pemgumunan seleksi administratif cpns sudah dapat dilihat pada cpns.batan.go.id atau info lengkap klik di sini!   |   Seminar Nasional Geologi Nuklir dan Sumber Daya Tambang Tahun 2014, Jakarta 12 November 2014, info lengkap klik di sini Template download!   |   Pertemuan dan Presentasi Ilmiah Fungsional Pengembangan Teknologi Nuklir IX, Jakarta 5 November 2014, info lengkap klik di sini!
INFO BATAN
Seminar Nasional Pengembangan Energi Nuklir (SENPEN) VI Tahun 2013

Jakarta (11/06/2013) "Kita ketahui bahwasannya PLTN di seluruh dunia itu kurang lebih ada 643, sebagian besar di negara-negara Asia. Kapan Indonesia akan membangun PLTN? BATAN sudah berdiri hampir 55 tahun, kita belum melihat ada PLTN, apakah memang nuklir itu tidak dibutuhkan Indonesia?". Demikian kalimat yang disampaikan oleh Kepala BATAN Prof. Dr. Djarot S. Wisnubroto, saat membuka acara SENPEN VI Tahun 2013, dengan tema "Peran PLTN untuk Meningkatkan Kemampuan Teknologi dan Mendukung Pertumbuhan Ekonomi Nasional" di Universitas Pancasila (UP), Jl. Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Selasa 11/06/2013.

"Teman-teman di BATAN mau berbesar hati, dan belajar dari teman-teman di UP yang menjadi ahli ekonomi atau ahli politik, bagaimana kita menghadapi tantangan ke depan, bagaimana kita bisa menyatakan bahwa PLTN itu aman dan dibutuhkan, dan tidak bisa kita hindari di masa depan. Itulah keterbatasan BATAN, kalau kami berbicara PLTN terlalu teknis, mungkin rekan-rekan yang ahli kehumasan, dapat berbicara di depan masyarakat, itu justru dibutuhkan. Kita membutuhkan pihak pemangku kepentingan, termasuk UP, bagaimana ikut mensosialisasikan apa itu nuklir, apa itu PLTN", ujar Djarot.

Tentu saja BATAN dalam kegiatannya, tidak hanya melulu pada energi nuklir atau PLTN saja, "kita juga menggunakan cara bagaimana mensosialisasikan apa itu iptek nuklir, untuk pertanian, kesehatan, industri, itu salah satu strategi kita untuk mengenalkan kepada masyarakat, bahwa nuklir itu tidak berbahaya selama itu kita pakai dengan baik", lanjut Djarot.

Acara yang diikuti oleh 175 peserta dari perguruan tinggi dan instansi pemerintah, menghadirkan pembicara yaitu Ir. Alihuddin Sitompul MM, Direktur Aneka Energi Baru dan Energi Terbarukan, Kementerian ESDM menyajikan "Implementasi Kebijakan Energi Baru dan Terbarukan untuk Menjamin Keamanan Pasokan Masa Depan di Indonesia". Kepala BAPETEN, Dr. As Natio Lasman menyajikan "Sistem Keselamatan PLTN Pasca Fukushima", dan Prof. Dr. Ir. Wibowo Paryatmo,MSIE, dari Universtias Pancasila, menyajikan "Peranan Energi dalam Mengangkat Harkat Kehidupan Bangsa dan Kekuatan Ekonomi Negara".

bkhh  : 11-06-2013 14:03:45