Sertifikat Akreditasi LSP BATAN oleh KAN

Sertifikat Akreditasi LSP BATAN berdasarkan SNI ISO/IEC 17024:2012

Lingkup Akreditasi yaitu Radiografi Level 1, 2 dan 3 serta lingkup Aplikasi Teknik Nuklir (ATN) yang berlaku mulai dari 23 Mei 2017

Sertifikat 3 Sistem Manajemen yang diperoleh dari Sucofindo

BATAN memperoleh Sertifikat Integrasi 3 Sistem Manajemen oleh Sucofindo

3 sistem manajemen tersebut adalah SNI ISO 9001:2015, OHSAS 18001:2007, dan SNI ISO 14001:2015

Rapat Komisi Teknis 27-01 Bidang Rekayasa Energi Nuklir

Rapat Panitia Komisi Teknis 27-01 Bidang Rekayasa Energi Nuklir

diselenggarakan pada tanggal 23 Juni 2020

Ujian Sertifikasi Petugas Iradiator sebagai Penjamin Mutu di PAIR

Ujian Sertifikasi Petugas Iradiator

PSMN sebagai Penjamin Mutu dalam kegiatan ujian sertifikasi Iradiator pada tanggal 3-4 Agustus 2020

Ujian Sertifikasi Petugas Iradiator sebagai Penjamin Mutu di PAIR

Ujian Sertifikasi Iradiator di PAIR

Ujian Sertifikasi Petugas Iradiator sebagai Penjamin Mutu di PAIR

Ujian Sertifikasi Iradiator di PAIR sebagai Penjamin Mutu

Ujian Sertifikasi Petugas Iradiator sebagai Penjamin Mutu di PAIR

Ujian Sertifikasi Iradiator di PAIR sebagai Penjamin Mutu

Ujian Sertifikasi Petugas Iradiator sebagai Penjamin Mutu di PAIR

Ujian Sertifikasi Iradiator di PAIR sebagai Penjamin Mutu

Penghargaan PSMN dalam implementasi MPN Tahun 2020

Pencapaian PSMN dalam Implementasi MPN

Penghargaan dari Kepala BATAN untuk PSMN atas implementasi Manajemen Pengetahuan Nuklir (MPN) Tahun 2020

Demo Alat Computed Radiography di PSMN

Pengenalan produk Computed Radiography (CR) di PSMN

(Jakarta, 04/12/2020). Di tengah pandemi covid-19 yang melanda dunia saat ini, Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) melalui Pusat Standardisasi dan Mutu Nuklir (PSMN) sebagai pelaksana Layanan Sertifikasi Personil (LSP) BATAN tetap memberikan layanan uji sertifikasi.  Demikian disampaikan oleh Kepala PSMN, Budi Santoso selaku narasumber pada Seminar Daring#1 dalam rangkaian acara ulang tahun  BATAN Ke-62 yang disiarkan secara daring, Jum’at (4/12).

“Kami sebagai lembaga sertifikasi, komit dalam memberikan layanan sertifikasi walaupun dalam situasi pandemi. Untuk tahun 2020 sampai dengan bulan November, kami telah melakukan sertifikasi person  baik yang baru maupun perpanjangan sejumlah 107 orang Operator Radiografi dan 67 orang Ahli Radiografi,” ujar Budi.

Menurut Budi, hal tersebut dilakukan sebagai wujud pelaksanaan mandat yang diberikan kepada BATAN, dalam hal ini layanan sertifikasi personil  BATAN berdasar pada Undang-Undang No. 10 tahun 1997 tetang Ketenaganukliran, Undang-Undang No. tahun 2014 tentang Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian, Peraturan Pemerintah No. 46 tahun 2013 tentang Organisasi BATAN, Peraturan Kepala BATAN No.14 Tahun 2013 Tentang Organisasi dan Tata Kerja BATAN, serta ISO 9712 Tentang Kualifikasi dan Sertifikasi Personel Uji Tak Rusak.

“Mengapa PSMN melakukan uji sertifikasi? Ini sesuai dengan tugas PSMN yaitu melaksanakan standardisasi, jaminan mutu nuklir serta akreditasi dan sertifikasi. LSP BATAN terakreditasi oleh KAN dengan sertifikat LSP -010-IDN untuk Radiografi Level 1 dan Level 2 pada 27 Mei 2017,” lanjut Budi.

Budi menyampaikan dalam kaitan layanan sertifikasi di masa pandemi ini, LSP BATAN melakukannya dengan menerapkan protokol kesehatan untuk covid-19. “Untuk pelaksanaan sertifikasi, kami membuat SOP-SOP pelaksanaan terkait dengan prosedur protokol kesehatan covid-19,” ujar  Budi.

 “Dalam pelaksanaan di lapangan pada saat ujian, para peserta mencuci tangan sebelum masuk ke ruangan, memakai  masker dan face shield serta menjaga jarak. Sedangkan untuk pelaksanaan penilaian mandiri, kami tidak bertemu secara fisik namun menggunakan aplikasi android,” lanjutnya.

Selanjutnya Budi juga menyampaikan peluang bagi LSP pada tahun 2021 dimana industri memerlukan ISO 9712 terkait dengan lingkup baru, yaitu untuk Ultrasonic Test (UT), Penetrant Test (PT), Magnetic Particle Test (MT) dan aplikasi teknik nuklir lainnya (ATN).  

“Jadi kami akan mengajukan ke KAN untuk menambah lingkup baru,” tuturnya. “Selain itu ke depan program sertifikasi LSP adalah pengembangan pelaksanaan ujian secara online dengan menggunakan Computer Based Test (CBT) System dan juga Digital Radiography Test,” pungkasnya.

Seminar daring ini juga menampilkan seorang narasumber lainnya yaitu  M. Maulidin Sinaga, SST, MBA, Direktur PT. Intergy Indonesia yang telah banyak melakukan kerja sama, baik dengan BATAN maupun dengan Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten) dalam hal proses pemanfaatan aplikasi maupun terkait dengan kegiatan training dan sertifikasi. Dalam presentasinya yang berjudul “Tantangan LSP dalam Sinergi” Maulidin menyampaikan apa yang menjadi peluang serta tantangan bagi LSP dari sudut pandangnya sebagai user. (my)

Layanan PSMN

Visitors

Hubungi kami

PUSAT STANDARDISASI DAN MUTU NUKLIR (PSMN)
Kawasan Puspiptek Gedung 71 lt. 1, Serpong
Telepon: (021) 75791504/ Fax: (021) 75872030
Email: psjmn[at]batan.go.id