Slide item 2

Pertemuan Tingkat Menteri ke-13 FNCA (13th Ministerial Level Meeting) diselenggarakan di Hotel LeMeredien Jakarta, Indonesia pada tanggal 24 November 2012

Slide item 4

BATAN telah mendapatkan puluhan hak PATEN sebagai pengakuan Hak Atas Kekayaan Intelektual (HaKI) dalam berbagai karya dan inovasi para penelitinya

Slide item 5

Dirjen IAEA, Yukiya Amano mengunjungi fasilitas laboratorium Non Destructive Investigation (NDI) PAIR - BATAN

Slide item 5

Penyimpangan? Awasi, Amati, Laporkan

Jangan tunda, Lapor jika anda mengetahui Korupsi, Gratifikasi, Fraud dan Pelanggaran Kode Etik. Laporkan ke inspektorat@batan.go.id

Slide item 6

Dengan kerja nyata, bangsa Indonesia bisa menjadi bangsa maju, menjadi bangsa yang berdaulat, mandiri dan berbudaya

(Jakarta, 5/11/2014). Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara – Reformasi Birokrasi (PAN-RB) siap menggelar kompetisi inovasi layanan publik tahun 2015 dengan menyosialisasikan Peraturan Menteri PAN-RB Nomor 13 Tahun 2014 tentang Pedoman Inovasi Pelayanan Publik dan Surat Edaran Menpan-RB Nomor 09 Tahun 2014 tentang Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2015.

Kegiatan yang diselenggarakan di kantor Kementerian PAN-RB, Jl. Jenderal Sudirman Kav. 69, Jakarta pada tanggal 5 November 2014 dihadiri oleh perwakilan dari seluruh kementerian dan lembaga dan pemerintah daerah provinsi DKI Jakarta.

Saat ini paradigma pelayanan publik sering mendapat sorotan kurang baik dari masyarakat karena kurang maksimalnya layanan yang diberikan instansi pemerintah kepada masyarakat. Harapan masyarakat terhadap layanan publik kian hari kian meningkat, mengharuskan semua instansi selalu meningkatkan kualitas layanan publiknya kepada masyarakat. Oleh karena itulah Kementerian PAN-RB bekerja sama dengan beberapa lembaga terkait akan menggelar Kompetisi Inovasi Layanan Publik 2015.

Dalam pidato pembukaannya, Yudi Chrisnandi Menteri PAN-RB mengatakan  Semakin banyak inovasi layanan publik yang diikutsertakan oleh instansi pemerintah, menunjukkan kinerja layanan publik di negeri ini juga semakin baik.

“Pada tahun 2013 kompetisi inovasi pelayanan publik diikuti oleh 515 judul inovasi, diharapkan di tahun 2015 jumlah itu semakin meningkat”, jelasnya.

Dijelaskan juga bahwa pendaftaran inovasi layanan publik tahun 2015 dilaksanakan secara online melalui situs http://sinovik.menpan.go.id mulai bulan Desember 2014.

“Dengan melihat contoh, meniru, dan memodifikasi dengan melakukan kreasi-kreasi terhadap inovasi yang telah ada akan lebih hemat dan mudah dilaksanakan dari pada harus memulai perbaikan dari awal atau menciptakan hal-hal yang baru”, tambahnya.

Sementara M. Imanuddin, Asdep Inovasi Sistem Informasi Pelayanan Publik dan Konsultan dalam pemaparannya menjelaskan bahwa sesuai dengan surat edaran Menpan-RP Nomor 09 Tahun 2014, inovasi pelayanan publik adalah terobosan jenis pelayanan baik  yang merupakan gagasan/ide kreatif orisinal atau modifikasi yang memberikan manfaat bagi masyarakat baik secara langsung maupun tidak. “Inovasi tidak hanya terbatas pada penemuan gagasan/ide baru namun dapat juga berupa peningkatan pada inovasi yang telah ada”, katanya.

Kompetisi inovasi pelayanan publik merupakan kegiatan seleksi, penilaian, dan pemberian penghargaan yang diberikan kepada inovasi pelayanan publik yang dilakukan oleh Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah.

Pada kesempatan yang sama Kementerian PAN-RB mencanangkan gerakan one Agency, one Innovation yang bertujuan  untuk mempercepat peningkatan kualitas pelayanan publik melalui pembangunan dan pengembangann inovasi pelayanan publik secara kompetitif di lingkungan Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah.

“Gerakan ini mewajibkan setiap kementerian/lembaga dan pemerintah daerah menciptakan minimal satu inovasi layanan publik setiap tahun” , kataImanuddin. (pur)