HUT RI tahun 2020
Corona-19
SDM Nuklir
SDM Nuklir BATAN
Tomo Graphy
korupsi
kedelai
Radiofarmaka
Anti Narkoba 1
Anti Narkoba 2

(Tangsel, 22/02/2020) Hasil pemeriksaan Whole Body Counting (WBC) kepada 9 warga Perumahan Batan Indah yang dijadikan sampel telah diumumkan oleh pihak Badan Pengawas Tenaga Nuklir (BAPETEN) di Balai Kota Tangerang Selatan, Jumat (21/02). Pengumuman WBC ini disampaikan oleh Sekretaris Utama BAPETEN, Hendriyanto.

Dalam keterangan persnya, Hendriyanto mengaku lega karena hasil yang ditunggu-tunggu selama ini telah keluar dan diumumkan. Berdasarkan hasil pengecekan WBC yang dilakukan BATAN, mendapatkan hasil yang memuaskan, meskipun dua diantara sampel diindikasikan terdampak oleh paparan radiasi Cs-137.

"Hasilnya sangat melegakan, dari hasil WBC tehadap 9 orang tersebut, ada 2 orang terindikasi yang terukur Cs -137, tetapi tingkatnya sangat rendah, sedangkan 7 orang lainnya tidak terukur yang artinya sangat kecil," ujar Hendriyanto.

Di tempat terpisah, Kepala Biro Hukum, Humas, dan Kerja Sama, BATAN, Heru Umbara mengatakan hal yang sama, berdasarkan hasil analisis Pusat Teknologi Keselamatan dan Metrologi Radiasi (PTKMR) BATAN, dari 9 warga yang dijadikan sampel untuk pemeriksaan WBC, 2 orang diantaranya positif terdeteksi terpapar Cs-137.

Menurut Heru, dosis yang diterima kedua warga terkontaminasi tersebut masih berada di bawah ambang batas yang diperbolehkan. "Dari hasil tersebut, setelah dilakukan evaluasi dosis, diketahui bahwa dosis yang diterima oleh warga yang terkontaminasi sebesar 0.05 dan 0.12 miliSv/tahun. Jika dibandingkan dengan Nilai Batas Dosis masyarakat yang ditetapkan BAPETEN sebesar 1 miliSv/tahun, nilai tersebut masih di bawah batas yang diperbolehkan," ujar Heru.

Heru menambahkan, risiko kesehatan yang mungkin dialami oleh warga tersebut dapat dikatakan sama seperti masyarakat umum lainnya. Sehingga, bagi warga tersebut, tidak perlu ada tindakan khusus yang dilakukan selain pemantauan kesehatan berkala.

Baca juga: Tim Clean Up Lakukan Evaluasi

Melihat hasil dari WBC ini, Heru bersyukur karena dampak yang ditimbulkan oleh paparan dari temuan Cs-137 di Perumahan BATAN Indah tidak berdampak membahayakan bagi warga. Meskipun demikian, Heru tetap menghimbau selama area yang terpapar radiasi belum dinyatakan bersih oleh BAPETEN, diharapkan warga tidak melintas garis pembatas yang telah dipasang.

"Kepada seluruh warga perumahan BATAN Indah, tidak perlu khawatir dengan kejadian ini. Semua sudah ditangani dengan baik oleh pihak yang mempunyai kompetensi di bidangnya," pungkasnya. (Humas - BATAN)