Gedung STTN dan Fasilitas
Sertifikasi Mahasiswa STTN
Pembelajaran di STTN
Kerjasama
Wisuda dan Alumni
Pengabdian Masyarakat

(Yogyakarta, 30/9/20). Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir – Badan Tenaga Nuklir Nasional (STTN – BATAN) menerima kunjungan dari Direktorat Perizinan Instalasi dan Bahan Nuklir – Badan Pengawas Tenaga Nuklir (DPIBN – BAPETEN), 24 – 25 September 2020. Kunjungan dilaksanakan dengan tujuan untuk melakukan verifikasi dokumen dan lapangan terkait dengan pengajuan izin bahan nuklir yang telah diajukan oleh STTN - BATAN sebelumnya. Hal ini dilakukan sebagai tindak lanjut dari pengajuan izin pemanfaatan bahan nuklir yang dimiliki oleh STTN - BATAN.

Verifikasi dokumen dan lapangan tersebut dibagi menjadi 2 sesi. Sesi pertama, DPIBN melakukan verifikasi dokumen yang sudah disampaikan oleh STTN sebelumnya. Pelaksanaan verifikasi dokumen dilakukan via zoom dengan mengevaluasi dokumen Prosedur dan Program Proteksi Penanganan Bahan Nuklir. Selain itu DPIBN juga memberikan masukan dan usulan mengenai kekurangan dokumen dan beberapa item lain yang belum masuk ke dalam dokumen.

Pada sesi kedua, DPIBN melakukan verifikasi lapangan dengan melaksanakan survey secara langsung ke Laboratorium Proteksi dan Keselamatan Radiasi STTN - BATAN, yaitu tempat disimpannya bahan nuklir. Dalam survey tersebut, perwakilan BAPETEN didampingi oleh Kepala Laboratorium, Ketua Jurusan Teknokimia Nuklir, dan Petugas Proteksi Radiasi untuk melakukan monitoring terhadap bahan nuklir meliputi jenis radionuklida, jumlah, dan tempat penyimpanannya.

Acara ini ditutup dengan pemberian saran dan usulan terkait pengelolaan bahan nuklir STTN-BATAN oleh BAPETEN. Harapannya, kunjungan tersebut dapat ditindaklanjuti dengan melaksanakan pengelolaan bahan nuklir STTN - BATAN sesuai dengan peraturan yang berlaku sehingga pemanfaatannya untuk bahan praktikum mahasiswa dapat lebih maksimal. (fmr).