RDE atau Reaktor Daya Eksperimental
Pilihan Teknologi RDE
Roadmap Pembangunan RDE
Lokasi RDE
RDE

(Jakarta, 11/10/2018) Kepala Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN), Djarot Sulistio Wisnubroto mempresentasikan status terkini program pembangunan Reaktor Daya Eksperimen (RDE) pada konferensi internasional yang dihadiri negara-negara yang tergabung dalam komunitas High Temperatur Reactor (HTR) di Warsawa, Polandia, (08/10). Konferensi internasional yang berlangsung antara 8 – 10 Oktober 2018 ini dihadiri oleh 200 peserta yang merupakan wakil dari 19 negara yang tergabung dalam komunitas HTR.

Pada presentasinya, Djarot menyampaikan perkembangan penelitian tentang High Temperature Gas Coolled Reactor (HTGR). HTGR merupakan teknologi reaktor daya yang merupakan generasi keempat yang mengedepankan keselamatan tingkat tinggi.

(Jakarta, 18/09/2018) Indonesia melalui Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) berperan aktif dalam memperkuat upaya kolaborasi di komunitas negara-negara pengembang High Temperature Reactor (HTR). Peran ini oleh BATAN diwujudkan dengan menyampaikan status terkini pembangunan Reaktor Daya Eksperimental (RDE) di Indonesia pada salah satu side event yang merupakan rangkaian kegiatan Sidang Umum – General Conference (GC), International Atomic Energy Agency (IAEA) ke-62 di Vienna, Austria, Selasa (18/09).

Wakil Dubes Indonesia untuk Austria, Witjaksono Adji dalam sambutan pembukaannya menyampaikan, maksud dan tujuan digelarnya side event. “Acara ini diselenggarakan merupakan bagian dari misi kami untuk memromosikan  dan mendiskusikan tentang isu-isu di bidang iptek nuklir dan pemanfaatannya,” kata Witjaksono.

(Jakarta, 30/08/2018) Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) menggandeng Tsinghua University, China untuk melakukan kerja sama di bidang peningkatan kapasitas sumber daya manusia. Kerja sama ini diwujudkan dalam penandatanganan naskah kerja sama antara Institute of Nuclear and New Energy Technologi (INET), Tsinghua University dan Pusat Teknologi Keselamatan Reaktor Nuklir (PTKRN), BATAN yang dilakukan di Beijing, China, Rabu (29/08).

Kerja sama ini merupakan kelanjutan dari kerja sama penelitian yang dilakukan antara pihak China dan Kemenristekdikti. Salah satu kegiatan dalam kerja sama tersebut adalah, kedua belah pihak sepakat melaksanakan program joint lab High Temperature Gas Cooled Reactor (HTGR).

(Jakarta, 17/08/2018). Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) memiliki banyak unit kerja teknis. Kepala BATAN, Djarot Sulistio Wisnubroto selalu menekankan pentingnya BATAN Incorporated, antar unit kerja teknis saling berkinjerja satu sama lain. Wujud BATAN Incoroporated  antara lain, para insinyur Reaktor Daya Eksperimental (RDE) yang dikoordinasikan oleh Pusat Teknologi dan Keselamatan Reaktor Nuklir (PTKRN), telah menghasilkan basic engineering design (BED), dan dengan biaya program flagship Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi saat ini menuju detail engineering design (DED).

(Serpong, 08/03/2018). Rencana pembangunan Reaktor Daya Eksperimental (RDE) yang digagas sejak tahun 2014, kini memasuki babak baru. Setelah tahun 2017 menyelesaikan Basic Engineering Design (BED), kini Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) mulai menyusun Desain Rinci atau Detail Engineering Design (DED). Pada tahun 2018, BATAN mulai menyusun DED dengan melibatkan sebuah konsorsium yang terdiri dari beberapa institusi perguruan tinggi, antara lain UGM, UI, ITB, perguruan tinggi swasta di sekitar Puspiptek, dan industri manufaktur.

“Desain rinci artinya desain yang sudah mendekati konstruksi, dan tujuan akhirnya kita bisa menentukan berapa biaya pembangunan RDE,” ujar Ketua Program Flagship RDE, Geni Rina Sunaryo pada Forum Group Discussion (FGD) RDE, yang digelar di Hotel Mercure, Alam Sutera, Serpong, Kamis (08/03).