PSTA Kawasan Berintegritas

PSTA Kawasan Berintegritas

Dukung kami untuk melakukan langkah nyata dalam komitmen mewujudkan WBK dan WBBM, khususnya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

PSTA Kawasan Berintegritas

PSTA Kawasan Berintegritas

Dukung kami untuk melakukan langkah nyata dalam komitmen mewujudkan WBK dan WBBM, khususnya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

PZI dan WBK

Pembangunan Zona Integritas di PSTA

Pembangunan Zona Integritas di PSTA Jogja untuk mewujudkan Wilayah Bebas dari Korupsi/Wilayah Birokrasi Bersih Melayani

Keamanan Nuklir PSTA

Keamanan Nuklir PSTA

Menguji kemampuan masing-masing personel dalam melaksanakan tugas agar siap menghadapi kedaruratan nuklir

Keamanan Nuklir PSTA

Keamanan Nuklir PSTA

Latihan ini diharapkan akan lahir sejumlah lesson learn yang berharga yang akan selalu bisa meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan

Keamanan Nuklir PSTA

Keamanan Nuklir PSTA

Latihan ini sangat penting dan strategis karena melibatkan sejumlah instansi terkait yang paling bertanggungjawab sekiranya terjadi kedaruratan nuklir

Keamanan Nuklir PSTA

Keamanan Nuklir PSTA

Meningkatkan kemampuan taktis semua komponen penanggulangan bencana di DI Yogyakarta dalam menjalankan operasi kedaruratan

Reaktor riset Kartini Yogyakarta

Reaktor riset Kartini Yogyakarta

Reaktor riset Kartini Yogyakarta adalah reaktor nuklir kedua milik Indonesia

Reaktor riset Kartini Yogyakarta

Reaktor riset Kartini Yogyakarta

Selain untuk tugas akhir di perguruan tinggi, reaktor Kartini juga bisa dikunjungi oleh masyarakat.

Mineral strategis

Mineral strategis

Mineral strategis milik Indonesia yang bernilai ekonomi tinggi

Mineral strategis

Mineral strategis

Logam tanah jarang mempunyai fungsi vital dalam industri teknologi tinggi, mulai dari memori komputer, hybrid car, magnet, sampai cat anti radar.

Mineral strategis

Mineral strategis

Logam strategis yang memiliki potensi menjadi unggulan masa depan Indonesia

Mineral strategis

Mineral strategis

Logam tanah jarang, Zirkon, Titanium merupakan unsur logam strategik untuk aplikasi teknologi maju dan teknologi nuklir

Slide item 11

Pemisahan Uranium dan Thorium dari monasit bisa dilakukan di PSTA

Keamanan Nuklir PSTA

Keamanan Nuklir PSTA

Dekontaminasi oleh petugas proteksi radiasi untuk memastikan keadaan sudah benar-benar aman

(Yogyakarta, 04/03/2021). Reaktor Kartini Yogyakarta tahun ini genap berusia 42 tahun. Di usia yang tidak muda lagi ini, Reaktor Kartini telah banyak menorehkan prestasi, salah satunya adalah program Internet Reactor Laboratory (IRL). Program ini menembus jarak dan waktu untuk dapat dimanfaatkan oleh pengguna di seluruh dunia.

Demikian hal itu disampaikan oleh Prof. Dr. Muhayatun Santoso, MT selaku Plt. Kepala Pusat Sains dan Teknologi Nuklir Terapan di Bandung (Rabu, 03/03/2021), saat mengikuti acara Workshop IRL yang diselenggarakan Pusat Sains dan Teknologi Akselerator (PSTA) di kantor jalan Babarsari Yogyakarta.

Deputi bidang Sains dan Aplikasi Teknologi Nuklir, Prof. Efrizon Umar dalam sambutannya secara daring mengatakan bahwa Dengan usianya yang semakin matang, diharapkan reaktor Kartini semakin bermanfaat, bukan hanya bagi BATAN tapi juga bisa dimanfaatkan oleh masyarakat ilmiah baik lembaga riset maupun perguruan tinggi yang ada di kawasan regional maupun kawasan internasional.

Kedepannya Efrizon menyarankan agar terus mengembangkan siklotron, sehingga bisa dimanfaatkan pula oleh semua pihak. “Tidak hanya dimanfaatkan oleh PSTA dan STTN yang kebetulan ada di Yogyakarta, tetapi juga dimanfaatkan oleh kalangan universitas karena siklotron ini adalah fasilitas yang langka,” lanjut Efrizon.

Efrizon juga mengingatkan agar PSTA terus melakukan evaluasi terhadap perjanjian kerja sama yang telah dilakukan.  “Saya berharap Perjanjian Kerja Sama (PKS)  yang ada itu tidak hanya sebagai seremonial, usai tandatangan terus tepuk tangan terus slesai, nanti kalau ingat lalu diperpanjang lagi,” demikian kata Efrizon. Lebih lanjut dikatakan lagi PKS itu harus ada program nyatanya, sehingga terlihat jelas pemanfaatannya.

Di waktu yang sama, Kepala BATAN Prof. Dr. Anhar R Antariksawan, menyampaikan apresiasi dan kebanggaannya terhadap prestasi yang diraih reaktor Kartini dalam usianya yang ke 42 ini. Di masa mendatang reaktor Kartini diharapkan bisa lebih banyak lagi berkontribusi terhadap pembangunan sumber daya manusia yang unggul yang merupakan salah satu prioritas pembangunan bangsa.

Workshop Internet Reactor Laboratory (IRL) bertujuan untuk mempertemukan pelanggan dan calon pelanggan IRL dengan PSTA. Selain itu, memberikan informasi kepada mitra pengguna IRL terkait pengembangan versi 2021. Dengan workshop ini diharapkan perguruan tinggi makin familiar dengan fitur-fitur IRL terbaru, sekaligus menjaring aspirasi tentang pengembangan menu praktikum berdasarkan kebutuhan pelanggan.

IRL saat ini telah digunakan secara internasional. University of Sharjah UEA dari jurusan nuclear engineering sejak Januari 2021 ini telah melaksanakan kuliah dengan IRL sampai April 2021. Universitas Teknologi Malaysia (UTM) pada 15 dan 16 Februari kemarin, telah melaksanakan ujicoba 3 menu praktikum. Selanjutnya juga telah diadakan rapat perdana antara pihak BATAN dengan Texas A&M Universitas di USA terkait rencana penggunaan IRL untuk semester Juli- Desember 2021.

Ketika ditanya bagaimana proses penilaian terhadap mahasiswa dengan IRL ini, Umar Sahiful Hidayat, M.Eng selaku Kepala Bidang Reaktor menjawab bahwa IRL tahun 2021 telah siap melaksanakan praktikum mulai dari administrasi absensi, administrasi Laporan praktikum dan Pemberian Nilai secara online jika perguruan tinggi menghendaki. “Contohnya praktikum University of Sharjah UEA proses penilaian praktikum mahasiswa dilakukan oleh Tim dari IRL Reaktor Kartini,” jelas Umar.

Ditambahkan Umar bahwa aplikasi video conference telah disempurnakan dengan perangkat hardware yang handal. “Jadi, interaksi mahasiswa dan pembimbing di Kartini bisa lebih interaktif, komunikatif serta tampilan pendukung penjelasan tertayang dengan apik,” tambah Umar.

IRL ini merupakan layanan utama Reaktor Kartini. Namun demikian untuk keperluan penelitian lain, tentu saja masih bisa digunakan. Reaktor kartini telah membuat jadwal utilisasi yang bisa diakses oleh mitra pengguna sehingga kesesuaian jadwal bisa diatur lebih dini dan efisien.

Workshop selama dua hari ini (3 dan 4 Maret 2021) diikuti oleh sekitar 115 peserta dari berbagai Perguruan Tinggi. Sebanyak  25 perguruan tinggi yang mengikuti workshop, yakni Unsyiah Aceh, Unsri Palembang, Unand Padang, Unila Lampung, Untan Pontianak, IAIN Palangkaraya, ULM Banjarmasin, Universitas Pattimura, Unud Denpasar, UnRam Mataram NTB, UNU Blitar, UGM, UNY, Unsoed, Undip, Unpad, UNS, UIN Malang, UIN Semarang, dan Upris Semarang. (biw)