HUT RI tahun 2020
Corona-19
SDM Nuklir
SDM Nuklir BATAN
Tomo Graphy
korupsi
kedelai
Radiofarmaka
Anti Narkoba 1
Anti Narkoba 2

(Tangsel, 27/02/2020) Memasuki hari ke-12 pelaksanaan clean up terhadap area terpapar zat radioaktif di Perumahan Batan Indah, Kecamatan Setu, Tangerang Selatan dilanjutkan dengan melakukan coring di beberapa titik yang sudah ditentukan. Kemarin (26/02) proses coring telah menyelesaikan 8 titik dari 12 titik yang ditargetkan.

Kepala Biro Hukum, Humas, dan Kerja Sama, Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN), Heru Umbara mengatakan, kegiatan coring ini memang memakan waktu karena pengerjaannya masih dilakukan secara manual. “Pengerjaan coring ini sudah dimulai sejak 3 hari yang lalu dengan target 12 titik. Coring ini dilakukan secara manual sehingga memang membutuhkan waktu sedikit lama,” ujar Heru.

Baca juga: Clean Up Memasuki Hari Ke-11

Coring ini dilakukan dengan mengebor tanah hingga kedalaman 1 meter dan mengambil sampel tanah pada kedalaman tersebut. Namun pada pengerjaannya, setiap titik dilakukan dengan 5 tahap yakni pengeboran dilakukan setiap kedalaman 20 cm diambil sampel tanahnya, dan ini dilakukan berulang hingga mencapai kedalaman 1 meter.

“Saat ini sampel tanah yang sudah diambil dari 8 titik yang berhasil dilakukan kemarin telah dianalisis di laboratorium BATAN Pasar Jumat,” tambahnya.

Berdasarkan hasil analisis sampel itulah, akan didapatkan kondisi sisa paparan di dalam tanah. Selanjutnya, akan ditentukan metode pelaksanaan clean up agar lebih efektif dan efisien.

Heru menambahkan, targetnya hari ini proses coring dapat rampung sehingga 4 titik yang tersisa dapat dikerjakan hari ini. “Semoga hari ini cuaca mendukung sehingga proses coring berjalan lancar dan 12 titik dapat diselesaikan hari ini,” harapnya. (Humas - BATAN)