Extended submitting Leaflet AIBPA 14 November 2014, klik di sini!   |   pemgumunan seleksi administratif cpns sudah dapat dilihat pada cpns.batan.go.id atau info lengkap klik di sini!   |   ATOM INDONESIA invites worldwide scientists to send their papers to the 6th annual competition, entitled ATOM INDONESIA BEST PAPER AWARD 2014 (AIBPA 2014), more click here!   |   Seminar Nasional Geologi Nuklir dan Sumber Daya Tambang Tahun 2014, Jakarta 12 November 2014, info lengkap klik di sini Template download!   |   Pertemuan dan Presentasi Ilmiah Fungsional Pengembangan Teknologi Nuklir IX, Jakarta 5 November 2014, info lengkap klik di sini!
INFO BATAN
IFAR DISCUSSION FORUM BATAN-JICC-ITB

Bandung (01/10/2012) Indonesian Forum for Advanced Reactors (IFAR) sebagai media diskusi dan tukar-menukar informasi dalam bidang litbang reaktor daya maju di Indonesia menyelenggarakan diskusi khusus terkait kecelakaan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) di Fukushima. Kegiatan ini dapat berjalan berkat adanya kerja sama antara BATAN (yang diwakili oleh PTRKN), JAIF International Cooperation Center (JICC) dan Institut Teknologi Bandung (ITB).

Kecelakaan PLTN Fukushima merupakan suatu kecelakaan PLTN unik yang cukup besar tetapi dampaknya tidak separah kecelakaan PLTN Chernobhyl di Rusia. Dalam kurun yang hampir bersamaan dalam satu lokasi komplek PLTN Fukushima Dai-ichi, Jepang terjadi empat buah kecelakaan (PLTN Fukushima No.1 – No.4). Bagaimanapun juga kecelakaan ini merupakan kejadian yang harus ditekuni untuk diambil sebagai bahan pelajaran dalam mengembangkan reaktor-reaktor maju di masa yang akan datang. 

IFAR mengundang beberapa narasumber dari JICC untuk memberikan informasi akurat dan terkini tentang kejadian-kejadian dalam kecelekaan PLTN Fukushima. Tiga dari lima narasumber yang hadir memberikan presentasi dengan judul: “Nuclear Emergency Preparedness in Japan – Lessons Learned from Fukushima Dai-Ichi NPP Accident and Future Modification of National Planning” oleh Dr. Toshio Fujishiro, “Nuclear Power Plant Accidents at TMI, Chernobhyl and Fukushima Dai-Ichi” oleh Dr. Toshio Wakabayashi, “Social Impact of Fukushima Nuclear Accident and Modification of Nuclear Power Policy in Japan” oleh Dr. Takehiko Mukaiyama. Selain narasumber dari JICC-Jepang, dari anggota IFAR juga mempresentasikan status dan hasil litbang reaktor daya maju, yaitu: “Advanced Nuclear Reactor Technology Development Program” oleh Dr. Setiyanto, M.Sc Kepala PTRKN-BATAN, “Technical Status of Advanced Reactor Development” oleh Prof.Dr. Zaki Su’ud, M.Eng dari ITB.

Forum diskusi IFAR dihadiri oleh 80 orang peserta yang sebagian besar dari kalangan akademisi yaitu dosen dan mahasiswa di lingkungan ITB dan Perguruan Tinggi lain di Bandung, serta beberapa wakil dari BATAN, acara dibuka oleh Ka.PTRKN, Dr.Setiyanto M.Sc.

bkhh  : 01-10-2012 14:03:37