PSTA Kawasan Berintegritas

PSTA Kawasan Berintegritas

Dukung kami untuk melakukan langkah nyata dalam komitmen mewujudkan WBK dan WBBM, khususnya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

PSTA Kawasan Berintegritas

PSTA Kawasan Berintegritas

Dukung kami untuk melakukan langkah nyata dalam komitmen mewujudkan WBK dan WBBM, khususnya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

PZI dan WBK

Pembangunan Zona Integritas di PSTA

Pembangunan Zona Integritas di PSTA Jogja untuk mewujudkan Wilayah Bebas dari Korupsi/Wilayah Birokrasi Bersih Melayani

Keamanan Nuklir PSTA

Keamanan Nuklir PSTA

Menguji kemampuan masing-masing personel dalam melaksanakan tugas agar siap menghadapi kedaruratan nuklir

Keamanan Nuklir PSTA

Keamanan Nuklir PSTA

Latihan ini diharapkan akan lahir sejumlah lesson learn yang berharga yang akan selalu bisa meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan

Keamanan Nuklir PSTA

Keamanan Nuklir PSTA

Latihan ini sangat penting dan strategis karena melibatkan sejumlah instansi terkait yang paling bertanggungjawab sekiranya terjadi kedaruratan nuklir

Keamanan Nuklir PSTA

Keamanan Nuklir PSTA

Meningkatkan kemampuan taktis semua komponen penanggulangan bencana di DI Yogyakarta dalam menjalankan operasi kedaruratan

Reaktor riset Kartini Yogyakarta

Reaktor riset Kartini Yogyakarta

Reaktor riset Kartini Yogyakarta adalah reaktor nuklir kedua milik Indonesia

Reaktor riset Kartini Yogyakarta

Reaktor riset Kartini Yogyakarta

Selain untuk tugas akhir di perguruan tinggi, reaktor Kartini juga bisa dikunjungi oleh masyarakat.

Mineral strategis

Mineral strategis

Mineral strategis milik Indonesia yang bernilai ekonomi tinggi

Mineral strategis

Mineral strategis

Logam tanah jarang mempunyai fungsi vital dalam industri teknologi tinggi, mulai dari memori komputer, hybrid car, magnet, sampai cat anti radar.

Mineral strategis

Mineral strategis

Logam strategis yang memiliki potensi menjadi unggulan masa depan Indonesia

Mineral strategis

Mineral strategis

Logam tanah jarang, Zirkon, Titanium merupakan unsur logam strategik untuk aplikasi teknologi maju dan teknologi nuklir

Slide item 11

Pemisahan Uranium dan Thorium dari monasit bisa dilakukan di PSTA

Keamanan Nuklir PSTA

Keamanan Nuklir PSTA

Dekontaminasi oleh petugas proteksi radiasi untuk memastikan keadaan sudah benar-benar aman

(Jakarta, 29/06/2021) Aplikasi Internet Reactor Laboratory (API RELA MEMBARA) menjadi salah satu inovasi karya Pusat Sains dan Teknologi Akselerator (PSTA) Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) masuk dalam TOP99 pada Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB). Capaian yang sama pernah diraih oleh API RELA MEMBARA pada tahun sebelumnya, dan kini diikutsertakan kembali dengan harapan masuk ke dalam TOP45.

Inovasi ini merupakan media pendidikan dan praktikum fisika reaktor secara daring dan realtime yang berbasis pada website, database, dan video conference. API RELA MEMBARA hadir untuk memenuhi tuntutan era industri 4.0, sekaligus sebagai sarana sosialisasi iptek nuklir kepada masyarakat melalui kunjungan virtual, serta bentuk kontribusi BATAN dalam pembangunan SDM unggul di era tatanan normal baru akibat pandemi.

Kepala BATAN, Anhar Riza Antariksawan dalam presentasinya di hadapan para juri KIPP 2021 secara daring mengatakan, inovasi ini mampu mengubah metode pembelajaran dan praktikum yang selama ini dilaksanakan secara konvensional menjadi daring tanpa mengurangi kualitas pembelajaran. “Di tengah pandemi seperti sekarang ini, di mana kita membatasi aktivitas yang bertatap muka, maka dengan inovasi ini kita dapat melakukannya tanpa harus bertemu secara fisik,” ujar Anhar dihadapan para juri KIPP 2021 secara daring, Selasa (29/06).

Saat ini, lanjut Anhar, di Indonesia terdapat lebih dari 90 program studi perguruan tinggi yang terkait dengan pembelajaran mata kuliah fisika inti atau fisika reaktor. Untuk dapat memberikan pengajaran dan praktikum yang baik kepada mahasiswa, perguruan tinggi harus mempunyai sarana praktikum seperti reaktor.

Melalui inovasi API RELA MEMBARA, perguruan tinggi di mana saja dapat memanfaatkan sarana praktikum fisika reaktor secara daring tanpa harus memiliki fasilitas reaktor. Hingga saat ini tercatat lebih dari 25 perguruan tinggi telah melakukan kerja sama pemanfaatan layanan API RELA MEMBARA.

Sebagai upaya peningkatan layanan kepada pengguna, PSTA BATAN mengembangkan fitur layanannya secara online mulai dari proses kerja sama, presensi, laporan praktikum, evaluasi, hingga penerbitan sertifikat. “Penambahan fitur ini untuk meningkatkan nilai tambah berupa dukungan terhadap upaya pemerintah dalam mencegah penyebaran covid-19 serta pelayanan kepada pengguna lebih efektif dan efisien,” tambahnya.

Selain untuk penelitian, Reaktor Kartini didedikasikan sebagai sarana pendidikan dan pelatihan.

Reaktor Kartini yang mulai beroperasi pada tahun 1979 merupakan satu dari tiga reaktor yang dimiliki Indonesia. Reaktor dengan kapasitas 250kW ini digunakan sebagai sarana pendidikan, pelatihan, dan penelitian.

Sebelum adanya pendemi, mahasiwa dari berbagai perguruan tinggi yang berada di Yogyakarta dan sekitarnya dapat melakukan praktikum fisika reaktor dengan datang langsung ke lokasi Reaktor Kartini. Namun cara ini tentunya memiliki berbagai keterbatasan diantaranya ruang laboratorium, tingkat keselamatan dan keamanan, jarak dan waktu, serta biaya.

“Kondisi pandemi yang mengharuskan untuk membatasi mobilitas dan menghindari kerumunan inilah yang menjadi salah satu pertimbangan untuk melakukan pengembangan inovasi ini,” tutur Anhar.

Dengan hadirnya inovasi API RELA MEMBARA maka kendala pembelajaran dan praktikum fisika reaktor dapat teratasi. Saat ini inovasi API RELA MEMBARA tidak hanya dimanfaatkan oleh perguruan tinggi di dalam negeri saja melainkan juga dari luar negeri seperti Uni Emirat Arab dan Malaysia.

Bagi perguruan tinggi yang akan praktikum dengan API RELA MEMBARA dapat melakukan registrasi terlebih dahulu melalui website http://irlkartini.batan.go.id. Melalui laman tersebut diharapkan calon peserta praktikum mendapatkan informasi secara utuh persyaratan dan mekanisme praktikum.

Melalui inovasi API RELA MEMBARA, tutur Anhar, mahasiswa dapat perubahan parameter yang terjadi di reaktor secara real time. “Infrastruktur yang disediakan oleh PSTA BATAN untuk praktikum dapat membuat mahasiswa merasakan suasana praktikum daring senyaman praktikum luring,” pungkasnya. (Pur)