Seleksi Jabatan Tinggi 2016

Seleksi Jabatan Tinggi 2016

Slide item 3

Reformasi Birokrasi BATAN 2016

Slide item 4

Reformasi Birokrasi BATAN 2016

Road Map Reformasi Birokrasi  BATAN 2016

Road Map Reformasi Birokrasi BATAN 2016

(Jakarta, 16/07/2018). Bukan zamannya lagi pemerintahan yang sarat dengan KKN, tidak transparan, produktivitas rendah, atau pelayanan publik yang buruk. Reformasi birokrasi (RB) lahir untuk memperbaiki kondisi itu, menuju tata kelola pemerintahan yang semakin baik. Sebagai bagian dari Pemerintah, Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) telah memulai kegiatan RB sejak tahun 2012.

“Ada 3  Sasaran RB. Kesatu, mewujudkan pemerintahan yang bersih. Kedua, efektif dan efisien. Dan ketiga, pelayanan publik yang berkualitas,” papar Deputi Pendayagunaan Teknologi Nuklir, yang diwakili oleh Kepala Pusat Standarisasi dan Mutu Nuklir (PSMN) BATAN, Budi Santoso, saat membuka acara Sosialisasi Reformasi Birokrasi, di Kawasan Nuklir Pasar Jumat, Jakarta, Senin (16/07).

Sosialisasi RB keseluruh pegawai bertujuan agar seluruh pegawai dapat mengerti, menerapkan komitmen bersama, dan memikul tanggung  jawab bersama-sama untuk melaksanakan RB, mulai dari level pimpinan hingga pegawai lapisan paling bawah.

Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) BATAN, Sudi Ariyanto menambahkan,  salah satu penghambat perubahan adalah sikap resistensi terhadap perubahan itu sendiri, karena Aparatur Sipil Negara (ASN) kerapkali terjebak pada zona nyaman. Sosialisasi ini dilakukan agar ada komitmen dari setiap pegawai untuk mengubah pola pikir, cara dan perilaku.

“Bahkan target 2019, Pemerintah ingin mewujudkan ASN berkelas dunia, ini harus dimulai dari perubahan kondisi kita, komitmen untuk melaksanakan RB bersama-sama”,  tutur Sudi.

Dijelaskan pada sosialisasi ini 8 area perubahan dari RB, yang diistilahkan dengan singkatan MEMPAKET SUP, kepanjangan dari MEntal aparatur (Manajemen Perubahan),  Pengawasan (penguatan sistem pengawasan), Akuntabel (penguatan akuntabilitas kinerja), Kelembagaan (penguatan organisasi), Tata Laksana (penguatan tata laksana), SDM (penguatan sistem manajemen SDM ASN), PerUndangan (penguatan peraturan Perundang-Undangan), dan Pelayanan publik (peningkatan kualitas pelayanan publik). Singkatan ini digunakan agar para pegawai dapat lebih mudah mengingat dan mengaplikasikan 8 area perubahan itu sendiri.

Sejak tahun 2014, penilaian pelaksanan RB BATAN telah dilakukan, baik secara mandiri yang dilakukan oleh internal BATAN, maupun oleh Pemerintah, dalam hal ini menjadi kewenangan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN RB).

Secara rinci, pada tahun 2017, penilaian mandiri pelaksanaan RB BATAN mencapai indeks 88,78, meningkat dari tahun sebelumnya, yakni 81,78. Sedangkan penilaian RB yang dilakukan Kemen PAN RB pada tahun 2017 mencapai 76,1, meningkat dari tahun sebelumnya, yakni 74,05.

Ditargetkan pada tahun 2018, indeks penilaian mandiri BATAN meningkat menjadi 89,07, sedangkan penilaian oleh Kemen PAN RB meningkat 3 poin menjadi 79,1.

Dijelaskan Sudi, area pengawasan, manajemen perubahan, dan penguatan sistem manajemen SDM menjadi penyumbang terbesar kenaikan indeks penilaian BATAN. Hanya yang perlu diperbaiki terletak pada area penguatan peraturan Perundang-Undangan.

“Penilaian terhadap area Peraturan Perundangan stagnan. Kalau dirinci dari masing-masing area perubahan, dari tahun ke tahun nilai Perundangan hanya 54,2, ini yang harus kita perbaiki bersama,” terang Sudi.

Atas dasar penilaian RB tahun 2017, BATAN saat ini sedang mengajukan tunjangan kinerja sebesar 80 persen ke Pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan pegawai.

Pada sosialisasi RB ini juga dilaksanakan sosialisasi mengenai Sistem Pengendalian Intern Pemerintah, berdasarkan PP Nomor 60 tahun 2008, dan sosialisasi monitoring dan evaluasi RB. Sosialisasi ini dilaksanakan secara bergilir diseluruh unit kerja BATAN hingga 2 Agustus 2018 mendatang. Sosialiasi kali ini diikuti oleh seluruh pegawai di Kawasan Nuklir Pasar Jumat, Jakarta Selatan (tnt).


pratinjau

preview


   

Pengadaan Barang dan Jasa