Slide item 12
korupsi

Korupsi merupakan kejahatan yang luar biasa yang menjadi penghambat utama tercapainya tujuan pembangunan Nasional. Upaya untuk mensinergikan kegiatan pencegahan korupsi, pelaksanaan reformasi birokrasi, dan peningkatan kualitas pelayanan publik, maka PSTNT menetapkan kebijakan pembangunan Zona Integritas (ZI) dengan mambangun Wilayah Bebas dari Korupsi

reaktor kartini menuju era kemandirian

REAKTOR NUKLIR BANDUNG
Menuju era kemandirian  teknologi nuklir untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat"

Peresmian

Pada tanggal 24 Juni 2000 Megawati Soekarno Putri meresmikan pengoperasikan "Reaktor TRIGA 2000" di Kawasan nuklir Bandung

analisis

Peran Teknis Analisis Nuklir dalam pemantauan kualitas udara di Indonesia

Litbang

Litbang sediaan radioisotop pemancar sinar beta untuk diaplikasikan di bidang kesehatan sebagai prekursor dalam pembuatan radiofarmaka

srikandi

Setelah 52 tahun, ternyata ada wanita-wanita muda yang berprofesi sebagai operator Reaktor Nuklir di Reaktor TRIGA 2000. Mereka lah para penerus cita2 Kartini... Selamat Hari Kartini, 21 April 2017.

Bandung – Humas BRIN. Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Laksana Tri Handoko mengunjungi Kawasan Nuklir Bandung, Rabu (18/05). Kunjungan ini dalam rangka untuk melakukan pengecekan dan evaluasi terkait renovasi salah satu gedung di Kawasan Nuklir Bandung yang rencananya akan dijadikan coworking space (CWS) untuk pegawai BRIN di Kawasan Bandung.

Hal tersebut diungkapkan oleh Koordinator Infrastruktur Laboratorium Riset Bandung, Asep Yana Mulyana, “Hari ini, Kepala BRIN melakukan kunjungan ke Gedung C yang kedepannya akan menjadi coworking space. Namun, dalam prosesnya terkendala pada struktur bangunan yang miring, sehingga akan dipastikan secara langsung,” ungkap Asep

Penerapan konsep CWS di Kawasan Nuklir Bandung telah dimulai sejak penggabungan berbagai LPNK menjadi BRIN. Pembangunan dan penerapan fasilitas dilakukan secara bertahap agar tidak mengganggu kegiatan riset dan penelitian.

Bandung – Humas BRIN. Sebanyak 27 peserta didik Program Pendidikan Dokter Spesialis -1 (PPDS-1) Ilmu Kedokteran Nuklir dan Pencitraan Molekuler Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran – Rumah Sakit Dr. Hasan Sadikin (FK UNPAD-RSHS) Bandung melakukan kunjungan ke Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Kawasan Nuklir Bandung (KNB) (12/05). Fasilitas yang dikunjungi antara lain Reaktor TRIGA 2000 Bandung, Laboratorium Analisis Aktivasi Neutron, Laboratorium Isotop dan Senyawa Bertanda, dan Laboratorium Hewan.

Rudi Gunawan, Pelaksana Kegiatan Riset Teknologi Radioisotop, Radiofarmaka dan Biodosimetri, dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas kehadiran Kedokteran Nuklir Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran – Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung. “Selamat datang di BRIN KNB. Terima kasih atas kunjungannya, dalam rangka memperkenalkan riset yang ada di BRIN KNB.”

Bandung-Humas BRIN. Sesuai Surat Edaran Wali Kota Bandung, Nomor 045-DKPB/2022 tanggal 21 April 2022, tentang Himbauan Hari Kesiapsiagaan Bencana Tahun 2022, Kawasan Nuklir Bandung (KNB), menyelenggarakan kegiatan Simulasi Evakuasi Mandiri pada Selasa (26/04). Kegiatan ini dikoordinasikan oleh Pelaksana Fungsi Pengamanan Nuklir KNB dan dihadiri oleh Camat Coblong, Krinda Hamidipradja.

Dalam sambutannya, Krinda mengucapkan terima kasih atas partisipasi civitas BRIN KNB. “Terima kasih atas partisipasinya dari Bapak/Ibu dalam kegiatan simulasi ini. Dasar pelaksanaan kegiatan ini adanya Surat Edaran dari Wali Kota Bandung bahwa hari ini Selasa, 26 April pukul 10.00, dihimbau mengadakan simulasi kesiapsiagaan kebencanaan. Salah satu caranya dengan membunyikan sirine, kemudian keluar ruangan dan menuju titik kumpul aman terdekat.” sambutnya.

Bandung – Humas BRIN. Keselamatan Reaktor Penelitian dibutuhkan untuk menjamin kinerja suatu reaktor penelitian agar dapat beroperasi secara selamat serta mencegah kejadian yang dapat membahayakan   keselamatan. Untuk itu, Pusat Pengkajian Sistem dan Teknologi Pengawasan Instalasi dan Bahan Nuklir – Badan Pengawas Tenaga Nuklir (BAPETEN) melakukan kunjungan lapangan ke fasilitas Reaktor TRIGA 2000 Bandung dalam rangka melakukan Kajian Penilaian Keselamatan Reaktor Non Daya (RND), pada Rabu (20/04) di Ruang Rapat Platina, Gedung A, Kawasan Nuklir Bandung.

Sigit Nugroho Pamungkas, Koordinator Pelaksana Fungsi Keselamatan Kawasan Nuklir Bandung – Direktorat Pengelolaan Fasilitas Ketenaganukliran, dalam sambutannya menyambut baik atas kehadiran BAPETEN ke KNB. “Terima kasih atas kehadiran BAPETEN hari ini untuk kegiatan kajian penilaian keselamatan RND di KNB. Kegiatan ini merupakan suatu bentuk pembinaan dari BAPETEN di fasilitas nuklir kami,” sambutnya.

Bandung, Humas BRIN. Adanya wacana penerapan Co-working Space (CWS) di Kawasan Nuklir Bandung (KNB), Fungsi Pengamanan Nuklir Direktorat Pengelolaan Fasilitas Ketenaganukliran BRIN melakukan evaluasi terhadap sistem keamanan. Dengan adanya penambahan pegawai yang masuk di KNB, berpotensi menambah gangguan sistem risiko. mungkin terjadi, sehingga sistem keamanan yang ada harus diperbaharui. Untuk itu, Pelaksana Fungsi Pengamanan Nuklir, Direktorat Pengelolaan Fasilitas Ketenaganukliran (DPFK) melakukan koordinasi dan performance testing dengan Pelaksana Fungsi Pengamanan Nuklir KNB pada 12 – 14 April 2022.