetahuan dengan BRIN dalam payung perjanjian kerja sama.

“UNHAS telah menyusun draft kerja sama yang meliputi empat poin, yaitu fasilitasi peralatan pengujian oleh BRIN, penyiapan material pengujian oleh UNHAS, kerja sama publikasi oleh kedua belah pihak, dan kerja sama akademik dalam bentuk kuliah tamu, kunjungan laboratorium, dan lain-lain,” ungkap Tri.

“Kami berharap BRIN dapat membantu memfasilitasi kami dalam hal peralatan pengujian. Selama ini kesulitan kami adalah dalam hal alat untuk pengujian, seperti uji Isotop dan sebagainya.  Selain itu kami juga berharap keterlibatan BRIN untuk membimbing mahasiswa di UNHAS atau bisa juga sebagai kuliah tamu,” lanjutnya.

Dalam kesempatan ini Tri Harianto memaparkan kegiatan yang dilakukan di Laboratorium Geoteknik Lingkungan 50% adalah penelitian tentang lingkungan yang terkait dengan geoteknik. “Kami tergabung dalam asosiasi Himpunan Ahli Teknik Tanah Indonesia atau HATTI. Kadang ada yang keliru mengira kami teknik pertanian karena ahli teknik tanah. Kami mengamati tanah lebih ke sisi mekanisnya, jadi kami lebih ke mekanis,” katanya.

“Tetapi kadang, akhir-akhir ini kami sudah masuk ke kimia juga, karena kaitannya dengan stabilisasi tanah secara mekanis. Selama setahun terakhir sudah banyak meneliti material-material yang terkait dengan lingkungan. Sedangkan beberapa kegiatan kami lainnya antara lain mendesain pondasi, jembatan, dan banyak lagi yang teraplikasi dilapangan,” lanjutnya.

Peneliti Ahli Muda - PRTDBBNLR, Hendra Adhi Pratama menjelaskan tugas dan fungsi dari PRTDBBNLR terutama dalam hal pengolahan limbah radioaktif di Indonesia.

“Di sini jenis pengolahan limbah yang dilakukan ada tiga, yaitu limbah yang sudah tidak digunakan di industri namun aktivitasnya masih cukup tinggi untuk dapat digunakan ditempat lain atau disebut dengan reuse-recycle, kemudian limbah yang aktivitasnya dibawah batas aman yang bisa dibuang atau clearance, dan yang terakhir yaitu disposal yaitu limbah yang memerlukan penyimpanan jangka panjang,” jelas Hendra.

“Limbah-limbah tersebut berasal dari berbagai sumber seperti Rumah Sakit, industri, dan termasuk juga dari kegiatan penelitian. Limbah yang datang disortir, kemudian kita lakukan treatment sesuai jenisnya dan setelah selesai dimasukkan ke penyimpanan sementara atau interim storage,” imbuhnya.

Hendra juga berpendapat perlunya kerja sama riset, terutama dalam hal desain dan pemilihan lokasi untuk proses pengelolaan limbah radioaktif. “Ada beberapa parameter yang harus dicek dalam site selection, pemilihan lokasi untuk pengelolaan dan pembuangan limbah, diantaranya lingkungan wilayah, air tanah, karakter geokimia tanah, tektonik dan seismik serta beberapa parameter lainnya,” ujar Hendra.

Hendra berharap dalam kerja sama dengan UNHAS bisa melakukan riset untuk penentuan lokasi tapak pengolahan limbah yang aman maupun perancangan desainnya. (yrt,msb/ed.my)







LAPORKAN GRATIFIKASI, SUAP, KORUPSI MELALUI ANDROID





Statistik Pengunjung

Live Visitors Counter

Hubungi Kami

Pusat Teknologi Limbah Radioaktif - Badan Tenaga Nuklir Nasional

Gedung 50 Kawasan PUSPIPTEK Serpong Tangerang Selatan 15310 INDONESIA

Telp. (021) 7563142 , Fax. (021)7560927

website: www.batan.go.id/ptlr

email: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya. 

atau Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.