Slide item 12
korupsi

Korupsi merupakan kejahatan yang luar biasa yang menjadi penghambat utama tercapainya tujuan pembangunan Nasional. Upaya untuk mensinergikan kegiatan pencegahan korupsi, pelaksanaan reformasi birokrasi, dan peningkatan kualitas pelayanan publik, maka PSTNT menetapkan kebijakan pembangunan Zona Integritas (ZI) dengan mambangun Wilayah Bebas dari Korupsi

reaktor kartini menuju era kemandirian

REAKTOR NUKLIR BANDUNG
Menuju era kemandirian  teknologi nuklir untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat"

Peresmian

Pada tanggal 24 Juni 2000 Megawati Soekarno Putri meresmikan pengoperasikan "Reaktor TRIGA 2000" di Kawasan nuklir Bandung

analisis

Peran Teknis Analisis Nuklir dalam pemantauan kualitas udara di Indonesia

Litbang

Litbang sediaan radioisotop pemancar sinar beta untuk diaplikasikan di bidang kesehatan sebagai prekursor dalam pembuatan radiofarmaka

srikandi

Setelah 52 tahun, ternyata ada wanita-wanita muda yang berprofesi sebagai operator Reaktor Nuklir di Reaktor TRIGA 2000. Mereka lah para penerus cita2 Kartini... Selamat Hari Kartini, 21 April 2017.

Bandung (28/03/2019) Tim Pusat Unggulan Iptek (PUI) melakukan kunjungan ke PUI Loka Penelitian Teknologi Bersih (LPTB) LIPI di Jalan Cisitu, Sangkuriang untuk melakukan sinergi kerja sama riset.

PUI LPTB diketahui membidangi 4 kelompok bidang penelitian yaitu: produk dan produksi bersih (Clean Product and Production), pengolahan limbah dan pelestarian lingkungan (Waste Treatment and Environmental Conservation), pemantauan lingkungan (Environmental Monitoring), nanoteknologi lingkungan (Environmental Nanotechnology)

Sedangkan presentasi mengenai hasil riset PSTNT dan kegiatan PUI SBR dipaparkan oleh Sudjatmi Kustituantini, Duyeh Setiawan, Dani Gustaman Syarif dan Eva Maria Widyasari. Melalui  berbagai paparan  yang telah disampaikan oleh masing-masing pemateri serta adanya diskusi yang berjalan sangat interaktif, diharapkan akan ada tindak lanjut berupa kerja sama penelitian antara PUI SBR dan PUI LPTB yang saling bersinergi.

Duyeh Setiawan memaparkan, bahwa sinergi antara dua lembaga penelitian ini akan dilanjutkan ke tahapan penelitian, sehingga bisa memberikan kontribusi bagi penelitian masing-masing.

Dani Gustaman menambahkan, bahwa dengan kunjungan kali ini diharapkan dua lembaga PUI ini bisa menjajaki kerja sama di bidang penelitian yang terintegrasi, agar menghasilkan suatu hasil penelitian dan bisa diaplikasikan ke masyarakat.

“Bertetangga sejak lama, tentunya kita harus bersinergi juga dalam bidang penelitian baik di pemantauan lingkungan atau pun nanoteknologi lingkungan”, lanjut Dani.

Dalam kesempatan ini pihak LPTB LIPI juga menyambut baik kunjungan PUI PSTNT, dan menyampaikan bahwa ke depan akan menjalin kerja sama dalam bidang penelitian dengan PSTNT. (ivan)