sucofindo
SDM Nuklir
HUT RI
SDM Nuklir BATAN
Tomo Graphy
peresmian gedung radiosiotop
korupsi
kedelai
Radiofarmaka

Terapi kanker payudara dan prostat menggunakan sumber radiasi laju dosis rendah. Seed I-125 sebagai sumber radiasi ditanamkan (implantasi) ke dalam jaringan kanker. Sumber radiasi ini berukuran kecil, panjangnya hanya 10 milimeter dengan diameter 1 milimeter. Penanganan kanker dengan seed I-125 tidak memerlukan rawat inap serta berdampak kecil terhadap sel-sel tubuh di sekitarnya.

Tahun 2011 lalu, BATAN telah berhasil mengembangkan teknologi produksi dan kendali kualitas seed I-125. Kemudian pada tahun 2012, kegiatan difusi teknologi seed I-125 bertujuan untuk menyebarkan teknologi ini kepada mitra pengguna, badan regulasi, dan mitra industri. Mitra industri telah dilibatkan dalam kegiatan sertifikasi yang terkait sisi kualitas serta registrasi yang terkait sisi legalitas. Sertifikasi produk secara internal diajukan ke Pusat Standardisasi Jaminan Mutu Nuklir BATAN, sedangkan registrasi produk diajukan ke Kementerian Kesehatan untuk mendapatkan ijin edar.

Dengan aplikasi teknologi nuklir, telah dikembangkan sejumlah peralatan medis dan produk kesehatan untuk menangani berbagai penyakit.

"BATAN memiliki sejumlah peralatan riset kesehatan terkemuka untuk penelitian aneka penyakit."

Aplikasi teknik Nuklir dalam kehidupan manusia banyak ragamnya.salah satunya di bidang kesehatan dan obat-obatan BATAN dengan lembaga-lembaga litbangyasa di dalamnya telah banyak melakukan penelitian dan pengembangan aplikasi teknik nuklir untuk kesehatan di indonesia.