Slide item 1

Instalasi Radiometalurgi PTBBN-BATAN

PTBBN BATAN memiliki fasilitas Instalasi Radiometalurgi PTBBN-BATAN.....

Selengkapnya...
Slide item 2

Instalasi Elemen Bakar Eksperimental PTBBN-BATAN

PTBBN BATAN memiliki fasilitas Instalasi Elemen Bakar Eksperimental .....

Selengkapnya...
Slide item 3

Uji Radiometalurgi PTBBN-BATAN

Bidang Uji Radiometalurgi mempunyai tugas melaksanakan pengembangan teknik uji radiometalurgi .....

Selengkapnya...
Slide item 4

Fabrikasi Bahan Bakar Nuklir PTBBN-BATAN

Bidang Fabrikasi Bahan Bakar Nuklir mempunyai tugas melaksanakan pengembangan teknologi fabrikasi bahan bakar nuklir.....

Selengkapnya...

(Tangerang Selatan, 2-3 Mei 2019). Bertempat di ruang rapat uranium gedung 20 Instalasi Radiometalurgi - Pusat Teknologi Bahan Bakar Nuklir menggelar Presentasi Hasil Kegiatan/Penelitian PTBBN Tahun 2018 yang diikuti oleh seluruh pegawai PTBBN. Kegiatan ini merupakan agenda rutin PTBBN yang bertujuan untuk mengevaluasi kinerja PTBBN yang dilakukan pada tahun 2018 kepada manajemen serta untuk mengetahui hambatan dan kendala yang dihadapi pada tahun 2018, dan sebagai sosialisasi hasil Kegiatan/Penelitian PTBBN Tahun 2018 kepada seluruh pegawai PTBBN.

Ketua penyelenggara, Ir. Masrukan menyampaikan laporannya bahwa presentasi ini merupakan ajang untuk pertukaran informasi antara peneliti dan semua yang terlibat dalam penelitian. Beliau berharap setelah presentasi selesai, makalah yang telah direview oleh editor dapat segera diperbaiki dengan cepat, sehingga proses penerbitan prosiding dapat segera dilakukan. Beliau juga mengharapkan kerjasama dari semua pihak demi kelancaran dalam penyelenggaraan presentasi ini selama dua hari.

Kepala PTBBN, Ir. Agus Sumaryanto, M.S.M dalam sambutannya menyampaikan  kegiatan presentasi ini merupakan prioritas kita dan merupakan hajat PTBBN karena salah satu output kita adalah karya tulis ilmiah dan berharap pula agar pertemuan ilmiah ini dapat dilaksanakan tepat waktu dan dimanfaatkan semaksimal mungkin dengan berdiskusi secara ilmiah. Presentasi tahun ini menampilkan 62 penyaji makalah yang dipresentasikan dalam bentuk sidang paralel.

(Tangerang Selatan, 26 April 2019) Di Tahun 2019, Pusat Teknologi Bahan Bakar Nuklir harus melepas beberapa pegawai terbaiknya karena telah mencapai masa purnabakti. Pegawai yang akan purnabakti pada bulan Mei 2019 adalah Dr. Sjafruddin, M.Eng dari Bidang Keselamatan Kerja dan Akuntansi Bahan Nuklir dan Ir. Tonny Siahaan dari Bidang Pengembangan Fasilitas Bahan Bakar Nuklir. Sebagai bentuk penghargaan dan ucapan terima kasih kepada para pegawai purnabakti yang telah mendedikasikan ilmu, ide serta peran aktifnya demi kemajuan PTBBN, maka pada tanggal 26 April 2019 bertempat di Lobi gedung 20, Pusat Teknologi Bahan Bakar Nuklir melaksanakan acara Pelepasan Pegawai Purnabakti sekaligus Tarhib Ramadhan yang rutin diadakan oleh PTBBN dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan.

Dalam sambutannya, Bapak Ir. Agus Sumaryanto, M.S.M selaku Kepala Pusat Teknologi Bahan Bakar Nuklir menyampaikan bahwa acara ini merupakan ajang silaturahmi antara pegawai yang masih aktif dengan pegawai purnabakti, dan Beliau mewakili pimpinan dan pegawai PTBBN mengucapkan banyak terima kasih kepada Bapak Sjafruddin dan Bapak Tonny Siahaan atas sumbangsihnya kepada PTBBN, karena setiap keberhasilan yang telah dicapai oleh PTBBN tidak lepas dari peran serta Bapak Sjafruddin dan Bapak Tonny Siahaan selaku pegawai senior yang pernah menduduki jabatan sebagai pejabat eselon 3 dilingkungan PTBBN. Diharapkan kedepannya PTBBN dapat mendatangkan pegawai purnabakti sebagai Narasumber dalam kegiatan seperti coaching atau workshop, karena keahlian serta ilmu dari para pegawai purnabakti masih sangat dibutuhkan oleh PTBBN.

Terkait dengan kegiatan tarhib ramadhan, Bapak Kepala PTBBN juga menghimbau agar para pegawai bisa memanfaatkan semaksimal mungkin momen di bulan ramadhan ini karena setiap ibadah yang dilakukan di bulan ramadhan ini akan memperoleh pahala yangi berlipat ganda dibandingkan jika dilaksanakan di bulan-bulan lainnya.

(Tangerang Selatan, 25 April 2019) Kinerja suatu unit kerja dikatakan baik jika hasil yang diperoleh sesuai dengan sasaran kerja yang telah direncanakan sebelumnya, dan hasil yang diperoleh harus didukung dengan laporan hasil kegiatan/penelitian agar kinerja suatu unit kerja dapat terukur dan bisa dievaluasi demi perbaikan kedepannya. Salah satu laporan yang dibuat oleh unit kerja adalah Laporan Triwulan Kegiatan Penelitian dan Pengembangan. Laporan triwulan ini disusun oleh masing-masing penanggungjawab output/sub output kegiatan yang ada di unit kerja melalui sistem informasi internal BATAN (SIPL 2) dan sistem informasi yang dikelola oleh Kementerian Keuangan (SMART) serta yang dikelola oleh Bappenas (e-Monev).

Penyusunan laporan triwulan, disamping sebagai bentuk tanggungjawab unit kerja dalam transparansi progress kegiatan yang telah terlaksana, juga merupakan salah satu penilaian dalam menentukan besaran tunjangan kinerja yang akan diterima oleh unit kerja dalam satu periode penilaian yang telah ditentukan. Hal ini diatur dalam Peraturan BATAN Nomor 1 tahun 2019 tentang Pelaksanaan Pemberian Tunjangan Kinerja Pegawai Badan Tenaga Nuklir Nasional, yang menyebutkan bahwa ada 3 komponen yang akan menjadi penilaian dalam menentukan besaran tunjangan kinerja, diantaranya adalah capaian fisik; capaian anggaran; dan kepatuhan waktu penyampaian laporan.

(Tangerang Selatan 23-04-2019) Pusat Teknologi Bahan Bakar Nuklir sebagai salah satu Pusat berdasarkan tugas dan fungsinya adalah ”Melaksanakan Perumusan dan Pengendalian Kebijakan Teknis, pelaksanaan dan pembinaan dan bimbingan di bidang pengembangan teknologi fabrikasi bahan bakar nuklir dan teknik uji radiometalurgi.” Berdasarkan hal tersebut di atas pada tanggal 23-24 April 2019 bertempat di ruang rapat lantai 2 gedung 20 Instalasi Radiometalurgi menyelenggarakan Pelatihan Estimasi Ketidakpastian Pengukuran yang diikuti oleh seluruh personil yang terlibat di dalam Laboratorium Uji dan Kalibrasi PTBBN. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi personil laboratorium mengenai pengukuran ketidakpastian dalam melakukan perhitungan. Pemahaman dan penerapan keridakpastian pengukuran sangat penting guna menjaga mutu hasil uji agar penyajian data terukur betul-betul dapat dipertanggungjawabkan. Terlebih lagi bagi laboratorium penguji/kalibrasi yang telah menggunakan sistem manajemen mutu laboratorium ISO/IEC 17025:2008 yang telah terakreditasi oleh KAN.

(Tangerang Selatan, 22/04/2019) IEBE merupakan salah satu Instalasi Nuklir Non Reaktor (INNR) yang ada di BATAN, didirikan dengan tujuan untuk memproduksi elemen bakar reaktor daya tipe air berat (HWR/PHWR atau CANDU) menggunakan uranium alam dan melaksanakan Litbang Teknologi  Fabrikasi Elemen Bakar Reaktor Daya berbasis pelet UO2 sinter dalam kelongsong Zirkaloi  serta mampu menangani uranium dengan pengkayaan U-235 hingga 5%. Dalam perkembangannya beberapa peralatan telah dimodifikasi sehingga fasilitas ini juga dapat digunakan untuk Litbang Teknologi Fabrikasi Elemen Bakar Reaktor Daya tipe Air Ringan (LWR – PWR/BWR). Beberapa fasilitas yang ada di IEBE yaitu : fasilitas pemurnian & konversi konsentrat Uranium alam (Yellow Cake) menjadi serbuk UO2 berderajat nuklir kapasitas 100 kg/hari (PCP), fasilitas Fabrikasi Elemen Bakar Nuklir, fasilitas pendukung laboratorium Kendali Kualitas (KK) Bidang Keselamatan dan Bidang Pengembangan Fasilitas Bahan Bakar Nuklir untuk suplai media dan energi.