Slide item 12
korupsi

Korupsi merupakan kejahatan yang luar biasa yang menjadi penghambat utama tercapainya tujuan pembangunan Nasional. Upaya untuk mensinergikan kegiatan pencegahan korupsi, pelaksanaan reformasi birokrasi, dan peningkatan kualitas pelayanan publik, maka PSTNT menetapkan kebijakan pembangunan Zona Integritas (ZI) dengan mambangun Wilayah Bebas dari Korupsi

reaktor kartini menuju era kemandirian

REAKTOR NUKLIR BANDUNG
Menuju era kemandirian  teknologi nuklir untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat"

Peresmian

Pada tanggal 24 Juni 2000 Megawati Soekarno Putri meresmikan pengoperasikan "Reaktor TRIGA 2000" di Kawasan nuklir Bandung

analisis

Peran Teknis Analisis Nuklir dalam pemantauan kualitas udara di Indonesia

Litbang

Litbang sediaan radioisotop pemancar sinar beta untuk diaplikasikan di bidang kesehatan sebagai prekursor dalam pembuatan radiofarmaka

srikandi

Setelah 52 tahun, ternyata ada wanita-wanita muda yang berprofesi sebagai operator Reaktor Nuklir di Reaktor TRIGA 2000. Mereka lah para penerus cita2 Kartini... Selamat Hari Kartini, 21 April 2017.

(Bandung, 25/10/2019) Wali Kota Bandung, Oded M. Danial sepakat akan menjalin kerjasama dengan Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) yang akan ditandai dengan penandatanganan naskah kerja sama  pada saat pembukaan Pamerah Hasil Litbang 2019 di Pusat Sains dan Teknologi Nuklir Terapan, Bandung pada 30 Oktober 2019 mendatang. Hal ini disampaikan Oded setelah menjadi Khatib Shalat Jumat di Masjid Dzarratul Ulum PSTNT BATAN pada Jumat (25/10).

Pada kegiatan sholat Jum’at tersebut, Mang Oded beserta beberapa pejabat pemerintah Kota Bandung diantaranya Camat Coblong, Lurah Lebak Siliwangi, Lurah Cipaganti, Sekretaris Lurah Lebak Gede didampingi oleh Kepala Pusat Aplikasi Isotop dan Radiasi (PAIR) mewakili Kepala BATAN, Totti Tjiptosumirat beserta jajaran manajemen PSTNT BATAN. Dalam kesempatan itu, Totti berharap agar Mang Oded bersedia memberikan sambutan pada pembukaan Pamerah serta menandatangani prasasti peresmian Ruang Pamer Wisata Teknologi di kawasan Nuklir Bandung (PSTNT) bersama Kepala BATAN.

Lebih lanjut Mang Oded juga menanyakan tentang pemanfaatan teknologi nuklir pada masyarakat. Pertanyaan tersebut dijawab dengan antusias oleh Kepala PAIR. Totti menjelaskan tentang pemuliaan tanaman dengan varietas-varietas unggul yang dihasilkan PAIR seperti beras Sidenuk, Cilosari, Mustaban. Keunggulan yang dimaksud adalah produktivitas bibit yang bisa dua sampai tiga kali lipat dari bibit aslinya, ketahanan terhadap hama dan ketahanan terhadap kekeringan. Demikian halnya juga dengan bibit kedelai, kacang hijau, gandum dengan berbagai keunggulannya.

Sementara itu, ditambahkan oleh Kepala PSTNT, Jupiter Sitorus Pane bahwa teknologi analisis nuklir (TAN) juga sdh dimanfaatkan dalam mengevaluasi kondisi udara di Bandung bekerja sama dgn beberapa Dinas dibawah Pemerintahan Kota Bandung. Hasilnya cukup memuaskan dimana Bandung mendapat predikat peringkat atas Clean Environmen Award se-Asia Tenggara. Berbagai kolaborasi telah dilakukan dgn berbagai pihak di dalam maupun luar negeri.

Penjelasan tersebut ditanggapi secara positif oleh Walikota Bandung. Oded berharap agar bibit unggul tersebut dapat ditanam di tanah milik pemerintah Kota Bandung. Oleh karenanya Oded berharap agar Pemerintah Kota Bandung dan BATAN dapat menandatangani kerjasama pada saat pameran di PSTNT.(arie)