Slide item 1

Logam Tanah Jarang Harta Terpendam di Bangka Belitung

Hasil evaluasi terhadap aspek calon tapak PLTN merekomendasikan bisa dibangun 6 unit di Bangka Barat dan 4 unit di Bangka Selatan .....

Selengkapnya...
Slide item 2

Diskusi Ilmiah Tentang Keterdapatan U dan Th di Daerah Mamuju Sulawesi Barat

PPGN melihat Mamuju sebagai suatu kabar yang sangat menggembirakan karena menambah daerah prospek uranium dan thorium yang layak untuk dikembangkan .....

Selengkapnya...
Slide item 3

Diskusi Tektonik dan Mineralisasi U di Kalan

Diskusi ini selain bertujuan untuk membahas beberapa isu penting terkait geologi Kalan juga dimaksudkan sebagai bagian dari proses knowledge management yang penting bagi organisasi dan bermanfaat untuk para geolog muda .....

Selengkapnya...
Slide item 4

Pengembangan dan Pemanfaatan Logam Tanah Jarang (LTJ) untuk Kemandirian Bangsa

Focus Group Discussion “Pengembangan dan Pemanfaatan Logam Tanah Jarang (LTJ) untuk Kemandirian Bangsa” Kedeputian Relevansi dan Produktivitas Iptek .....

Selengkapnya...

Hadiah Total Rp 6.000.000,00 untuk 3 Makalah Terbaik !!!

BATAS SUBMISI FULL-PAPER: 16 AGUSTUS 2019

Tema

“Pengelolaan Bahan Galian Nuklir untuk Mendukung Industri Mineral di Indonesia”

Waktu dan Tempat

Tempat: Gedung Pertemuan PAIR-BATAN, Jalan Lebak Bulus Raya No. 9, Pasar Jumat  Jakarta Selatan

Waktu: Rabu, 16 Oktober 2019

Pembicara Kunci dengan Topik Bahasan:

  • Kebijakan Daur Bahan Bakar Nuklir
  • Perkembangan terkini eksplorasi dan penambangan bahan galian nuklir
  • Regulasi penambangan logam tanah jarang
  • Ekstraksi logam tanah jarang dari bahan galian nuklir
  • Peran BUMN dalam perkembangan industri mineral Indonesia

Latar Belakang

Pertumbuhan ekonomi Indonesia sampai saat ini masih tergantung dengan sektor penjualan sumber daya alamnya dalam bentuk material mentah seperti emas, timah, batu bara dan sebagainya. Untuk menjaga amanat UUD 45 pasal 33, pemerintah berupaya membuat terobosan kebijakan yang bisa meningkatkan nilai tambah bahan galian dan bahan tambang. 

Undang Undang No. 4 Tahun 2009 tentang pertambangan mineral dan batubara mengamanatkan peningkatan nilai tambah  mineral melalui kegiatan pengolahan dan pemurnian di dalam negeri dan sejak 12 Januari 2014 pemegang IUP Operasi produksi dan pemegang kontrak karya dilarang melakukan penjualan bijih (raw material/ore) ke luar negeri. Dengan lahirnya UU ini peluang untuk menjaga pengeloaan sumber daya alam secara efektif dan efisien bisa terwujud.

Seminar ini diharapkan mampu menjadi wadah para peneliti, praktisi, dan akademisi untuk memperkenalkan hasil-hasil riset mereka, berbagi ide riset, serta menciptakan peluang kerja sama riset. Khusus dunia eksplorasi dan pertambangan, karena Indonesia kaya sumber daya alam, maka riset sangat diperlukan dalam rangka meningkatkan nilai tambah dalam hal kuantitas dan kualitas bahan galian nuklir dan bahan tambang lainnya. Diharapkan dengan adanya riset, Indonesia mampu melakukan eksplorasi, eksploitasi, dan pengolahan secara mandiri  untuk kemakmuran masyarakat.

Tujuan

  • Media pertukaran informasi hasil-hasil riset ilmiah terkini di bidang pertambangan untuk mendukung amanat UU No. 4 Tahun 2009.
  • Memfasilitasi para peneliti, praktisi dan akademisi dalam bertukar ide dan pengalaman serta menciptakan peluang kerja sama riset.

 Ruang Lingkup

  • Ilmu kebumian: geosains, geologi bahan galian, geologi teknik, geologi mineral, geofisika, dan aplikasi riset dalam bidang kebumian.
  • Teknologi eksplorasi, penambangan, dan pengolahan mineral dan logam.
  • Lingkungan dan pengendalian dampak lingkungan.
  • Regulasi yang berkaitan dengan kegiatan eksplorasi dan pertambangan.
  • Ekonomi tambang, perhitungan sumber daya dan cadangan.

Pendaftaran

  • Keikutsertaan peserta dalam Seminar Geologi Nuklir dan Sumber Daya Tambang Tahun 2019 tidak dipungut biaya.
  • Pendaftaran untuk pemakalah dilakukan dengan mengirimkan abstrak lengkap (extended abstract) melalui pos, pos-el (e-mail), atau faksimile paling lambat tanggal 25 Juli 2019. Kerangka penulisan artikel (template) dapat diunduh pada tautan berikut: https://bit.ly/2IlyxpX
  • Pendaftaran untuk pemakalah diperpanjang sampai 16 Agustus 2019 dengan mengirimkan makalah lengkap (full-paper) melalui pos-el (e-mail) ke alamat Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
  • Pendaftaran peserta paling lambat tanggal 1 Oktober 2019 melalui tautan berikut: https://bit.ly/2HFVZxP 

Sekretariat

Pusat Teknologi Bahan Galian Nuklir

Jl. Lebak Bulus Raya No. 9, Pasar Jumat Jakarta Selatan 12440.

Tel./Faks.: (021)7691775 Faks.: (021)7691977, pos-el: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Narahubung (Telp./WA)

  • Kurnia Trinopiawan [081 5875 8158]
  • Tyto Baskara [0838 4710 7900]