(Tangerang Selatan, 5 Nopember 2019) Kelancaran komunikasi antara petugas pelayanan dengan pelanggan merupakan kunci keberhasilan dalam penyelenggaraan pelayanan publik. Demikian pula dalam penyelenggaraan jasa layanan pengelolaan limbah radioaktif di PTLR Batan. Cara berkomunikasi yang baik belum sepenuhnya dimiliki oleh semua petugas jasa layanan pengelolaan limbah radioaktif di PTLR. Mempertimbangkan kondisi tersebut, PTLR menyelenggarakan acara pembinaan edukasi kepada para petugas layanan di gedung 50 pada Senin, 4 Nopember 2019.
Acara diselenggarakan sehari dengan mengundang nara sumber dari luar Batan, Eka Rusilia dari The Asia Pacific Competency Center (TAPCC). Nara sumber ini dipilih karena dinilai sudah berpengalaman, terbukti telah banyak diundang perusahaan-perusahaan besar untuk memberikan materi terkait peningkatan kompetensi SDM.
Menurut Eka, keberhasilan komunikasi dengan orang lain dipengaruhi verbal, visual dan visual. Kecepatan bicara dan pemilihan kata yang merupakan jabaran dari verbal hanya punya pengaruh 7%, sedangkan vokal yang meliputi volume, tone, pitch, flow menduduki urutan kedua yaitu sebesar 38%. Dan faktor terbesar yang mempengaruhi adalah faktor visual yang meliputi bahasa tubuh, pakaian, rambut dan alat peraga.
Lebih lanjut Eka menjelakan bahwa manusia dikelompokan kedalam empat tipe kepribadian yaitu Emerald, Sapphire, Ruby dan Pearl. Setiap kelompok memiliki karakteristik tersendiri dan berbeda satu dengan yang lainnya. Tipe kepribadian Pearl (mutiara) adalah tipe yang cocok untuk menjadi petugas layanan karena cenderung tidak suka konfrontasi, mau memahami, dan suka merendah. Bagaimana dengan tipe keprbadian yang lain? Tipe kepribadian lain tidak tertutup kemungkinannya untuk menjadi petugas layanan dengan catatan harus terlebih dahulu melalui suatu pelatihan.
Sedangkan tentang keberhasilan perubahan, Eka berpesan bahwa “Anda tidak akan mendapatkan apa yang Anda inginkan, tetapi Anda akan mendapatkan apa yang Anda Lakukan”. Ini mengandung maksud bahwa kita harus berbuat sesuatu agar berubah dan perubahan itu tidak akan terjadi jika kita hanya melihat saja. Jadilah petugas layanan yang excellent tegas Eka mengakhiri presentasinya. (irsan)