Slide item 12
korupsi

Korupsi merupakan kejahatan yang luar biasa yang menjadi penghambat utama tercapainya tujuan pembangunan Nasional. Upaya untuk mensinergikan kegiatan pencegahan korupsi, pelaksanaan reformasi birokrasi, dan peningkatan kualitas pelayanan publik, maka PSTNT menetapkan kebijakan pembangunan Zona Integritas (ZI) dengan mambangun Wilayah Bebas dari Korupsi

reaktor kartini menuju era kemandirian

REAKTOR NUKLIR BANDUNG
Menuju era kemandirian  teknologi nuklir untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat"

Peresmian

Pada tanggal 24 Juni 2000 Megawati Soekarno Putri meresmikan pengoperasikan "Reaktor TRIGA 2000" di Kawasan nuklir Bandung

analisis

Peran Teknis Analisis Nuklir dalam pemantauan kualitas udara di Indonesia

Litbang

Litbang sediaan radioisotop pemancar sinar beta untuk diaplikasikan di bidang kesehatan sebagai prekursor dalam pembuatan radiofarmaka

srikandi

Setelah 52 tahun, ternyata ada wanita-wanita muda yang berprofesi sebagai operator Reaktor Nuklir di Reaktor TRIGA 2000. Mereka lah para penerus cita2 Kartini... Selamat Hari Kartini, 21 April 2017.

Bandung (17/06/2020), Pusat Sains dan Teknologi Nuklir Terapan (PSTNT), melakukan pengiriman Fresh Fuel Elemen Bakar Standar ke Pusat Sains dan Teknologi Akselerator (PSTA) Yogyakarta.

Perjalanan ini dilaksanakan pada Rabu 17 April dan direncakanan akan kembali ke Bandung pada 19 April, jumat. Pengangkutan ke Yogyakarta ini diikuti oleh 10 orang yang terdiri dari Unit Pengamanan Nuklir, Petugas Proteksi Radiasi, Operator Reaktor dan personel dari GEGANA BRIMOB Polda Jawa Barat. Seluruh prosedur termasuk perizinan BAPETEN, izin pengangkutan bahan nuklir dari BAPETEN, prosedur pengamanan, persuratan dokumen safeguard dan surat kesehatan bagi personil.

Kepala Bidang Reaktor PSTNT, Abdul Rohim Iso mengungkapkan bahwa tujuan dilaksanakan kegiatan ini adalah karena ingin menggunakan reaktor TRIGA dengan aman dan selamat sesuai dengan analisis keselamatan UZrh standar dari PSTNT ke PSTA. “nanti dari PSTA akan ada bahan bakar juga yang dibawa kesini, jadi ini barter teknologi”, tambah Iso.

Selain mengirim, PSTNT juga menerima Fresh Fuel Elemen Bakar Berinstrumentasi (IFE) dari PSTA Yogyakarta.

Hal senada juga diungkapkan Pelaksana tugas (plt) Kepala Pusat Sains dan Teknologi Nuklir Terapan, Dr. Alan Maulana, “ini adalah momen besar, perbaikan untuk batan, karena kita memajukan batan incorporated, apa yang ada disini bisa bermanfaat untuk disana, dan teknologi yang disana juga bermanfaat untuk kita disini”.

“Diharapkan transfer teknologi ini agar lebih meningkatkan pelayanan riset dan pengujian untuk kesejahteraan masyarakat lewat iptek nuklir”, Tambah Alan. (Ivn)