: : Selamat Datang di Website PRSG  : : Jadwal Operasi 2014 rev 0   : :
 
Home
Home
RSG GAS    Reaktor Nuklir Serba Guna G.A. Siwabessy (RSG-GAS) yang dibangun di Kawasan Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (PUSPIPTEK) Serpong merupakan salah satu fasilitas yang dimiliki oleh BATAN. RSG-GAS dikelola dan dioperasikan oleh Pusat Reaktor Serba Guna (PRSG). Dari struktur organisasi Badan Tenaga Nuklir Nasional, Pusat Reaktor Serba Guna berada di bawah Deputi Kepala BATAN Bidang Pengembangan Teknologi dan Energi Nuklir (PTEN). Tugas pokok PRSG sesuai dengan Perka BATAN no 14 tahun 2013 adalah mmelaksanakan perumusan dan pengendalian kebijakan teknis, pelaksanaan, dan pembinaan dan bimbingan di bidang pendayagunaan Reaktor Serba Guna G.A. Siwabessy.
 
    Reaktor Serba Guna ini merupakan suatu reaktor nuklir fluks neutron cukup tinggi, sehingga sangat sesuai sebagai sarana iradiasi untuk produksi radio isotop, pengembangan elemen bakar dan komponen reaktor, penelitian dalam bidang sains materi dan berbagai litbang lain dalam bidang industri nuklir.

    Reaktor Serba Guna didesain dan dibangun oleh Interatom GmbH dari Republik Federasi Jerman. Bangunan sipil dan prasarana fisik dikerjakan oleh kontraktor dalam negeri. Pembangunan reaktor serba guna berlangsung sekitar empat tahun, yaitu sejak tahap ekskavasi gedung pada bulan Mei 1983 sampai dengan reaktor kritis pada bulan Juli 1987.
    RSG-GAS dibangun sejak tahun 1983, setelah dicapai kritis pertama pada bulan Juli 1987, kemudian diresmikan oleh presiden RI pada tanggal 20 Agustus 1987. Akhirnya pada bulan Maret 1992 dicapai operasi reaktor pada daya penuh 30 MW.
 
© 2014 PRSG-BATAN site
Komplek Puspiptek Gedung No. 31 Serpong Tangerang Banten Indonesia 15310
Email: prsg@batan.go.id