pemgumunan seleksi administratif cpns sudah dapat dilihat pada cpns.batan.go.id atau info lengkap klik di sini!   |   Seminar Nasional Geologi Nuklir dan Sumber Daya Tambang Tahun 2014, Jakarta 12 November 2014, info lengkap klik di sini Template download!   |   Pertemuan dan Presentasi Ilmiah Fungsional Pengembangan Teknologi Nuklir IX, Jakarta 5 November 2014, info lengkap klik di sini!
INFO BATAN
Indonesia Power Sudah Rekrut Ahli Nuklir Untuk PLTN Sejak Lama

Serpong (08/06/11); Indonesia Power sudah lama menyiapkan diri seandainya di Indonesia jadi dibangun Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN), seperti merekrut lulusan terbaik teknik nuklir dari Universitas Gajah Mada (UGM) sejak tahun 1993. Demikian disampaikan salah seorang kepala divisi Indonesia Power Budi S. saat berkunjung ke Reaktor Serba Guna GA. Siwabessy (RSG-GAS) di Kawasan Nuklir Serpong.

 

Sebanyak 60 orang yang terdiri dari enginer, supervisor, dan manager dari seluruh unit pembangkit listrik Jawa Madura dan Bali seperti Suralaya, Tanjung Jati dan PLTA Saguling yang dimiliki oleh Indonesia Power berkunjung ke RSG-GAS Rabu (08/06/2011). Kunjungan ini terkait dengan rencana pembangunan PLTN di Indonesia. Indonesia Power sendiri bisa saja menjadi pemilik PLTN karena menurut UU No.10 Tahun 1997 Tentang Ketenaganukliran disebutkan bahwa pemilik PLTN nantinya adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN), swasta atau koperasi.

Deputi Bidang Pendayagunaan Hasil Litbang dan Pemasyarakatan Iptek Nuklir (PHLPN) Taswanda Taryo saat menerima kunjungan mengungkapkan berbagai aplikasi iptek nuklir baik di bidang energi maupun non energi, termasuk hasil-hasil litbang BATAN yang sudah teruji seperti di bidang pertanian, peternakan, kesehatan dan SDAL. Terkait dengan rencana pembangunan PLTN ia mengungkapkan saat ini Indonesia sudah melalui persiapan Tahap I untuk memasuki tahap II. Taswanda juga menyinggung hasil jajak pendapat masyarakat Jawa Bali tahun 2010 yang menyatakan 59,7% menerima PLTN

Sementara itu Kepala Biro Kerjasama Hukum dan Humas (BKHH) Ferhat Aziz menjawab pertanyaan audiens, bila Indonesia jadi membangun PLTN maka hanya akan membangun PLTN yang sudah teruji dari generasi III atau III+, seperti yang diproduksi oleh Areva dan Westinghouse. “BATAN sendiri sudah menyiapkan segala sesuatu terkait dengan rencana pembangunan PLTN, ibarat balap mobil sudah isi bensin dan lain-lain tinggal menunggu bendera start dikibarkan” demikian menurutnya.

Indonesia Power sendiri adalah salah satu anak perusahaan PT PLN (Persero) yang didirikan pada tanggal 3 Oktober 1995 dengan nama PT PLN Pembangkitan Jawa Bali I. Sejak 3 Oktober 2000 berganti nama menjadi Indonesia Power sebagai penegasan atas tujuan perusahaan yang menjadi perusahaan pembangkitan tenaga listrik independen yang berorientasi bisnis murni. Indonesia Power merupakan perusahaan pembangkitan tenaga listrik terbesar di Indonesia, mengelola 127 mesin pembangkit dengan total kapasitas terpasang sekitar 8.888 MW dan memiliki delapan Unit Bisnis Pembangkitan yang tersebar di berbagai lokasi di Pulau Jawa dan Bali, serta satu Unit Bisnis Jasa Pemeliharaan. (eph/siddiq/arial)

pdin  : 08-06-2011 18:40:32



Posting Komentar Anda
2011-06-16 19:52:19


Wow! Great tkhiinng! JK