Gedung STTN dan Fasilitas
Sertifikasi Mahasiswa STTN
Pembelajaran di STTN
Kerjasama
Wisuda dan Alumni
Pengabdian Masyarakat

(Yogyakarta, 24/8/21). Rangkaian kegiatan penerimaan mahasiswa Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir – Badan Tenaga Nuklir Nasional (STTN – BATAN) salah satunya adalah melaksanakan Pertemuan Wali Mahasiswa Baru. Pertemuan dilaksanakan untuk menyambut mahasiswa baru yang akan memulai kegiatan perkuliahan di STTN BATAN pada tahun akademik 2021/2022. Selain itu, pertemuan dilaksanakan untuk meningkatkan hubungan antara kampus, wali dan juga mahasiswa baru, sehingga proses akademik dapat berjalan dengan lancar. Dilaksanakan pada hari Senin, 23 Agustus 2021, pertemuan berlangsung secara daring yang diikuti oleh wali, mahasiswa baru serta jajaran pejabat di STTN.

Acara diawali dengan sambutan dari plt Ketua STTN, Dr. Eng. Sukarman, M. Eng, yang dilanjutkan dengan presentasi tentang STTN dan mekanisme pembelajaran online. Acara selanjutnya adalah presentasi dari ketua program studi yang disampaikan oleh masing-masing ketua program studi, yaitu Kartini Megasari, M. Eng untuk program studi Teknokimia Nuklir, Dr. Eng. Sutanto, M. Eng untuk program studi Elektronika Instrumentasi dan Totok Dermawan, M. Eng untuk program studi Elektro Mekanika. Masing-masing ketua program studi memaparkan presentasi terkait dengan kurikulum, sistem perkuliahan serta peluang lulusan, yang dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Pertemuan ditutup dengan penyampaikan materi mengenai pemanfaatan aplikasi iptek nuklir yang disampaikan oleh Ismail, M. Si, dosen muda dari program studi Elektro Mekanika.

Sukarman selaku Plt Ketua STTN dalam sambutannya menyampaikan selamat kepada wali yang putra putrinya diterima sebagai mahasiswa di STTN, karena tidak semua yang mendaftar mampu lolos seleksi dan memenuhi passing grade. Selain itu, Sukarman juga menyampaikan bahwa tradisi silaturahmi dengan orangtua akan selalu dilakukan dengan tujuan untuk saling bersilaturahmi, berkomunikasi, dan secara bersama-sama mengantarkan mahasiswa mencapai tujuan dan cita-citanya sebagaimana yang diharapkan. “Karena itulah, komitmen itu penting, supaya tidak ada kesalahpahamn selama pembelajaran di STTN,” ungkapnya.

Lebih lanjut Sukarman menyampaikan, saat ini STTN telah disetujui berubah menjadi Politeknik Teknologi Nuklir Indonesia, yang selanjutnya disingkat menjadi Poltek Nuklir Indonesia. Perangkat organisasi dan operasional pembelajaran akan menyesuaikan secara resmi mulai awal September 2021, yang bertepatan dengan dimulainya semester ganjil Tahun Akademik 2021/2022, dan sekaligus akan berintegrasi dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). BRIN ini mengintegrasikan beberapa LPNK seperti LIPI, LAPAN, BPPT dan BATAN menjadi satu. (tek)

Materi Presentasi Program Studi Teknokimia Nuklir

Materi Presentasi Program Studi Elektronika Instrumentasi

Materi Presentasi Program Studi Elektro Mekanika

Materi Presentasi Iptek Nuklir