HUT RI tahun 2020
Corona-19
SDM Nuklir
SDM Nuklir BATAN
Tomo Graphy
korupsi
kedelai
Radiofarmaka
Anti Narkoba 1
Anti Narkoba 2

aktivitas suatu zat menunjukan kepada kita berapa banyak inti tak stabil yang meluruh dalam satu detik dan memancarkan radiasi

Sampai sejauh ini kita telah memusatkan perhatian pada peluruhan satu inti tunggal. Kita telah melihat bagaimana suatu inti yang tidak stabil menyeimbangkan ketidakstabilannya dengan melepaskan partikel beta atau alpha yang diikuti oleh suatu pulsa energi sehingga akhirnya inti tersebut menjadi stabil.

Sekarang kita mundur satu langkah dan menperhatikan sejumlah kecil bahan radioaktif. Meskipun banyaknya bahan tersebut tidak lebih besar dari kepala korek api, ia mengandung ribuan milyar atom. Walaupun hanya sebagian kecil dari atom tersebut mengalami peluruhan dalam waktu satu detik, jumlahnya masih tetap sangat besar. Contohnya, jika satu inti untuk setiap jutaan milyar inti meluruh dalam satu detik, jumlah peluruhan dalam satu detik tetap dihitung dalam ribuan. Ini berarti bahwa terdat arus partikel dan energi terus menerus yang dilepaskan bahan radioaktif.

jenis pelepasan partikel dan jenis yang diakibatkan oleh peluruhan inti yang tidak stabil sreing diistilahkan sebagai radiasi

Disamping jenis radiasi yang telah dijelaskan, terdapat juga jenis radiasi tersebut yang tidak umum yang dihasilkan dari berbagai peralatan, seperti akselelator, siklotron dan reaktor nukir. Dari peralatan-peralatan tersebut, kita hanya akan mempersoalkan radiasi neutron. Hal ini penting, karena reaktor nukilr berkaitan erat dengan radiasi ini. Apabila radiasi neutron menghilangkan/melemah, reaktor akan ditutup dan jika reaktor ditutup, radiasi neutron melemah.

Inti berat tertentu terbelah menjadi dua bagian sendirinya. Tidak semua neutron akan mendapatkan ruang dalam 2 inti baru yang kecil ini. Kelebihan neutron akan terbang lepas atau menghasilkan radiasi neutron.

Bebrapa inti dapat juga dibelah secara paksa dengan menembakan neutron. Inti ini disebut fisil. Peristiwa pembelahannya disebut fisi. Dari sudut produksi energi, inti fisil yang paling penting adalah uranium-235. Tenaga nuklir yang dihasilkan adalah berdasarkan pembelahan uranium-235. Hanya saja kita harus mengatur kondisi didalam reaktor nuklir sehingga pada saat salah satu dari neutron-neutron lepas, dapat membentur inti uraniuym lainnya pada kecepatan yang tepat, dan mengakibatkan inti tersebut terbelah menjadi dua. Proses ini akan menghasilkan reaksi berantai yang dapat menimbulkan pemanasan elemen bakar nuklir.

Besar kecilnya reaksi nuklir yang akan terjadi untuk mendapatkan tenaga panas yang diinginkan dapat diatur dengan menggunakan elemen kendali yang dapat dikendalikan secara otomatis. Elemen kendali terbuat dari bahan yang dapat menangkap neutron. Dengan mengatur jumlah neutron yang dilepaskan, maka kita dapat menentukan besar gaya yang diinginkan. Panas yang dihasilkan dari reaksi nukir ini digunakan untuk menghasilkan uap dari air dan uap ini menjalankan turbin, yang memutar generator listrik dengan cara yang persis sama seperti pada sebuah pembangkit listrik tenaga batubara. Namun, reaksi berantai tidak memerlukan udara ataupun oksigen. Sewhingga reaksi ini tidak menghasilkan gas buangan ataupun karbon dioksida. Reaksi berantai yang menghasilkan pans ini hanya mendingin dalam system tertutup.

Neutron belebihan yang lepas dari reaktor membentuk radiasi neutron. Inti yang dihasikan selama pembelahan disebut produk-produk fisi.

ekarang kita tinggalkan reactor nuklir dan membahas istilah baru yaitu aktivitas, yang tidak sama dengan radioaktivitas (radioactivity). Radioaktivitas berkenan dengan kemampuan dari suatu zat untuk memancarkan radiasi. Kata radioaktivitas tidak menunjukan intensitas radiasi yang dipancarkan atau berapa banyak peluruhan yang terjadi setiap detik pada suatu zat dengan jumlah tertentu.

Ketika inti tak stabil menjadi stabil, jumlah peluruhan perdetikjuga menurun. Kita mengatakannya aktivtasnya menurun.

Aktivitas suatu zat menunjukan beberapa banyak inti tak stabil mengalami peluruhan perdetik dan memancarkan radiasi

Jika jumlah peluruhan suatu benda adalah 1000 per detik, aktivitasnya adalah 100 kali lebih tinggi daripada aktivitas suatu benda yang hanya mengalami 10 peluruhan per detik. Kita harus mengetahui bahwa aktivitas suatu benda tidak bergantung dengan besar atau massa benda tersebut. Sebagai contoh, sebuah sumber radiasi, yang memiliki ukuran sebesar punting rokok yang digunakan dalam radioskopi baja kemungkinan bermilyar kali lebih aktif daripada limbah radioaktif alam satu drum penuh. Injeks iodium radioaktif yang diberikan sebagai pengobatan pada seorang pasien mungkin mengandung aktivitas yang sama banyaknya dengan yang dilepaskan oleh pembangkit tenaga nukilr melalui cerobong dalam setahun.

Apabila jumlah peluruhan adalah 1 detik, aktivutas zat itu adalah satu Becquerel. Satuan Becquerel disingkat Bq. Satuan aktivitas ini diambil dari nama seorang pakar fisika Perancis, Henri Becquerel. Pada 1896, Bacquerel merupakan orang pertama yang menemukan zat-zat radioaktif alam. Bersama dengan Pirrre dan Marie Curie ia memelopori penelitian bahan-bahan radioaktif dan radiasi.

Selain Becquerel, dibeberapa Negara satuan aktivitas zat Curie dan Ci, satuan yang mengalami nama dari pasangan Curie. Becquerel adalah satuan yang sangat kecil dan curie adalah satuan yang paling besar.1 Ci sama dengan 37.000.000.000 Bq. Selanjutnya dalam buku ini kita menggunakan satuan Bq, karena merupakan satuan aktivitas yang paling banyak digunakan.

Jika banyak aktiv peluruhan sebuah benda radioaktif adalah 1000 per detik, secara sederhana kita menyatakan bahwa aktivitas dari benda ini adalah 1000 Bq. Wlaupun 1000 sepertinya angka yang tinggi, 1000 Bq adalah aktivitas kecil. Tentu saja, karena Becquerel adalah satuan yang sangat kecil. Sabagai contoh, aktivitas kalium-40 alam dari seseorang dengan berat normal adalah 4000 sampai dengan 6000 Bq.

Sebuah gerobak dorong penuh dengan tanah mengandung 1000 Bq radium radioaktif alam. Aktivitas kalium alam dari suatu bangunan yang dibangun dari beton bervariasi antara 50.000 dan 250.000 Bq. Konsentrasi aktivitas menunjukan kepada kita aktivitas suatu satuan berat atau isi. Missal;nya, di udara luar konsentrasi radon alam berjumlah 5 s.d 40 Bq dalam 1 m3 udara. Di dalam rumah konsentrasi radon kebanyakan antara 50 dan 15.000 Bq per m3.

Untuk rumah baru, konsentrasi radon maksimum yang diizinkan dalam ruangan tidak boleh lebih dari 200 Bq per m3 udara. Masyarakat dianjurkan untuk merenovasi bangunan-bangunan yang ada jika konsentrasi radon rata-rata pertahun melebihi 400 Bq per m3. Selain itu, juga ada aturan dan rekomendasi lainnya. Jika, setelah tersebar debu radioaktif. Surat kabar memberitakan bahwa konsentrasi aktivitas susu adalah 100 Bq per liter, ini berarti bahwa setiap detik terdapat 100 inti yang mengalami peluruhan dalam 1 liter susu.

Kita sekarang telah mempelajari Becquerel adalah satuan yang sangat kecil. Banyak benda yang tidak kita anggap sebagai radioaktif sama sekali ternyata mengandung aktivitas beribu-ribu Becquerel.

Last Modified : 27 January 2012 - 14:13:21 by Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.