WBK

.....

Slide item 8

.....

Slide Stop

.....

Slide item 1

Instalasi Radiometalurgi PTBBN-BATAN

PTBBN BATAN memiliki fasilitas Instalasi Radiometalurgi PTBBN-BATAN.....

Selengkapnya...
Slide item 2

Instalasi Elemen Bakar Eksperimental PTBBN-BATAN

PTBBN BATAN memiliki fasilitas Instalasi Elemen Bakar Eksperimental .....

Selengkapnya...
Slide item 3

.....

Slide item 4

.....

Slide item 6

.....

WBS

.....

(Tangerang Selatan, 15/09/2021) Pusat Teknologi Bahan Bakar Nuklir (PTBBN) melaksanakan kegiatan workshop kompetensi laboratorium kalibrasi pada hari Rabu, 15 September 2021 dengan narasumber Bpk. Wenda Permana, beliau merupakan pakar kalibrasi dari CV. Metrology Global Services dan merupakan pegawai purnabakti dari PUSLIT KIM LIPI. Kegiatan ini bertujuan untuk menjaga serta meningkatkan kompetensi personil laboratorium kalibrasi, dimana laboratorium kalibrasi PTBBN telah memperoleh akreditasi ISO/IEC 17025 dari Komite Akreditasi Nasional (KAN).

Kegiatan workshop ini dibuka oleh Plt. Kepala PTBBN OR Tenaga Nuklir BRIN yaitu  Bapak Ir. Widiyanta, dalam pembukannya beliau menyampaikan bahwa kegiatan workshop seperti ini merupakan mekanisme cara kita menjaga kompetensi lab kalibrasi yang kita miliki, semangat utama didirikannya laboratorium kalibrasi PTBBN adalah untuk menunjang kegiatan penelitian dan pengembangan yang dilakukan oleh PTBBN sehinga peralatan yang dibutuhkan dalam kegiatan litbang dapat dikalibrasi secara mandiri oleh PTBBN, namun selain itu juga kita melakukan kegiatan pelayanan kepada pelanggan eksternal walaupun dengan jumlah yang belum banyak, namun dapat memberikan pemasukan PNBP bagi instansi.

Beliau juga menyampaikan selain untuk penjagaan kompetensi juga dalam rangka  senantiasa menjaga lab kalibrasi kita dari sisi akreditasi. Beliau menyampaikan harapannya dengan bergabungnya BATAN dalam BRIN anggaran untuk peralatan menjadi lebih besar sehingga dapat melengkapi laboratorium di PTBBN. Kegiatan workshop ini dilakukan mulai pukul 08.00 sd 15.00 melalui zoom meeting dengan jumlah peserta 24 orang. Dalam pemaparan, narasumber menyampaikan  materi mengenai cara atau metode dan perhitungan ketidakpastian pengukuran untuk lingkup kalibrasi suhu, tekanan, massa dan volumetri. Diskusi dalam kegiatan ini sangat hidup dan para peserta memperoleh pengetahuan yang diperlukan berdasarkan permasalahan - permasalahan yang timbul dalam pelaksanaan di lapangan. (ipeh)