WBK

.....

Slide item 8

.....

Slide Stop

.....

Slide item 1

Instalasi Radiometalurgi PTBBN-BATAN

PTBBN BATAN memiliki fasilitas Instalasi Radiometalurgi PTBBN-BATAN.....

Selengkapnya...
Slide item 2

Instalasi Elemen Bakar Eksperimental PTBBN-BATAN

PTBBN BATAN memiliki fasilitas Instalasi Elemen Bakar Eksperimental .....

Selengkapnya...
Slide item 3

.....

Slide item 4

.....

Slide item 6

.....

WBS

.....

(Tangerang Selatan, 09/09/2021) Pusat Teknologi Bahan Bakar Nuklir (PTBBN) sebagai salah satu unit kerja di BATAN mempunyai tugas pokok dan fungsi melaksanakan perumusan dan pengendalian kebijakan teknis, pelaksanaan, dan pembinaan serta bimbingan di bidang pengembangan teknologi fabrikasi bahan bakar nuklir reaktor riset dan reaktor daya.

Sebagaimana diamanahkan dalam UU No 11 Tahun 2019 tentang Sistem Nasional Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, pelaksanaan penelitian, pengembangan, pengkajian dan penerapan (litbangjirap) serta invensi dan inovasi di lembaga pemerintah dituntut harus terintegrasi, dan melibatkan interaksi, kemitraaan, dan sinergi antarunsur Pemangku Kepentingan Iptek dalam rangka mendorong kemandirian, daya saing bangsa, dan daya tarik bangsa dalam rangka memajukan peradaban bangsa melalui pergaulan internasional.

PTBBN tengah melakukan kajian strategis pengembangan bahan bakar nuklir bekerjasama dengan partner nasional dan internasional, menggunakan skema triple-helix melibatkan Pemerintah, Akademia dan Industri, dan untuk mengimplementasikannya PTBBN perlu untuk melakukan kegiatan konsultasi dengan PT Indonesia Power dalam rangka memberikan masukan bagi kajian strategi pengembangan bahan bakar nuklir PLTN di Indonesia. Untuk itu pada tanggal 9 September 2021 PTBBN menyelenggarakan acara Focus Group Discussion Strategi Pengembangan Bisnis dan Manajemen Proyek Bahan Bakar Pembangkit Listrik di Indonesia.

Acara ini dilaksanakan secara daring dengan menghadirkan Narasumber Dr. Ir. Ahsin Sidqi, MM. selaku Direktur Utama PT. Indonesia Power, Judi Winarko, ST., MM. selaku Direktur Utama PT. Artha Daya Coalindo, dan Ir. Sugeng, M.Sc. selaku Senior Engineer PT. Indonesia Power.

Diharapkan dengan dilaksanakannya acara ini PTBBN bisa memperoleh paparan, pandangan dan rekomendasi pakar mengenai overview bisnis dan manajemen proyek suplai bahan bakar non-nuklir untuk pembangkitan listrik di Indonesia; pertimbangan dalam memilih opsi impor bahan bakar versus produksi dalam negeri, terkait pasar, ekosistem (seperti infrastruktur, ketersediaan sumber daya, supply chain), teknologi dan kebutuhan standarisasi (termasuk tingkat komponen dalam negeri) dan lainnya; pertimbangan strategi bisnis bahan bakar nuklir untuk proyek PLTN di Indonesia; dan diskusi peluang kerja sama antara PTBBN-BATAN dan PT. Indonesia Power untuk pengembangan kapasitas sumber daya manusia di bidang bisnis dan manajemen proyek.

Galeri foto: