Slide Hut RI 76
Slide item 10
Slide item 11
Slide item 12
Slide item 13
Slide item 14
Slide item 15
Slide item 16
Slide item 17
Slide item 18
Slide item 19
Slide lapor go id
Slide PZI PTLR
Slide Survey Persepsi
Slide WBS
Slide PLRA1

PTLR-BATAN Menerima Pengelolaan Limbah Radioaktif dari Seluruh Indonesia

Di Indonesia zat radioaktif dimanfaatkan khususnya oleh industri dan rumah sakit. .....

Selengkapnya...
Slide iPLRA2

Keselamatan Menjadi Prioritas Utama dalam Pengelolaan Limbah Radioaktif

Keselamatan pekerja, masyarakat dan lingkungan merupakan faktor utama dalam kegiatan fasilitas nuklir di Serpong .....

Selengkapnya...
Slide iPLRA3

Tugas dan Tanggung Jawab Pengelolaan Limbah Radioaktif di Indonesia adalah PTLR-BATAN

Dalam UU No.10 Tahun 1997 tentang Ketenaganukliran, bahwa Pengelolaan Limbah Radioaktif dilaksanakan oleh Badan Pelaksana .....

Selengkapnya...
Info PKL

(Serpong, 23/12/2014). Pusat Teknologi Limbah Radioaktif (PTLR-BATAN) kembali menyelenggarakan kegiatan latihan penanggulangan kedaruratan instalasi nuklir di Kanal Hubung Instalasi Penyimpanan Sementara Bahan Bakar Bekas (KH-IPSB3). Pelatihan penanggulangan kedaruratan instalasi nuklir ini dilakukan dengan metode drill di lapangan, karena tahun lalu sudah dilakukan latihan dengan metode TTE (Table Top Exercise). Adapun tujuan dari kegiatan ini agar PTLR memiliki tim/organisasi tanggap darurat tingkat instalasi nuklir di  KH-IPSB3 dengan kompetensi dan kemampuan memberikan bantuan radiologik yang efektif dan memberikan pertimbangan untuk suatu tindakan atau kejadian ketidaksesuaian dan untuk memenuhi prosedur yang berlaku. Acara ini dihadiri oleh staf dari BAPETEN, PSJMN, PRSG, PPIKSN, PTTBN sebagai evaluator dan observer. Acara ini dibuka oleh Ir. Untara selaku kepala Kepala Bidang Keselamatan Kerja dan Operasi (BK2O-PTLR). Beliau menjelaskan pentingnya Latihan Kesiapsiagaan dan Kedaruratan Instalasi Nuklir ini untuk menguji efektifitas dari tim kesiapsiagaan dan kedaruratan KH-IPSB3 dan menyempurnakan prosedur kesiapsiagaan dan kedaruratan KH-IPSB3 yang belum ada.

Ir. Untara, selaku Kepala BK20-PTLR menjadi pengarah dalam kegiatan ini. Skenario yang diangkat adanya kerusakan bahan bakar nuklir bekas saat pemindahan ke transfer cask KH-IPSB3. Satu orang operator yang ada di RKU panik dan terjatuh dari jembatan geser sampai pingsan. Pada saat yang bersamaan satu orang operator jatuh ke kolam. Dalam menanggulangi kejadian ini, PTLR-BATAN mengaktifkan tim kesiapsiagaan dan kedaruratan KH-IPSB3. Tugas dari semua tim yang terdiri dari Tim PDK, Tim PP, Tim Mitigasi, Tim Damkar, Tim Dekontaminasi, Tim Sarana Penunjang, Operator/supervisor dan Pengarah dilakukan dalam menanggulangi kecelakaan ini. Harapannya setelah kegiatan kesiapsiagaan dan penaggulangan kedaruratan ini, peserta latihan yang terlibat mampu memberikan tindakan untuk mengatasi kedaruratan nuklir sesuai dengan prosedur yang berlaku. (Adi Wijayanto)







LAPORKAN GRATIFIKASI, SUAP, KORUPSI MELALUI ANDROID





Statistik Pengunjung

Live Visitors Counter

Hubungi Kami

Pusat Teknologi Limbah Radioaktif - Badan Tenaga Nuklir Nasional

Gedung 50 Kawasan PUSPIPTEK Serpong Tangerang Selatan 15310 INDONESIA

Telp. (021) 7563142 , Fax. (021)7560927

website: www.batan.go.id/ptlr

email: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya. 

atau Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.