hut ri ke 76
Corona-19
SDM Nuklir
SDM Nuklir BATAN
Tomo Graphy
korupsi
kedelai
Radiofarmaka
Anti Narkoba 1
Anti Narkoba 2

(Yogyakarta, 30/10/2014). Pusat Sains dan Teknologi Akselerator (PSTA) BATAN Yogyakarta mengadakan acara Sosialisasi dan Pelatihan SAR pada hari Rabu tanggal 29 Oktober 2014, dengan nara sumber dari BASARNAS Kantor SAR Kelas B Daerah Istimewa Yogyakarta. Peserta 35 orang terdiiri dari : Satgas SAR, Damkar, Bantuan Medis, Proteksi Radiasi, Bantuan Listrik dan Air, Pengamanan, Mapala WALANG STTN dan Pejabat Eselon III dan IV di Kawasan Nuklir Yogyakarta.

Acara  dibuka secara resmi oleh Ir. Moch. Setyadji, MT selaku Plh. Kepala PSTA, dan diteruskan dengan penyampaian laporan kegiatan oleh Dra. Elisabeth Supriyatni, M.Sc bertindak sebagai ketua P2KN. 

Kegiatan yang diketuai oleh  Atok Suhartanto, SST sebagai panitia pelaksana Ketua Satgas SAR PSTA, berlangsung mulai pukul 08.00 s/d 16.00 wib dan diisi dengan dua jenis materi yaitu teori dan praktek SAR. 

Materi berupa teori SAR disampaikan oleh Sdr. Waluyo Raharjo ketua BASARNAS Kantor SAR Kelas B Daerah Istimewa Yogyakarta.  Sedangkan praktek SAR  dipandu oleh Sdr. Asbani  Kasub Operasi dan dibantu oleh 5 orang staf rescuerBASARNAS dengan skenario menurunkan korban yang cedera dan tidak dapat berjalan dari lantai III gedung 04 Reaktor Kartini dibawa ke lantai I,  menggunakan basket, tali temali dan peralatan keselamatan. 

Kegiatan ini mendapat antusias dari para peserta, terlihat dari pesrta baik pada sesi diskusi maupun praktik. Setelah mengikuti kegiatan tersebut diharapkan para peserta mendapat wawasan tentang alur alur penanganan kedaruratan yang terjadi di PSTA. (Aris Bastianudin, PSTA)