Slide item 12
korupsi

Korupsi merupakan kejahatan yang luar biasa yang menjadi penghambat utama tercapainya tujuan pembangunan Nasional. Upaya untuk mensinergikan kegiatan pencegahan korupsi, pelaksanaan reformasi birokrasi, dan peningkatan kualitas pelayanan publik, maka PSTNT menetapkan kebijakan pembangunan Zona Integritas (ZI) dengan mambangun Wilayah Bebas dari Korupsi

reaktor kartini menuju era kemandirian

REAKTOR NUKLIR BANDUNG
Menuju era kemandirian  teknologi nuklir untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat"

Peresmian

Pada tanggal 24 Juni 2000 Megawati Soekarno Putri meresmikan pengoperasikan "Reaktor TRIGA 2000" di Kawasan nuklir Bandung

analisis

Peran Teknis Analisis Nuklir dalam pemantauan kualitas udara di Indonesia

Litbang

Litbang sediaan radioisotop pemancar sinar beta untuk diaplikasikan di bidang kesehatan sebagai prekursor dalam pembuatan radiofarmaka

srikandi

Setelah 52 tahun, ternyata ada wanita-wanita muda yang berprofesi sebagai operator Reaktor Nuklir di Reaktor TRIGA 2000. Mereka lah para penerus cita2 Kartini... Selamat Hari Kartini, 21 April 2017.

(Bandung, 19/02/2021) Pusat Sains dan Teknologi Nuklir Terapan – Badan Tenaga Nuklir Nasional (PSTNT – BATAN) memasuki usia ke-56 tahun. Tepat pada tanggal 20 Februari 1965, reaktor pertama di Indonesia diresmikan, sekaligus menandai berdirinya BATAN Bandung. Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-56 diselenggarakan pada hari Jumat, 19 Februari 2021 secara daring melalui aplikasi zoom meeting dan juga luring di Aula Emas, Gedung B Lantai 2 PSTNT. Dihadiri lebih dari  125 orang peserta yang terdiri dari Pegawai PSTNT, Kepala BATAN, Deputi SATN, dan mantan Kepala PSTNT .

Rangkaian perayaan HUT ini terbagi menjadi 4 macam kegiatan, diantaranya kegiatan fisik dalam bentuk lomba lari dan sepeda secara virtual, kegiatan webinar dan sharing knowledge dengan judul “Menjaga Kesehatan di Masa Pandemi” pada tanggal 11 Februari 2021, “Berburu Dana Hibah dari Luar Negeri” pada tanggal 16 Februari 2021, “Menghindari Stres di Masa Pandemi” pada tanggal 17 Februari 2021, kegiatan seni dan kreatifitas dalam bentuk music cover dan video ucapan selamat ulang tahun dan yang terakhir kegiatan berbagi kepada pihak yang membutuhkan. Dengan mengangkat tema “Together We Stand”, diharapkan kegiatan ini dapat memperkuat rasa kebersamaan dalam menghadapi pandemi COVID-19.

Kepala BATAN, Anhar Riza Antariksawan, berharap tema “Together We Stand” bukan hanya jargon, namun kita harus berdiri bersama, berjalan bersama dan kolaborasi karena kita memiliki keinginan yang sama yaitu membangun negeri tercinta melalui iptek nuklir. “Sesuai dengan visi BATAN yaitu “Nuklir untuk Indonesia Berdaya Saing dan Sejahtera” sehingga kita dapat memberikan yang terbaik untuk bangsa dan negeri ini.” ujar Kepala BATAN dalam sambutannya pada Acara Puncak Perayaan HUT PSTNT secara daring, Jumat (19/02).

 Menurut Kepala BATAN, berbagai capaian emas yang sudah dihasilkan oleh pegawai PSTNT. Capaian ini diharapkan tidak membuat PSTNT berpuas diri, karena tantangan diluar sana masih banyak. “Tantangan anggaran terbatas, fasilitas sudah menua, inilah tantangan kita, dan kita harus menjadi solusi dari tantangan ini.” tambahnya.

Deputi BATAN Bidang Sains dan Aplikasi Teknologi Nuklir (SATN), Efrizon Umar, dalam sambutannya juga berharap agar PSTNT tetap bersama dan saling membantu dalam membawa PSTNT agar lebih maju melaksanakan program yang dibebankan kepada PSTNT dan tetap berkarya untuk Indonesia.

Plt. Kepala PSTNT, Muhayatun berharap agar Pegawai PSTNT terus berinovasi dalam menghadapi tantangan kedepan. “Dengan usia yang tidak lagi muda, tentunya banyak fasilitas yang mulai menua. Kondisi ini kita jadikan challenge untuk terus berinovasi agar fasilitas yang ada tetap dapat berfungsi optimal. Keterbatasan sumber daya juga telah disikapi secara positif oleh Pegawai PSTNT dan telah membuahkan hasil yaitu mendapatkan pendanaan non DIPA dari dalam maupun luar negeri .

Muhayatun juga mengucapkan terima kasih atas pencaian yang telah  diraih oleh seluruh pegawai PSTNT selama tahun 2020. “Terima kasih atas semua kerja keras dan inovasi yang tidak pernah berhenti. Apa yang sudah dicapai tentunya sangat membanggakan. Teruslah bekerja dan berkinerja yang terbaik. Mari berjanji untuk berkinerja.  Prestasi yang telah dicapai mohon dipertahankan, untuk kemajuan PSTNT kedepan. Selamat untuk semua.“ tambahnya. (kpv)