Slide item 12
korupsi

Korupsi merupakan kejahatan yang luar biasa yang menjadi penghambat utama tercapainya tujuan pembangunan Nasional. Upaya untuk mensinergikan kegiatan pencegahan korupsi, pelaksanaan reformasi birokrasi, dan peningkatan kualitas pelayanan publik, maka PSTNT menetapkan kebijakan pembangunan Zona Integritas (ZI) dengan mambangun Wilayah Bebas dari Korupsi

reaktor kartini menuju era kemandirian

REAKTOR NUKLIR BANDUNG
Menuju era kemandirian  teknologi nuklir untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat"

Peresmian

Pada tanggal 24 Juni 2000 Megawati Soekarno Putri meresmikan pengoperasikan "Reaktor TRIGA 2000" di Kawasan nuklir Bandung

analisis

Peran Teknis Analisis Nuklir dalam pemantauan kualitas udara di Indonesia

Litbang

Litbang sediaan radioisotop pemancar sinar beta untuk diaplikasikan di bidang kesehatan sebagai prekursor dalam pembuatan radiofarmaka

srikandi

Setelah 52 tahun, ternyata ada wanita-wanita muda yang berprofesi sebagai operator Reaktor Nuklir di Reaktor TRIGA 2000. Mereka lah para penerus cita2 Kartini... Selamat Hari Kartini, 21 April 2017.

(Bandung, 26/06/2019) Pusat Sains dan Teknologi Nulir Terapan (PSTNT), Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) akan dijadikan sebagai obyek wisata teknologi di wilayah Bandung. Hal ini disampaikan Camat Coblong, Bandung, Krinda Hamidipradja pada kunjungan ke PSTNT, Rabu (26/06).

Kunjungan tersebut dimaksudkan untuk membahas realisasi rencana PSTNT sebagai obyek wisata teknologi yang akan diwujudkan dalam bentuk kerja sama antara BATAN dengan Pemerintah Daerah Bandung. Menurut Krinda, yang melatarbelakangi PSTNT akan dijadikan obyek wisata teknologi yakni Pemerintah Daerah ingin mengembangkan potensi wilayahnya termasuk bidang pariwisata edukasi.

"Pemerintah daerah harus mengembangkan potensi wilayahnya, selain itu setiap wilayah juga diminta untuk mengembangkan inovasi. Dengan BATAN ini diharapkan dapat bekerja sama di bidang wisata teknologi," ujar Krinda.

Selama ini lanjut Krinda, persepsi masyarakat terhadap nuklir masih negatif dan menakutkan. Dengan adanya wisata teknologi yang memanfaatkan fasilitas nuklir PSTNT diharapkan masyarakat lebih mengerti dan mendapatkan informasi yang utuh bahwa nuklir dapat bermanfaat bagi kesejahateraan manusia.

Menurut Krinda, untuk mewujudkan rencana ini, pihak pemerintah daerah khususnya Kecamatan Coblong akan membuat kerja sama dengan pihak BATAN dan menentukan langkah-langkah praktis dalam merealisasikan rencana tersebut. "Secara teknis, kami akan membicarakan secara detail langkah-langkah kerja sama tersebut termasuk pengembangan teknologi tepat guna (TTG) kepada masyarakat," tambahnya

Sebagai langkah awal, program ini akan disosialisasikan kepada masyarakat melalui berbagai metode yang salah satunya dengan menggelar pameran kecil di kegiatan car free day (CFD). Program sosialisasi PSTNT sebagai obyek wisata teknologi ini menurut Krinda akan lebih baik bila dimasukkan dalam kegiatan kerja sama kedua bela pihak. (Arie)