English French German Italian Portuguese Russian Spanish

Workshop SMR

“Advanced Reactors and Small and Medium-sized Nuclear Reactors (SMRs) for Embarking Countries”; Jakarta - August 19-20,2013; BATAN & IAEA

Read more

Orasi Pengukuhan Profesor Riset

Orasi Pengukuhan Profesor Riset Dr. June Mellawati, S.Si, M.Si, Gedung Pertemuan Utama PATIR BATAN, Jakarta 13 Juni 2013

Read more

Sistem Informasi Energi Nuklir (SIEN)

SIEN merupakan pangkalan data hasil penelitian dan kegiatan PKSEN, merupakan bagian penting dari pencapaian misi PKSEN

More detail

Workshop Advanced Reactors and SMR for Embarking Countries

 

(Jakarta, 19/08/2013); SMR (Small Medium Reactor) merupakan teknologi yang dikembangkan untuk menjawab tantangan kebutuhan energi bagi negara-negara yang kapasitas jaringan listriknya belum memadai untuk PLTN skala besar. Di Indonesia studi mengenai SMR sudah dimulai sejak tahun 2001. SMR cocok diaplikasikan di luar pulau Jawa seperti Sumatera, Kalimantan, Papua dan pulau-pulau kecil yang belum memiliki kapasitas jaringan.

Untuk meningkatkan kapasitas peneliti dan perekayasa BATAN terkait perkembangan teknologi reaktor daya ukuran kecil menengah, melakukan penilian terhadap teknologi reaktor daya yang ada di pasar internasional sekaligus mendorong BATAN untuk terus menguasai teknologi nuklir melalui desain reaktor maka diselenggarakan Workshop on "Advanced Reactors and Small and Medium-sized Nuclear Reactors (SMRs) for Embarking Countries". Bertempat di Lantai VI Gedung A BATAN Kantor Pusat workshop berlangsung selama 2 hari yaitu 19-20 Agustus 2013. Selanjutnya workshop akan diselenggarakan di PLN dan BAPETEN.

Read more: Workshop Advanced Reactors and SMR for Embarking Countries

EPR, Sebuah Terobosan Pembangunan PLTN

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

(Jakarta, 18/07/2013); "Dalam RPJPN ke depan, energi dan inovasi menjadi prioritas, dan saya sepakat dengan energi nuklir. Perlu kerja sama untuk menggolkan visi itu". Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Menteri PPN/ Wakil Kepala Bappenas Dr. Ir. Lukita Dinarsyah Tuwo, MA. di ruang kerjanya saat menerima kunjungan dari Delegasi BATAN yang dipimpin oleh Kepala BATAN Prof. Dr. Djarot Sulistio Wisnubroto, didampingi Deputi PTDBR Dr. Ferhat Aziz, Kepala PPEN Ir. Yarianto MSi, Kepala BKHH Drs. Totti Tjiptosumirat M.Rur, Sci, dan Kepala BP Drs. Budi Santoso M.Eng, Kamis (18/07/13).

Read more: EPR, Sebuah Terobosan Pembangunan PLTN
  •  Start 
  •  Prev 
  •  1  2  3  4  5  6  7  8 
  •  Next 
  •  End 

Page 1 of 8

Pertumbuhan kebutuhan energi masih cukup tinggi seiring dengan kenaikan jumlah penduduk, perubahan pola hidup, tingkat kemakmuran masyarakat dan perubahan pada beberapa aspek kehidupan yang lain. Di lain sisi, penyediaan energi tidak dapat meningkat untuk mengikuti tingkat kebutuhannya.

Cadangan energi fosil yang tidak terbarukan tetap tidak bertambah, bahkan menyusut karena ekplorasi yang terus dilakukan, sedangkan pemanfaatan energi terbarukan belum banyak berkembang karena berbagai macam hal yang menjadi kendala.

Untuk itu diversifikasi energi nasional dengan penggunaan energy mix yang optimal perlu segera direalisasikan sesuai dengan kebijakan dan peraturan perundangan di bidang energi yang sudah ada saat ini maupun masa mendatang. Energi Nuklir merupakan sumber energi alternatif yang layak untuk dipertimbangkan dalam Perencanaan Energi Jangka Panjang.

 

October 2014
SunMonTueWedThuFriSat
1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031
Previous ◁ | ▷ Next
003600
TodayToday1
YesterdayYesterday11
This_WeekThis_Week17
This_MonthThis_Month151
All_DaysAll_Days3600
Free business joomla templates