hut ri ke 76
Corona-19
SDM Nuklir
SDM Nuklir BATAN
Tomo Graphy
korupsi
kedelai
Radiofarmaka
Anti Narkoba 1
Anti Narkoba 2

Serpong - Humas BRIN. Produk Radiofarmaka hasil litbang Organisasi Riset Tenaga Nuklir (ORTN) - Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menjadi salah satu produk unggulan BRIN yang ditampilkan di NTB InovTek Expo2022 pada 18 hingga 20 Maret 2022 di Mataram, Nusa Tenggara Barat. Acara yang mengusung tema "Merdeka Inovasi Membangun Untuk Negeri" ini terselenggara atas kerja sama BRIN dengan Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRINDA) NTB.

Plt. Kepala Pusat Riset Teknologi Radioisotop, Radiofarmaka dan Biodosimetri (PRTRRB) - ORTN, Tita Puspitasari menyampaikan tujuan keikutsertaan dalam acara tersebut adalah untuk mengenalkan produk Radiofarmaka hasil litbang PRTRRB - ORTN kepada masyarakat.

“Produk Radiofarmaka yang ditampilkan di NTB InovTek Expo2022 ini antara lain KIT MIBI, KIT MDP, KIT DPTA, Sm-153 EDTMP, I-131 MIBG dan KIT TB SCAN Kaef. Semua produk Radiofarmaka tersebut sudah memiliki Nomer Ijin Edar (NIE, red.) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan,” ungkap Tita.

Dijelaskan oleh Tita, Radiofarmaka adalah senyawa bertanda radioaktif dan memenuhi persyaratan farmakologis yang digunakan dalam diagnostik, terapi dan penelitian medik klinik dalam kedokteran nuklir. “Produk ini sudah dimanfaatkan oleh masyarakat melalui kerja sama ORTN dengan PT. Kimia Farma," lanjutnya.

Tita berharap melalui NTB InovTek Expo2022 ini masyarakat semakin mengenal produk litbang iptek nuklir dari ORTN - BRIN berupa Radiofarmaka yang dapat meningkatkan kemandirian bangsa, khususnya di bidang kedokteran nuklir dan dapat meningkatkan kesehatan masyarakat.

Diceritakan oleh Amal Rezka Putra, Peneliti PRTRRB - ORTN, pengunjung booth pameran produk Radiofarmaka cukup antusias mengetahui pemanfaatan teknologi nuklir di bidang kesehatan yang berupa produk Radiofarmaka. “Salah satunya produk Samarium (Sm-153 EDTMP, red.), yaitu obat terapi paliatif untuk mengurangi rasa nyeri yang dirasakan oleh pasien kanker, terutama yang kankernya telah bermetastasis ke tulang", kata Akmal.

"Dengan pemberian Samarium 153 EDTMP, rasa nyeri pasien dapat dikurangi dan dapat memperbaiki kualitas hidup para pasien kanker. Produk ini sudah digunakan di beberapa rumah sakit, salah satunya RS. Karyadi, Semarang,” tambahnya.

NTB InovTek Expo2022 diselenggarakan sebagai sarana untuk memperkenalkan dan mempromosikan hasil riset dan inovasi BRIN kepada masyarakat, pemerintah daerah, perusahaan dan industri. Event ini juga ditujukan untuk ikut memeriahkan perhelatan MotoGP Pertamina Grand Prix of Indonesia di Sirkuit Mandalika. (la,nf/ed: my)