hut ri ke 76
Corona-19
SDM Nuklir
SDM Nuklir BATAN
Tomo Graphy
korupsi
kedelai
Radiofarmaka
Anti Narkoba 1
Anti Narkoba 2

(Serpong, 06 November 2014). Dalam rangka mengantisipasi Kedaruratan Nuklir Fasilitas Reaktor Serba Guna G.A. Siwabessy (RSG-GAS). Pusat Reaktor Serba Guna (PRSG) BATAN mengadakan Latihan Kedaruratan Nuklir Fasilitas RSG-GAS dengan skenario melibatkan unsur Keselamatan dan Keamanan Instalasi Nuklir dan diselenggarakan dua hari tanggal 05 -06 November 2014, dengan diikuti oleh seluruh pegawai PRSG.

Pada latihan tersebut diskenariokan Reaktor sedang beroperasi 15 MW untuk melayani pengguna. Pada saat sedang operasi, indikator sistem JKT 03 menunjukan negatif dan pada saat yang hampir bersamaan terlihat sistem Fuel Failure Detector ( FFD ) mendeteksi adanya lepasan produk fisi dari teras reaktor.

Sesuai prosedur kesiapsiagaan Nuklir Fasilitas RSG-GAS, Supervisor segera melaporkan kejadian pada Pemegang Izin ( PI ) sebagai Ketua Peaenggulangan Kedaruratan Nuklir dan Kepala Bidang Keselamatan Kerja dan Operasi Reaktor sebagai Pengendali Operasi, PI memimpin penanggulangan  Kedaruratan Nuklir Fasilitas RSG-GAS dan supervisor memerintahkan kepada seluruh pegawai yang berada di gedung reaktor untuk segera keluar dari gedung reaktor berkumpul di ruang dekontaminasi lantai 0 m.

Karena Ruang Kendali Utama ( RKU ) dinyatakan tidak aman, Supervisor dan Operator membawa dokumen penting dan kelengkapan peralatan untuk pindah ke Ruang Kendali Darurat (RKD) dan pengendalian reaktor dilakukan dari RKD.

Pengendali Operasi mengaktifkan Tim tanggap darurat nuklir PRSG dan melakukan tanggap kedaruratan di Ruang Krisis/ tanggap darurat, untuk menindaklanjuti penanggulangan kedaruratan dan mitigasi hingga kondisi kembali aman.

Latihan ini untuk menindaklanjuti Perka Bapeten No 1 Tahun 2010 tentang Kesiapsiagaan Nuklir. Setelah Latihan Penanggulangan Kedaruratan dilaksanakan, evaluasi oleh tim Evaluator dan Observer dilakukan dari beberapa satuan kerja lain. Latihan Kedaruratan Nuklir diikuti oleh seluruh pegawai PRSG dengan serius.