Gedung STTN dan Fasilitas
Sertifikasi Mahasiswa STTN
Pembelajaran di STTN
Kerjasama
Wisuda dan Alumni
Pengabdian Masyarakat

(Yogyakarta, 20/6/22). Dosen Politeknik Teknologi Nuklir Indonesia (Poltek Nuklir) bersama dengan mahasiswa Program Studi Elektro Mekanika (Elmek) melakukan workshop uji tak merusak/Non Destructive Test (NDT) di SMKN 2 Wonosari, Rabu 15 Juni 2022. Workshop diikuti sekitar 50 peserta, terdiri dari guru dan siswa Jurusan Teknik Mesin SMKN 2 Wonosari. Kegiatan dilakukan sebagai bagian dari kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) dari Poltek Nuklir.

Ahmad Darmadi selaku Kepala Sekolah SMKN 2 Wonosari menyambut baik dan sangat mendukung kegiatan ini sebagai wahana menambah wawasan dan pengetahuan bagi para guru dan siswa, dan berharap kegiatan sharing pengetahuan seperti ini dapat dilanjutkan pada waktu mendatang. “Semoga kegiatan ini dapat menambah pengetahuan serta wawasan baik siswa maupun guru di SMKN 2 Wonosari dan dilaksanakan secara berkesinambungan,” ungkapnya.

Sementara itu, Edy Yulianto selaku koordinator dari Poltek Nuklir menyampaikan tentang pentingnya kerja sama antar lembaga pendidikan dalam upaya sharing pengetahuan dalam rangka peningkatan kompetensi. “Salah satu bidang kompetensi yang sesuai antara Prodi Elmek Poltek Nuklir dengan Jurusan Teknik Mesin SMKN 2 Wonosari adalah bidang NDT yang saat ini menjadi salah satu bidang sangat dibutuhkan di industri,” jelas Edy. Metode NDT yang diberikan dalam workshop ini berupa metode Magnetic Particles (MP) dan Ultrasonic Testing (UT).

Workshop didahului dengan pengenalan metode NDT oleh Iwan Istanto, dan dilanjutkan dengan pelaksanaan workshop NDT yang diberikan oleh  Zaenal Abidin juga Tasih Mulyono serta dibantu oleh beberapa mahasiswa Poltek Nuklir: Amelia Rahmanda, Firdaus Dafanabawi, dan Muhammad Rifki. (ey)