pnbp alur
bimbingan1
pkl1
pnbp1

Pusat Sains dan Teknologi Bahan Maju (PSTBM) berdasarkan PERKA BATAN No. 14 Tahun 2013 tanggal 27 Desember 2013, merupakan unit kerja dibawah Deputi Bidang Sains dan Aplikasi Teknologi Nuklir (SATN) yang mempunyai tugas melaksanakan perumusan dan pengendalian kebijakan teknis, pelaksanaan, dan pembinaan dan bimbingan di bidang penelitian dan pengembangan bahan maju berbasis teknologi nuklir, sains bahan industri nuklir, dan teknologi neutron.

Undang-undang No. 10 Tahun 1997 tentang Ketenaganukliran mengamanatkan bahwa perkembangan dan pemanfaatan tenaga nuklir dalam berbagai bidang kehidupan manusia di dunia sudah demikian maju sehingga pemanfaatan dan pengembangannya bagi pembangunan nasional yang berkesinambungan dan berwawasan lingkungan perlu ditingkatkan dan diperluas untuk mempercepat kesejahteraan dan daya saing bangsa.

VISI

Visi PSTBM mengacu kepada visi organisasi induknya, yaitu BATAN. Visi BATAN disusun dengan mempertimbangkan dokumen perencanaan pembangunan nasional dan kebijakan litbang nasional yang berada di atasnya yaitu Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) 2005-2025, Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019, dan Jakstranas Iptek 2015- 2019.

Visi RPJPN 2005-2025 mengarah pada terwujudnya Indonesia sebagai negara yang mandiri, maju, adil dan makmur. Sementara itu, RPJMN 2015–2019 menekankan pada pembangunan keunggulan kompetitif perekonomian yang berbasis SDA lokal, SDM yang berkualitas, dan kemampuan iptek.

BATAN sebagai lembaga pemerintah yang diberi amanat untuk melaksanakan penelitian, pengembangan dan pendayagunaan ilmu pengetahuan dan teknologi nuklir, turut bertanggung jawab untuk menciptakan keunggulan iptek tersebut, terutama di tingkat regional. Oleh karena itu, visi BATAN pada tahun 2015-2019 adalah sebagai berikut yaitu " “BATAN Unggul di Tingkat Regional, Berperan dalam Percepatan Kesejahteraan Menuju Kemandirian Bangsa”

PSTBM sebagai salah satu unit kerja yang ada di bawah kedeputian Sains dan Aplikasi Teknologi Nuklir memiliki tugas utama melaksanakan kegiatan litbang bahan maju menggunakan iptek nuklir. Dengan keunggulan fasilitas dan SDM yang dimiliki, maka PSTBM memiliki visi yang mengacu pada visi BATAN, yaitu " BATAN unggul di Tingkat Regional, Berperan dalam Percepatan Kesejahteraan Menuju Kemandirian Bangsa". Indikasi tercapainya visi tersebut antara lain diperolehnya beberapa prototipe bahan maju yang unggul dengan teknologi nuklir khususnya teknologi berkas neutron untuk aplikasi di bidang energi, kesehatan dan lingkungan. Indikator keberhasilan lainnya adalah termanfaatkannya fasilitas teknologi berkas neutron untuk litbang bahan maju dalam kerangka pengembangan sumber daya iptek nasional.

MISI

  1. Melaksanakan penelitian  dan pengembangan di bidang sains bahan industri nuklir dan bahan maju berbasis teknologi nuklir.
  2. Melaksanakan penelitian dan pengembangan di bidang pemanfaatan teknologi berkas neutron.
  3. Melaksanakan pemantauan keselamatan kerja, kegiatan proteksi radiasi, dan operasi, pemeliharaan dan pengembangan elektromekanik dan instrumentasi fasilitas penelitian dan pengembangan teknologi bahan maju
  4. Melakukan pengembangan, pemantauan pelaksanaan dan audit internal sistem manajemen mutu penelitian dan pengembangan teknologi bahan maju.
  5. Melaksanakan urusan perencanaan, persuratan dan kearsipan, kepegawaian, keuangan, perlengkapan dan rumah tangga, dokumentasi ilmiah dan publikasi serta pelaporan.

Terkait dengan Agenda Riset Nasional (ARN) 2010-2014, dengan tercantumnya satu pilar baru yaitu pilar teknologi material maju telah membuka peluang terselenggaranya satu program pengembangan bahan maju berbasis teknologi nuklir. Material Maju (advanced material) adalah material yang dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan spesifik dalam menanggapi persyaratan baru dari perubahan pasar atau faktor lain sebagai hasil dari kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Material Maju memainkan peran penting dalam pengembangan dan daya saing dalam berbagai bidang seperti transportasi, energi, teknologi informasi dan komunikasi, kesehatan,  hingga pertahanan dan keamanan (Hankam)

Terkait dengan tugas dan fungsi PSTBM  yaitu melaksanakan perumusan dan pengendalian kebijakan teknis, pelaksanaan, dan pembinaan dan bimbingan di bidang penelitian dan pengembangan bahan maju berbasis teknologi nuklir, sains bahan industri nuklir, dan teknologi berkas neutron, maka sasaran PSTBM adalah:

  1. Mengembangkan Bahan Maju untuk Baterai, Smart Magnet, Bahan Struktur Reaktor dan Bahan Nano Material untuk Kesehatan.
  2. Meningkatan Kinerja dan Pendayagunaan Fasilitas Berkas Neutron danTeknik Aktivasi Neutron serta fasilitas pendukung Litbang Bahan lainnya
  3. Meningkatkan kualitas hasil Litbang Bahan Maju sesuai dengan Sistem Mutu Terpadu.

TUGAS

Pusat Sains dan Teknologi Bahan Maju mempunyai tugas melaksanakan perumusan dan pengendalian kebijakan teknis, pelaksanaan, dan pembinaan dan bimbingan di bidang penelitian dan pengembangan bahan maju berbasis teknologi nuklir, sains bahan industri nuklir, dan teknologi berkas neutron.

FUNGSI

  1. pelaksanaan urusan perencanaan, persuratan dan kearsipan, kepegawaian, keuangan, perlengkapan dan rumah tangga, dokumentasi ilmiah dan publikasi serta pelaporan;
  2. pelaksanaan penelitian dan pengembangan di bidang sains bahan industri nuklir dan bahan maju berbasis teknologi nuklir;
  3. pelaksanaan penelitian dan pengembangan pemanfaatan teknologi berkas neutron;
  4. pelaksanaan pemantauan keselamatan kerja dan pengelolaan keteknikan;
  5. pelaksanaan jaminan mutu; dan
  6. pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Deputi Bidang Sains dan Aplikasi Teknologi Nuklir.

SASARAN STRATEGIS (2015-2019)

  1. Diperolehnya Prototipe Baterai Lithium padat dan Smart Magnet
  2. Diperolehnya hasil litbang iptek bahan maju yang berkualitas untuk mendukung program BATAN di bidang energi, kesehatan dan lingkungan
  3. Keberhasilan sasaran strategis tersebut didukung dengan laboratorium berkas neutron dan kegiatan administrasi yang efektif dan efisien berdasarkan sistem mutu terpadu.

SUMBER DAYA MANUSIA

Dalam melaksanakan tugas dan fungsinya, Pusat Sains dan Teknologi Bahan Maju didukung oleh Sumber Daya Manusia : (Data Juni 2019)

Rekap Berdasarkan Jenjang Pendidikan

No.

Jenjang Pendidikan

Jumlah

CPNS

PNS

Total

1

S3

0

19

19

2

S2

0

25

25

3

S1

7

33

40

4

Sarmud

3

14

17

5

D.II

0

2

2

6

D.I

0

0

0

7

SLTA 4 Tahun

0

0

0

8

SLTA

0

14

14

9

SLTP 4 Tahun

0

0

0

10

SLTP

0

0

0

11

SD

0

0

0

12

TL SD

0

0

0

Jumlah Seluruhnya

   

115

Profil Pejabat PSTBM

Kepala Pusat Sains dan Teknologi Bahan Maju

Kepala Bagian Tata Usaha

 

Kepala Bidang Sains dan Bahan Maju

Kepala Bidang Teknologi Bahan Nuklir

Kepala Bidang Keselamatan Kerja dan Keteknikan