RDE_60thn_BATAN
SENTEN-2018
PTKRN Full Team

(Serpong, 1/3/2019) Ada yang berbeda dari Pusat Teknologi dan Keselamatan Reaktor Nuklir (PTKRN) BATAN pada minggu ini. Lima orang pakar dari International Atomic Energy Agency (IAEA) berkunjung ke PTKRN dalam rangka melakukan tinjauan terhadap detail engineering design Reaktor Daya Eksperimental (DED RDE). Kunjungan ini merupakan bagian dari IAEA Expert Mission, dan merupakan Expert Mission ketiga IAEA ke PTKRN setelah dilakukan sebelumnya pada tahun 2015 dan 2016.

(Depok, 22/2/2019) Kemenristekdikti menyelenggarakan Geliat Akreditasi Jurnal Nasional (Geliat Arjuna) 2019 pada hari Jumat (22/2). Acara yang diselenggarakan di The Margo Hotel Depok ini mengambil tema “Sistem Arjuna-Sinta-Garuda: Harmoni Pengelolaan Jurnal dan Publikasi Ilmiah Indonesia” dan dihadiri oleh 500 peserta dari berbagai perguruan tinggi serta berbagai lembaga litbang di seluruh Indonesia. 

Geliat Arjuna 2019 dibuka oleh Menristekdikti, Mohamad Nasir. Dalam arahannya, Nasir mengharapkan acara ini dapat menjadi pemacu dan pemicu dosen, peneliti, mahasiswa dan seluruh stakeholder terkait untuk senantiasa meningkatkan kualitas dan kuantitas publikasi ilmiah, baik nasional maupun internasional. Menurutnya, publikasi di jurnal ilmiah menjadi sangat penting mengingat adanya persyaratan kenaikan setiap jenjang jabatan untuk dosen, peneliti, perekayasa dan berbagai fungsional lainnya. Selain itu, kelulusan mahasiswa tingkat magister dan doktor juga mensyaratkan hal yang sama.

(Denpasar, 22/11/2018) Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) dan Tsing Hua University, Tiongkok, sepakat melakukan kegiatan penelitian skala laboratorium bersama yang diberi nama joint lab.   Kegiatan penelitian ini diawali dengan pembahasan bersama kedua belah pihak dengan menyusun program kerja dan rencana penelitian bersama tahun 2019 di Bali, Jumat (23/11).

Joint lab pada awalnya digagas oleh Pemerintah Tiongkok dengan Indonesia sebagai partnernya dalam bentuk kerja sama pengembangan teknologi High Temperature Gas Coolled Reactor (HTGR) di kedua negara. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat menjawab keraguan masyarakat selama ini terhadap penguasaan teknologi reaktor oleh bangsa Indonesa.

(Serpong, 16/11/2018). Tahapan program pembangunan Reaktor Daya Eksperimental (RDE) yang digagas oleh Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) sejak empat tahun yang lalu, kini telah memasuki tahapan detail desain dan telah mendapatkan izin tapak dari Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten). Status tersebut merupakan capaian tahapan terdepan untuk desain reaktor generasi IV dibandingkan dengan capaian negara lain di kawasan regional pada jenis reaktor yang sama.

“Ini sebuah prestasi, capaian yang luar biasa, dimana awalnya kita ingin membeli desain untuk RDE, namun karena terlalu mahal, kita desain sendiri dengan harga yang lebih murah,” demikian disampaikan oleh Kepala BATAN, Djarot Sulistio Wisnubroto saat memberikan sambutan dalam acara launching Detail Desain tahap awal RDE di Kawasan Nuklir Serpong, Puspiptek, Tangerang Selatan, Jumat (16/11).  

(Serpong, 27/09/2018). Dalam rangka pembinaan budaya keselamatan, Pusat Teknologi dan Keselamatan Reaktor Nuklir (PTKRN) bersama dengan Tim Budaya Keselamatan BATAN menyelenggarakan workshop penyusunan program budaya keselamatan pada Senin - Selasa, 25 - 26 September 2018 di BPLP Cipanas. Acara workshop ini dihadiri oleh perwakilan dari seluruh unit kerja BATAN dan dibuka secara langsung oleh Kepala BATAN, Prof. Dr. Djarot Sulistio Wisnubroto.