Menpan
Menpan PRSG
PZI Zona Integritas
Bebas Korupsi
Maklumat PRSG
Teras Reaktor

Maklumat Pelayanan PRSG

IKM 2020 : 3,57

IKM / April 2021 : 3,59

IPAK 2020 : 13,68

IPAK / April 2021 : 13,50

--------------------------------------------------------------

IKM : Indeks Kepuasan Masyarakat

IPAK: Indeks Presepsi Anti Korupsi

RSG

Reaktor Serba Guna G.A. Siwabessy

Reaktor riset terbesar di Asia Tenggara ini merupakan salah satu kekayaan milik Indonesia yang memiliki peranan penting dalam memastikan ketersediaan readioisotop dan radiofarmaka di dunia khususnya Indonesia. Salah satu pemanfaatan lain yang dapat dihasilkan oleh reaktor ini adalah untuk pewarnaan batu topaz yang biasa dimanfaatkan untuk batu permata, warna andalan yang dihasilkan umumnya adalah swiss blue dan london blue.

RKU

Ruang Kendali Utama PRSG

RKU merupakan tempat untuk mengendalikan pengoperasian reaktor dan sistem pendukung reaktor lainnya. Didalam ruangan ini hasrus selalu dijaga oleh operator dan atau supervisor selama 24 / 7 hari, hal ini dilakukan untuk menjaga keselamatan dari sistem reaktor maupun sistem pendukung reaktor. Keselamatan reaktor sangatlah diutamakan bagi kami baik dalam keadaan reaktor sedang beroperasi maupun sedang shutdown. Safety adalah komitmen yang menjadi pondasi kinerja kami, sehingga dapat meyakinkan keselamatan lingkungan tetap bersih dari pencemaran udara, air, dll

Detector

Detektor Paparan Radiasi yang terpasang di dinding reaktor bagian dalam

(Serpong, 5/10) Kunjungan Kerja Lapangan (KKL) merupakan salah satu jenis layanan Reaktor Serba Guna GA Siwabessy (RSG-GAS). Meskipun kini Reaktor RSG-GAS berada di Departemen Pengeloaan Fasilitas Ketenaganukliran (DPFK) Badan Riset dan Inovasi Nasinal (BRIN), namun operasional pelayanan kepada masyarakat tetap dilakukan seperti baiasanya. Seperti pada hari  Senin 4 Oktober 2021 RSG-GAS kembali menerima mahasiwa KKL dari Teknik Kimia Institusi Pertanian Bogor (IPB). Selama situasi pandemi covid-19, RSG-GAS belum dapat menerima kunjungan edukasi secara fisik, sehingga  kunjungan kemarin dilakukan secara virtual online.

 Kunjungan diikuti sebanyak 65 peserta yang terdiri dari mahasiwa teknik kima IPB, dosen Teknik Kimia IPB dan staf ahli dari RSG-GAS.  Acara dimulai pukul 9 hingga setengan 12, dimulai dari pembukaan oleh Muhammad Subekti  selaku Plt DPFK. " Selamat datang selamat bergabung dengan kami, besar harapan kami kalian dapat bergabung dan berkontribusi dengan BRIN", Sambutan Muhammad Subekti.

Tanpa mengurangi esensi dari kunjungan maka para pemateri telah menyiapkan beberapa video tayangan yang disuguhkan kepada para Mahasiswa sesuai dengan keadaan nyata di lapangan. Diskusi berlangsung menarik dengan beberapa pertanyaan dari peserta terkait proses kimia air di reaktor, limbah bahan nuklir dan banyak sistem proses lainnya di reaktor. Hingga sampai di penghujung acara, peserta merasa kegiatan ini sangat bermanfaat bagi Mahasiwa mengenal dunia kerja. "Kujungan ke RSG-GAS sangat bermanfaat bagi saya dan teman-teman. Saya mendapatkan beberapa info yang sebelumnya saya tidak ketahui. Penjelasan materi sangat baik dan jelas. Meskipun secara virtual saya merasa seperti kunjungan langsung ketempat kerja," tutup Hilda Hilalatun Fajri Mahasiswa Teknik Kimia IPB. (Fami)







Visitor Counter

Flag Counter