Seleksi Jabatan Tinggi 2016

Seleksi Jabatan Tinggi 2016

Slide item 3

Reformasi Birokrasi BATAN 2016

Slide item 4

Reformasi Birokrasi BATAN 2016

Road Map Reformasi Birokrasi  BATAN 2016

Road Map Reformasi Birokrasi BATAN 2016

(Jakarta, 24/08/2018) Sebanyak 161 pegawai Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) mengisi kuesioner tentang pelaksanaan Reformasi Birokrasi (RB). Pengisian kuesioner ini merupakan bagian dari kegiatan pemantauan dan evaluasi yang dilakukan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) terhadap pelaksanaan RB di BATAN, Jakarta, 23-24 Agustus 2018.

Penanggung jawab tim pemantauan dan evaluasi Kemenpan RB, Nadimah dalam sambuatannya menyampaikan maksud dan tujuan melakukan pemantauan dan evaluasi terhadap pelaksanaan RB di BATAN. “Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memetakan perkembangan atau kemajuan pelaksanaan RB dan penerapan akuntabilitas kinerja, memberikan saran dalam rangka perbaikan, dan percepatan pelaksanaan RB dan penerapan akuntabilitas,” kata Nadimah.

Ia menambahkan, prinsip melakukan evaluasi adalah perbaikan yang berkelanjutan, mengutamakan kejujuran dalam penilaian, dan bukti-bukti terhadap pelaksanaan RB. “Dalam melakukan evaluasi, tim kami tidak sekedar melihat bukti berupa dokumen atau laporan pelaksanaan RB saja, melainkan juga dengan pengamatan selama melakukan evaluasi,” tambahnya.

Deputi Bidang Teknologi Energi Nuklir, Suryantoro mengatakan, pelaksanaan RB di BATAN sudah dimulai sejak dicanangkannya pemerintah yakni tahun 2010 dengan nilai yang bagus. “Saat ini pelaksanaan RB di BATAN sudah mencapai nilai 76,10. Nilai ini menjadikan BATAN masuk pada kelompok lembaga elit RB. Sehingga saat ini yang dievaluasi tidak dari dasar lagi namun lebih ke arah hasilnya,” ujar Suryantoro.

Evaluasi terhadap delapan area perubahan yang menjadi komitmen BATAN dan program quick win kali ini, menurut Suryantoro, dilakukan dengan pemeriksaan terhadap bukti-bukti pelaksanaan RB. Pelaksanaan RB di BATAN dilakukan dengan perbaikan terhadap delapan area perubahan dan quick win secara berkelanjutan dengan menyusun rencana aksi berdasarkan hasil evaluasi Kemenpan RB tahun 2017.

Meskipun pelaksanaan RB sudah berjalan dengan baik di BATAN, namun menurut Suryantoro, sosialisasi dan internalisasi harus terus dilakukan. “Sosialisasi dan internalisasi pelaksanaan RB kepada seluruh  pegawai di BATAN harus terus dilakukan secara periodik dan terus menerus,” tambah Suryantoro.

Dari pengisian kuesioner survey internal ini, Suryantoro berharap mendapatkan nilai yang baik dan meningkat dibandingkan dengan tahun lalu dan melebihi nilai rata-rata Kementerian dan Lembaga. (Pur)


pratinjau

preview

preview


   

Pengadaan Barang dan Jasa