Gedung STTN dan Fasilitas
Sertifikasi Mahasiswa STTN
Pembelajaran di STTN
Kerjasama
Wisuda dan Alumni
Pengabdian Masyarakat

(Yogyakarta, 15/8/21). Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir (STTN) sebagai lembaga pendidikan tinggi vokasi bidang kenukliran, kembali melaksanakan pengabdian masyarakat kepada salah satu perusahaan migas di Surabaya dalam bentuk inspeksi. Inspeksi dilakukan dalam rangka perawatan rutin, untuk menjamin keamanan instalasi dengan mengetahui kondisi instalasi dari hasil inspeksi menggunakan Detector Digital Radiografi (DDR) metode Profiling. Hal ini dilakukan karena metode Profiling dirasa sangat efektif untuk memastikan kondisi instalasi pipa migas, selain cepat prosesnya juga bisa mengetahui ukuran thicknes dari pipa instalasi secara lebih akurat.  Kegiatan dilaksanakan dari tanggal 24 – 28 Agustus 2021 dan 7 – 9 September 2021 dengan melibatkan 2 pegawai STTN yang telah memiliki sertifikasi radiografi, yaitu Tasih Mulyono, SST (Radiografi L-2) dan Haerul Ahmadi, M. Sc (Radiografi L-1).

Pemanfaatan teknologi nuklir dengan alat penangkap citra digital semakin diminati oleh industri khususnya perusahaan pengguna jasa inspeksi, karena dengan waktu yang lebih singkat dapat mengurangi paparan radiasi saat inspeksi, dan citra hasil inspeksi juga memiliki kualitas yang baik. Dari kegiatan tersebut, dapat diketahui bahwa fungsi dari peralatan digital radiografi tipe DXR-250 UW sangat mendukung dalam inspeksi instalasi migas dengan waktu yang cepat, dan hasil citra yang memiliki kualitas yang baik, dan dapat dilakukan pengukuran profil pipa dengan akurat.

Diharapkan, melalui pengabdian masyarakat seperti ini, STTN akan semakin dikenal oleh kalangan industri, baik dari perusahaan inspeksi maupun perusahaan pengguna Non Destructive Test (NDT). Selain itu, STTN akan mendapatkan pengalaman tambahan yang dapat memperluas ilmu dan wawasan bagi dosen maupun personel STTN yang bertugas, terkait inspeksi menggunakan DDR DXR-250 UW dengan sumber Ir-192. Nilai tambah lain dari kegiatan ini adalah bahwa personel STTN juga memperoleh report dari hasil inspeksi yang dapat digunakan sebagai bahan ajar tambahan yang cukup penting bagi mahasiswa STTN untuk mendapatkan pengetahuan yang didapatkan langsung dari lapangan. (tm/tek)