Gedung STTN dan Fasilitas
Sertifikasi Mahasiswa STTN
Pembelajaran di STTN
Kerjasama
Wisuda dan Alumni
Pengabdian Masyarakat

(Yogyakarta, 4/9/20). Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir – Badan Tenaga Nuklir Nasional (STTN – BATAN) dan PT. Radiant Utama Interinsco, Tbk bersepakat melaksanakan kerjasama terkait dengan pengembangan dan pemanfaatan Aplikasi Non-Destructive Test (NDT) dalam mendukung program Teaching Industry. Kesepakatan tersebut dituangkan dalam perjanjian kerjasama yang ditandatangani Edy Giri Rachman Putra, Ph.D (Ketua STTN) dan Ir. Sofwan Farisyi, MM (Direktur Utama PT. Radiant Utama Interinsco, Tbk) pada hari Jum’at, 4 September 2020, bertempat di Radiant Utama Building, Jalan Kapten Tendean No. 24, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan.

Adapun maksud kerjasama ini adalah saling mendukung dalam pengembangan sumber daya manusia, pemanfaatan, dan hilirisasi NDT di industri untuk program Teaching Industry dengan ruang lingkup (1) peningkatan kompetensi bidang NDT bagi dosen, mahasiswa, dan tenaga kependidikan, (2) penelitian dan pengembangan iptek dalam bidang NDT, (3) pertukaran tenaga ahli, data, dan informasi, (4) pemanfaatan sarana dan prasarana serta publikasi ilmiah bersama.

Teaching Industry ini merupakan bagian dari kurikulum yang disiapkan untuk menghasilkan lulusan yang berkompeten dengan menghasilkan produk yang berkualitas. Konsep dasar teaching industry adalah pemindahan sebagian dari proses pendidikan dan proses industri dalam suatu desain pembelajaran sehingga terselenggara pendidikan berbasis kompetensi yang melahirkan SDM siap dalam menghadapi dalam persaingan global.

Edy Giri selaku Ketua STTN menyampaikan bahwa kerjasama ini merupakan bagian dari pelaksanaan tridharma perguruan tinggi dalam menguatkan pendidikan vokasi di STTN. “STTN selama beberapa tahun terakhir telah melakukan revitalisasi fasilitas dan laboratorium NDT berbasis radiasi nuklir dan non-radiasi, selain betatron dan iradiator gamma. Oleh karenanya, diharapkan dengan adanya kerjasama dapat meningkatkan dan saling membagi ilmu dan pengalaman yang dimiliki,” jelasnya.

Edy Giri juga menyampaikan bahwa pada akhir tahun 2020 ini STTN juga berencana untuk mengunjungi Tomsk Polytechnic University (TPU) di Rusia yang memiliki School of Non-Destructive Testing. Kunjungan tersebut adalah untuk mendalami kurikulum, program, fasilitas serta kerjasama perguruan tinggi dengan industri dalam pemanfaatan NDT. Selain itu, melalui kerjasama yang telah disepakati bersama, Edy Giri juga berharap agar kedepannya semakin banyak mahasiswa yang dapat mengikuti pemagangan di PT Radiant Utama Interinsco, Tbk sebagai bagian dari program teaching industry sekaligus juga untuk serapan lulusan STTN

Sementara itu, Sofyan selaku Direktur Utama PT. Radiant Utama Interinsco, Tbk berharap kerjasama ini akan memberikan kemanfaatan di kedua belah pihak dalam melaksanakan kegiatan yang menjadi kesepakatan bersama. (tder/tek)