Raker

Rapat Kerja BATAN merupakan agenda tahunan yang sangat penting.

Raker 2017

Rapat Kerja Merupakan Agenda Tahunan yang Sangat Penting

Slide item 3

Biro Perencanaan melakukan kegiatan Sosialisasi Laporan Kinerja Sestama/Deputi guna menghasilkan Lakin yang Berkualitas

RPP BNBP BATAN 2021

Jakarta (Rabu, 21 Juli 2021), Dalam rangka menjaga akuntabilitas dan transparansi setiap produk hukum/regulasi yang berkaitan dengan hajat hidup masyarakat luas, BATAN menyelenggarakan Uji Publik RPP tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang berlaku pada BATAN secara daring dengan melibatkan Kementerian Keuangan, Kementerian Sekretariat Negara, Kementerian Hukum dan HAM, Kementerian Koordinator Perekonomian serta mitra/pelanggan industri selaku stakeholder.

Kepala BATAN, Anhar Antariksawan membuka acara yang dihadiri oleh 160 peserta tersebut mengatakan, BATAN terus memberikan kontribusi dalam pembangunan bangsa melalui hilirisasi hasil Litbang dan pemanfaatan iptek nuklir yang merupakan bagian dari pelayanan publik yang layanannya dikenakan tarif yang tertuang dalam PP No. 8 tahun 2019 artinya sudah berlaku selama hampir 3 tahun sehingga diperlukan penyesuaian peraturan yang akan dituangkan di dalam RPP agar sesuai dengan tuntutan masyarakat dan koridor peraturan yang berlaku.

Pada kesempatan yang sama Kepala BATAN juga menyampaikan, Rancangan Peraturan Pemerintah ini sudah cukup lama dibahas oleh berbagai pihak terutama oleh PAK (Panitia Antar Kementerian) selama 11 kali pertemuan dan BATAN merupakan K/L pertama yang melakukan pemisahan tarif PNBP volatil dan non volatil.

Dalam penyusunan RPP tentang jenis dan tarif atas jenis PNBP ini dilakukan penyederhaan/simplifikasi tarif PNBP BATAN yakni tarif non volatil yang dituangkan dalam RPP sebelumnya berjumlah 649 tarif menjadi 360 tarif, dan tarif volatil yang dituangkan dalam RPMK berjumlah 84 tarif sehingga total tarif yang berlaku BATAN berjumlah 444 tarif.

Terakhir Ferly Hermana selaku Kepala Biro Perencanaan menyampaikan apresiasi yang sangat tinggi kami berikan kepada tim PAK K/L beserta jajarannya, Narasumber dan juga kepada semua yang hadir dalam rapat ini, khusus para pelanggan yang telah memberikan masukan konstruktif dalam uji publik sehingga dapat melengkapi RPP ini.