hut ri ke 76
Corona-19
SDM Nuklir
SDM Nuklir BATAN
Tomo Graphy
korupsi
kedelai
Radiofarmaka
Anti Narkoba 1
Anti Narkoba 2

(Yogyakarta, 13/10/2021) Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir (STTN) Yogyakarta mewisuda 66 mahasiswanya menjadi Sarjana Terapan Teknik (STr.T). Prosesi wisuda dilaksanakan di Sahid Raya Hotel & Convention, Jl. Babarsari, Depok, Sleman, Yogyakarta, Rabu (13/10).

Mahasiswa yang diwisuda terdiri dari 20 wisudawan program studi Teknokimia Nuklir, 22 wisudawan program studi Elektronika Instrumentasi, dan 24 wisudawan berasal dari program studi Elektro Mekanika.

(Tangsel, 15/09/2021) Majelis Pengukuhan Profesor Riset, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) mengukuhkan 3 orang pegawai menjadi profesor riset. Pengukuhan ini digelar di Gedung 71, Kawasan Nuklir Serpong, Puspiptek - Tangerang Selatan, Rabu (15/09).

Ketiga profesor riset yang dikukuhkan tersebut yakni Dr. Setyo Purwanto, M.Eng. bidang Fisika Bahan Kondensasi, Dr. Mohammad Dani bidang Material Fungsional, dan Dr. Wisnu Ari Adi bidang Material Fungsional.

(Serpong, 08/09/2021) Keberadaan sumber energi listrik dari Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) bukan menjadi pesaing dari sumber energi lisstrik yang ada saat ini, namun justru menjadi pelengkap dalam pemenuhan kebutuhan energi listrik nasional. Hal ini dikatakan Plt. Kepala Organisasi Riset Tenaga Nuklir (BATAN), Agus Sumaryanto usai memberi sambutan pada International Conference on Nuclear Energy Technologies and Sciences (ICONETS) di Kawasan Nuklir Serpong, Puspiptek, Tangsel, Rabu (08/09).

Dikatakan Agus, kebutuhan energi listrik terus meningkat seiring dengan pertumbuhan ekonomi nasional. Semakin tinggi pertumbuhan ekonomi maka kebutuhan akan energi listrik juga meningkat.

Namun perlu disadari bahwa selama ini sumber energi listrik di Indonesia didominasi oleh sumber energi fosil yang dapat meningkatkan emisi karbon. Di sisi lain Indonesia bersama beberapa negara di dunia bertekad untuk mengurangi emisi karbonnya.

Pada tahun 2030, Indonesia akan menurunkan emisi karbon sebesar 1,02 miliar ton atau setara dengan 41%. "PLTN merupakan salah satu pembangkit listrik yang tidak mengeluarkan emisi karbon," kata Agus.

(Serpong, 24/03/2021) Produk radiofarmaka Pusat Teknologi Radioisotop dan Radiofarmaka, Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) yakni TB-Scan atau kit radiofarmaka etambutol mendapatkan izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Hal ini disampaikan oleh Kepala BATAN, Anhar Riza Antariksawan pada acara launching produk TB-Scan di Serpong, Tangerang Selatan, Rabu (24/03).

Anhar mengatakan, produk ini diharapkan menjadi solusi terhadap penderita penyakit TB yang jumlahnya terus meningkat. TB-Scan ini mempunyai fungsi untuk mendeteksi infeksi penyakit tuberkulosis (TB) di paru dan di luar paru seperti tulang, sistem gastrointestinal, dan sistem syaraf.

"Pada tahun 2020 Indonesia menduduki urutan ke-3 dari jumlah penderita TB di dunia, kehadiran radiofarmaka etambutol TB-scan ini akan sangat membantu pemerintah dalam menangani penyakit TB di Indonesia dengan menyediakan cara diagnosis yang sangat efektif," kata Anhar.


preview


   

Pengadaan Barang dan Jasa