Extended submitting Leaflet AIBPA 14 November 2014, klik di sini!   |   pemgumunan seleksi administratif cpns sudah dapat dilihat pada cpns.batan.go.id atau info lengkap klik di sini!   |   ATOM INDONESIA invites worldwide scientists to send their papers to the 6th annual competition, entitled ATOM INDONESIA BEST PAPER AWARD 2014 (AIBPA 2014), more click here!   |   Seminar Nasional Geologi Nuklir dan Sumber Daya Tambang Tahun 2014, Jakarta 12 November 2014, info lengkap klik di sini Template download!   |   Pertemuan dan Presentasi Ilmiah Fungsional Pengembangan Teknologi Nuklir IX, Jakarta 5 November 2014, info lengkap klik di sini!
INFO BATAN
Kunjungan Pejabat BATAN ke PT. Lembah Hijau Multifarm

Solo (05/01/2011), PT. Lembah Hijau Multifarm (LHM) merupakan perusahaan yang menerapkan pertanian terpadu. Perusahaan ini berkantor pusat di Jl. Rajiman 200, Solo dengan 2 Research Station yang terletak di Sragen dan di Sukoharjo, serta beberapa unit produksi antara lain di Bitung - Tangerang, dan Pekanbaru. Pimpinan BATAN yang terdiri dari Sekretaris Utama (Sestama), Deputi Bidang Pendayagunaan Hasil Litbang dan Pemasyarakatan Iptek Nuklir (PHLPN), didampingi Kepala Biro Perencanaan (BP) dan Kepala Bidang Pertanian Pusat Aplikasi Teknologi Isotop dan Radiasi (PATIR) berkunjung ke Research Station II perusahaan tersebut Rabu (05/01/2011) yang beralamat lengkap Dukuh Joho Lor, Desa Triyangan, Kecamatan Mojolaban, Sukoharjo. Rombongan BATAN diterima langsung oleh pimpinan sekaligus pendiri PT LHM, Ir. Suharto, Ms. yang didampingi Dr. Ir. Supriyadi, MP. Keduanya juga sebagai dosen di Fakultas Pertanian UNS, Surakarta.

Suharto menjelaskan bahwa pendirian PT. LHM dimulai dengan dream, believe, dare, and do pada tahun 1981. Sistem pertanian terpadu yang diterapkan di Research Station II PT. LHM adalah peternakan sapi perah, budidaya ikan patin, pertanian organik, tanaman hias, tabulampot, manajemen pengolahan limbah, produk bioteknologi, dan teknologi biogas. Sedangkan pengelolaan sistem pertanian terpadu dilakukan dengan memanfaatkan sumber daya lokal, sehingga menghasilkan pertanian tanpa limbah yang berkesinambungan. Prinsip pertanian terpadu yang diterapkan yaitu pengembangan pertanian berbasis iptek dengan zero waste, zero loose dan pada akhirnya zero cost.

Beberapa hasil yang telah diperoleh selain berupa produk seperti daging, susu, ikan, juga telah dihasilkan suplemen pakan probiotik startbio, curemix, mineral super, premix, dll, mikroba composer stardec, pupuk organic green valley, agensia hayati Blue-V yang dapat digunakan untuk mengendalikan hama tanam, starbi plus merupakan mikroba penguras WC dan pemangsa limbah, dll. Semua produk teknologi yang dihasilkan PT. LHM tersebut telah dipatenkan dengan jumlah paten saat ini sebanyak 11 paten. Ada pula 7 paten yang sudah habis masa berlakunya dan sekarang sudah menjadi public domain. PT. LHM juga menyelenggarakan berbagi kursus terkait dengan pertanian terpadu.

Rencananya tahun 2011 ini di Puspiptek Serpong akan dikembangkan pula Sistem Pertanian Terpadu yang lebih dikenal dengan Biocycle Farming. Di bawah koordinasi Kementerian Ristek, BATAN ditunjuk sebagai leader untuk melaksanakan pengembangan sistem pertanian terpadu. Teknologi yang dibutuhkan untuk kegiatan ini semuanya telah ada, seperti teknologi pakan untuk ternak ruminansia dan ikan, kesehatan dan reproduksi ternak, pengolahan limbah ternak/pertanian menjadi pupuk organik, dan teknologi biogas. (sof)

pdin  : 06-01-2011 10:00:12