Putra-putri Indonesia Mampu Mengoperasikan PLTN

Putra-putri Indonesia Mampu Mengoperasikan PLTN

Sebenarnya Indonesia sudah mengoperasikan tiga unit reaktor nuklir untuk keperluan penelitian serta beberapa fasilitas nuklir yang meliputi fabrikasi elemen bakar.

Ratusan Generasi Muda Nuklir 7 Negara Ikuti NYS 2014

Ratusan Generasi Muda Nuklir 7 Negara Ikuti NYS 2014

Jakarta (22/11/14); Sebanyak 142 generasi muda nuklir yang berasal dari 7 negara mengikuti Nuclear Youth Summit (NYS) 2014. 24 peserta berasal dari Australia, Vietnam, Thailand, Philipina, Malaysia dan Bangladesh, sementara 118 peserta

Temui JK, Utusan Rusia Ingin Bangun Pembangkit Listrik Nuklir di Batam

Temui JK, Utusan Rusia Ingin Bangun Pembangkit Listrik Nuklir di Batam

Jakarta -Hari ini, Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) bertemu dengan Ketua Dewan Federasi Majelis Federal Federasi Rusia Valentina Matviyenko. Sejumlah rencana kerjasama ekonomi dibicarakan

Teknik Serangga Mandul Pada Nyamuk

Teknik Serangga Mandul Pada Nyamuk

Teknik Serangga Mandul (TSM) merupakan suatu cara pengendalian vektor yang ramah lingkungan, efektif, dan potensial.

(Semarang, 8 April 2019) Bekerja sama dengan Dinas Perindustrian Dan Perdagangan (Disperindag) Propinsi Jawa Tengah, Pusat Diseminasi dan Kemitraan (PDK) BATAN guna menjaring mitra pengusaha industri menengah dan kecil untuk memanfaatkan Irradiator Gamma Merah Putih (IGMP). Bertempat di Kantor Disperindag Jateng Jalan Pahlawan Semarang, kegiatan ini merupakan lanjutan penjaringan dari tahun sebelumnya, diawali dengan kegiatan survey potensi pasar terhadap peminatan pengawetan dengan metodologi iradiasi. Hasil survey menunjukkan 40 pengusaha yang berminat dengan berbagai macam komoditas produk.

Selanjutnya sebagai tindak lanjut dari survey potensi pasar serta sebagai  pembuktian kepada pengusaha IKM, Disperindag melakukan pengiriman 40 sampel produk untuk dilakukan uji dosis radiasi di IGMP untuk menunjukkan iradiasi dapat membunuh microba. Pengujian dilakukan di laboratorium independen PT Sucofindo dengan hasil menunjukan iradiasi menghambat pertumbuhan microba. Dari kegiatan tersebut pengusaha yang berminat semakin bertambah, karena tersebar di beberapa wilayah maka pembinaan melalui Disperindag masing-masing kabupaten/kota. 

(Jakarta, 05/03/19). Sebanyak 82 siswa-siswi SMA IT AN Nawawi Al Bantani Kabupaten Bogor berkunjung ke Gedung Perasten, Kawasan Nuklir Pasar Jumat, Badan Tenaga Nuklir Nasional, Jakarta, pada hari Selasa, 5 Maret 2019. Kunjungan ini dihadiri oleh rombongan yang terdiri dari siswa, guru pendamping dan ketua rombongan.

Abdul Aziz, Ketua rombongan SMA IT AN Nawawi Al Bantani, menyatakan bahwa kunjungan para siswa kelas 10 ini dimaksudkan agar mereka dapat belajar secara langsung mengenai nuklir dan pemanfaatannya, sekaligus untuk lebih mendalami materi yang telah diberikan oleh guru di sekolah. Pada pertemuan yang berlangsung siang hari tersebut, diberikan penjelasan mengenai pengertian nuklir dan radiasi, radiasi yang ada di sekitar kita, jenis radiasi dan sifatnya, aplikasi teknik nuklir serta pro dan kontra PLTN. Selama pemberian materi, pertanyaan yang dilontarkan oleh beberapa siswa cukup beragam seperti bagaimana bentuk nuklir, bentuk uranium seperti apa, dan limbah nuklir itu disimpan dimana.

Antusiasme siswa dan guru terlihat cukup tinggi, karena selain pemberian materi, Petugas Layanan Informasi BATAN juga menghadirkan games ranking satu yang dikemas secara menarik dan berhadiah. Dengan adanya kegiatan kunjungan seperti ini, Kepala Sub Bidang Edukasi Publik, PDK – BATAN, Adipurwa Muslich, berharap siswa dan guru dapat memahami manfaat teknologi nuklir untuk masyarakat dan cara mengatasi risikonya. (astu)        

(Riau, 2 Maret 2019) Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) kembali melakukan kegiatan Sosialisasi Hasil Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Bidang Pertanian. Berlangsung Sabtu (2/3), bertempat di Lapangan Kantor Desa Gading Permai, Kabupaten Kampar, Riau. Kegiatan ini merupakan kegiatan kerja sama BATAN dengan Komisi VII DPR RI. Kegiatan ini dihadiri oleh lebih dari 300 orang masyarakat Kampar, hadir pula Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Muhammad Nasir, Kepala Biro Perencanaan BATAN Ferly Hermana; Lurah Desa Gading Permai, Ali Murin. Kegiatan ini bertujuan agar masyarakat desa khususnya daerah pedalaman dapat mengetahui teknologi-teknologi terbaru terkait dalam bidang pertanian yang telah dikembangkan BATAN. Desa Gading Permai ini juga menjadi desa pertama di Kampar yang masuk dalam wilayah Sosialisasi Hasil Litbang BATAN.

(Batang, 2/3/2019) Untuk pertama kalinya masyarakat kabupaten Batang mendapatkan sosialisasi tentang teknologi nuklir. Kegiatan ini diikuti oleh 200 orang peserta dan bertempat di Desa Gondang Kecamatan Subah Kabupaten Batang.

Kegiatan yang diprakarsai oleh Pusat Diseminasi dan Kemitraan BATAN bersama Komisi VII DPR-RI ini membawa misi untuk mengenalkan teknologi nuklir dan pemanfaatannya kepada masyarakat di kabupaten Batang. Sesuai dengan pernyataan Deputi Bidang Pendayagunaan Teknologi Nuklir, Hendig Winarno, “Sudah menjadi tugas kami untuk mensosialisasikan nuklir kepada masyarakat agar tidak ada lagi kesalahpahaman di masyarakat”, jelas Hendig dalam sambutannya.

(Malang Raya, 28-2-2019) Pengenalan Hasil Litbang BATAN berlangsung di Balai Desa Gunungrejo, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Mengapa pengenalan di desa menurut anggota Komisi VII DPR–RI Ridwan Hisjam dimaksudkan agar masyarakat desa khususnya petani mengenal apa itu nuklir, BATAN dan hasil-hasil litbangnya sampai ke masyarakat yang paling bawah. Pengenalan hasil litbang BATAN berlangsung pada Rabu, 27 Februari 2019. Lebih lanjut ia mengatakan bahwa sebagai legislator mewakili masyarakat dari daerah Malang Raya menginginkan bahwa teknologi nuklir yang sudah dilakukan oleh BATAN dapat diterapkan dan dikembangkan pemanfaatnya oleh masyarakat. Selain itu sebagai mitra kerja BATAN yang menjalankan fungsi pengawasan pihak eksekutif  adalah untuk memastikan bahwa kegiatan maupun anggaran digunakan sesuai dengan yang direncanakan.