hut ri ke 76
Corona-19
SDM Nuklir
SDM Nuklir BATAN
Tomo Graphy
korupsi
kedelai
Radiofarmaka
Anti Narkoba 1
Anti Narkoba 2

(Jakarta, 16 Desember 2014) Bertempat di auditorium gedung II BPPT, Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Prof. Drs. H. Muhammad Nasir, M.Si, Akt, Ph.D M Nasir memberikan penganugerahan Pusat Unggulan Iptek (PUI) tahun 2014. Acara tersebut dihadiri pula oleh Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar, Kepala lembaga di bawah Kemristekdikti, Kepala badan penelitian dan pengembangan (litbang) serta perguruan tinggi. Pusat unggulan iptek yang dikembangkan oleh Kementrian Ristekdikti diarahkan untuk menguatkan lembaga litbang baik yang ada di perguruan tinggi, lembaga pemerintah Kementrian (LPK), lembaga pemerintah non kementrian (LPNK) serta badan usaha yang berbadan hukum agar mampu menghasilkan inovasi teknologi yang berbasis demand driven di setiap koridor ekonomi sesuai potensi ekonomi daerah dan tema strategis dalam tujuh bidang fokus pembangunan iptek.

Pada acara penganugerahan tersebut ditetapkan 5 lembaga litbang yang menjadi Pusat unggulan Iptek tahun 2014 yaitu : Pusat Unggulan Bioteknologi Perkebunan (PT. Riset Perkebunan Nusantara), Pusat Unggulan Iptek Tanaman Kacang dan Umbi (Balai Penelitian Tanaman Aneka Kacang dan Umbi–Kementerian Pertanian), Pusat Penelitian Pigmen Material Aktif (Universitas Ma Chung), Pusat Penelitian Karet (PT Riset Perkebunan Nusantara) dan Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PT. Riset Perkebunan Nusantara). Selain penganugerahan PUI dilakukan pula proses penandatanganan Master Plan oleh deputi Bidang Kelembagaan iptek, Dr. Mulyanto, M.Eng dan lembaga litbang terpilih yang akan dikembangkan sebagai pusat unggulan iptek tahun 2015.

Pusat Teknologi Radioisotop dan Radiofarmaka (PTRR) BATAN menjadi salah satu lembaga litbang yang akan dikembangkan sebagai Pusat Unggulan Radiobiomolekul. Dra. Siti Darwati M.Sc, selaku Kepala PTRR melakukan proses penandatanganan masterplan yang disaksikan langsung oleh Menristekdikti. Lembaga litbang lain yang juga akan dikembangkan sebagai pusat unggulan pada tahun 2015 adalah : Pusat penelitian surfaktan dan Bioenergi (Institut Pertanian Bogor), Pusat Penelitian The dan Kina (PT. Riset Perkebunan Nusantara), Balai Besar Penelitian Veteriner (Kementrian Pertanian), Balai Besar Penelitian Tanaman Padi (Kementrian Pertanian), Pusat Penelitian Perkebunan Gula Indonesia (PT. Riset Perkebunan Nusantara), Unit Pelaksana Teknis Balai Pengkajian dan Penelitian Hidrodinamika (BPPT), Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Pascapanen Pertanian (Kementrian Pertanian) dan Pusat Studi Satwa Primata (Institut Pertanian Bogor). Acara penganugerahan ini juga dimeriahkan dengan pameran produk teknologi oleh 27 lembaga litbang yang berlangsung selama 2 hari (16-17 Desember 2014) di lobi Gedung II BPPT. R. Dini