Peserta yang dinyatakan lulus Tes Kompetensi Dasar (TKD) dan dapat mengikuti Tes Kompetensi Bidang (TKB) Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) Tahun 2014 dapat dilihat pada cpns.batan.go.id atau info lengkap klik di sini!
INFO BATAN
Update Fukushima (Laporan ke-41)

Update yang diterima dari IEC - IAEA (status per 27 Oktober 2011) terkait perkembangan penanganan kecelakaan PLTN Fukushima sebagai berikut:


  1. Dilaporkan bahwa temperatur dalam bejanan reaktor (RPV) unit 1 -3 telah berhasil distabilkan di bawah 100 C.
  2. Konstruksi sungkup (reactor cover) reaktor unit 1 dalam tahap penyelesaian dan diperkirakan akan selesai pada akhir bulan Oktober 2011.
  3. Berbagai langkah penyelesaian fasilitas pendukung untuk menstabilkan reaktor dan kolam penyimpanan bahan bakar bekas, seperti instalasi desalinasi dan pengolahan air terkontaminasi, gas management system, dan injeksi air tawar ke bejanan reaktor terus dilanjutkan, begitu juga dengan kegiatan-kegiatan dekontaminasi serta mitigasi dan monitoring pelepasan zat radioaktif.
  4. Laju pelepasan zat radioaktif cesium (total site release rate) dari reaktor 1 - 3 telah menurun dengan sangat tajam, yaitu 1 / 8.000.000 kali dari laju dosis pada saat kecelakaan bulan Maret 2011 yang lalu.
  5.  Tidak ada laporan perkembangan keadaan pada reaktor unit 4 - 6, tetapi kondisi spent fuel pools pada ke enam unit reaktor tersebut dilaporkan stabil dengan temperatur di bawah 30 C.
  6. Seperti yang juga telah dilaporkan dalam update sebelumnya, hasil pementauan radiasi di kompleks Fukushima menunjukkan kecenderungan penurunan dan berada di bawah 100 microSv/h, sedangkan tingkat kontaminasi air laut di perairan Fukushima berada di bawah 1000 Bq/l. Hasil pemantauan external gamma dose rate di 47 prefecture menunjukkan level kontaminasi di bawah 100 microSv/h kecuali di wilayah Fukushima yang mencapai 1001 microSv/h. Juga dilaporkan hasil analisis kandungan U-234, U-235, U-338, Pu-239, Pu-240 pada marine soil samples yang diambil pada beberapa lokasi di perairan Fukushima.
  7. Pemerintah Jepang (METI) terus melakukan koordinasi dengan otoritas dan masyarakat di wilayah evakuasi terkait pemberian akses memasuki wilayah tersebut monitoring radiasi dan dekontaminasi, serta penyediaan penampungan dan lapangan kerja bagi penduduk yang terkena dampak kecelakaan. Pemerintah Jepang juga telah mengeluarkan update peta daerah evakuasi beserta kategorinya (restricted area, deliberate evacuation area, dan specific area recommended of evacuation).
  8. Pemerintah Jepang terus melakukan pemantauan keamanan bahan pangan (food monitoring) dan dilaporkan bahwa dari 5487 sample bahan pangan yang dikumpulkan dari 39 prefecture sejak 19 Agustus 2011 yang lalu, sebanyak 5369 sample (98%) dinyatakan bebas kontaminasi atau mengandung kontaminasi di bawah ambang batas yang diijinkan. Sebanyak 118 sample (dari daerah Miyagi, Tokyo, Saitama, Tochigi, Kangawa, Nagano dan Fukushima) yang terdiri dari teh, jamur, daging sapi, dan ikan dinyatakan mengandung Cs radioaktif di atas ambang batas yang diijinkan. Kementerian Kesehatan Jepang menerbitkan update informasi tentang restriksi distribusi dan konsumsi bahan pangan yang berasal dari daerah-daerah terkontaminasi tersebut.
  9. Terlampir kami sampaiakn dokumen (verified information) yang dikeluarkan oleh IAEA mengenai hal-hal tersebut di atas.
  10. Kami akan terus update perkembangan yang terjadi sesuai laporan IAEA.

Wina, Oktober 2011

ppin  : 14-11-2011 10:21:16