Diberitahukan kepada Penyedia Barang/Jasa, Bahwa Seluruh Pengadaan Barang/Jasa dilingkungan BATAN yang dilakukan secara e-proc, dilaksanakan melalui lpse.lipi.go.id atau lpse.kemdiknas.go.id!   |    Pertemuan dan Presentasi Ilmiah Penelitian Dasar dan Ilmu Pengetahuan Teknologi Nuklir, PSTA - BATAN Yogyakarta, 10 - 11 Juni 2014, info lengkap klik di sini Template download!   |   Seminar Nasional Keselamatan, Kesehatan dan Lingkungan IX gedung Pertemuan PAIR, Jakarta, 19 Juni 2014, info lengkap klik di sini Template download!   |   Seminar Nasional Teknologi Energi Nuklir, Pontianak, 19 Juni 2014, info lengkap klik di sini Template download!
INFO BATAN
Ketentuan, Implementasi dan Pengaruhnya Terhadap Penggunaan ICT

Jakarta (15/02/2012); Pemanfaatan teknologi informasi dan transaksi elektronik dilaksanakan berdasarkan asas kepastian hukum, manfaat, kehati-hatian, iktikad baik dan kebebasan memilih teknologi atau netral. Pemanfaatan teknologi informasi dan transaksi elektronik dilaksanakan antara lain dengan tujuan mencerdaskan kehidupan bangsa, meningkatkan efektivitas dan efisiensi pelayanan publik, memberikan rasa aman, keadilan, dan kepastian hukum bagi pengguna dan penyelenggara teknologi informasi.

Berkaitan dengan beberapa hal tersebut dan dengan diberlakukannya UU No. 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) maka diselenggarakan kegiatan sosialisasi UU No. 11 Tahun 2008. Bertempat di Gedung A Lantai VI BATAN Kantor Pusat kegiatan ini dibuka oleh Sekretaris Utama BATAN Taswanda Taryo dan dihadiri oleh beberapa karyawan BATAN dari beberapa pusat, inspektorat dan BSDM, BP, BU, BKHH, PRSG, PTRKN, PPEN dan PDIN. Turut hadir sebagai narasumber adalah Gatot S. Dewa Broto (Kepala Pusat Informasi dan Humas Kementerian Komunikasi dan Informasi) serta Agus Riswanto SH. MH (Koordinator pada Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Umum Lainnya).
Sebagai moderator Kepala BKHH Dr. Ferhat Aziz menyampaikan bahwa saat ini publik memiliki akses yang luas untuk mencari informasi yang diinginkan. "Maka kita harus siap menhadapi tantangan di era transparansi informasi ini" tambah Ferhat. Presentasi "UU No. 11 Tahun 2008: Ketentuan, Implementasi dan Pengaruhnya Terhadap penggunaan ICT" disampaikan oleh Gatot S. Dewa Broto. Beliau menyampaikan tentang tranformasi dunia nyata menuju dunia maya, sisi positif dan negatif komunikasi lewat internet dan beberapa kasus terkait UU no. 11 Tahun 2008.
Selanjutnya presentasi yang kedua disampaikan oleh Agus Riswanto tentang Dampak Pelaksanaan UU No. 11 Tahun 2008 Bagi PNS. Beliau menyoroti sisi keamanan dan kepastian hukum dalam pemanfaatan teknologi informasi, media dan komunikasi agar berkembang secara optimal, mengingat teknologi ini berkembang terus tanpa dapat dibendung seiring ditemukannya perkembangan baru di bidang teknologi informasi, media dan komunikasi.
Acara ditutup dengan sesi diskusi. Pada kesempatan ini Gatot S. Dewa Broto memberikan arahan strategi terkait keterbukaan informasi publik, antara lain perlu adanya ruang khusus (counter) customer service, menyusun aturan teknis secara internal terkait dengan itu, sehingga mudah dan menjadi pedoman dalam pelaksanakan UU KIP.  (AG)

bkhh  : 15-02-2012 14:44:51